Tren "The Best" Makin Giras di Otomotif, Bridgestone Berkacak Pinggang dengan Ban Mobil Bulan di GIIAS

Oleh Nazarudin Ray pada 19 Agu 2022, 20:09 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 20:09 WIB
Ban Bridgestone
Deretan ban unggulan Bridgestone di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta Sebuah ban unik dipamerkan oleh Bridgestone dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD. Ban tersebut adalah prototype Lunar Rover Tire.

Bagi yang baru mendengarnya, pada April 2019 lalu, Bridgestone ikut terlibat dalam misi eksplorasi luar angkasa internasional bersama Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Bridgestone mendapatkan misi untuk mengembangkan ban khusus yang dapat menahan kondisi keras di Bulan pada 2029 nanti.

Sebagai gambaran, tidak seperti di Bumi, permukaan Bulan dipenuhi campuran debu yang sangat halus, bermuatan listrik, abrasif, dan tajam. Belum lagi bebatuan keras, dan puing-puing lain. Karena itu, diperlukan bahan yang kuat untuk menghadapi semua itu.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

Bawa Langsung dari Jepang

Ban Bridgestone
Bridgestone membawa ban luar angkasa di GIIAS 2022 (Istimewa)

Dengan kepercayaan dan proses pengembangan menuju misi yang akan dilaksanakan pada akhir 2029, hal ini menggambarkan kemampuan mereka dalam memenuhi kebutuhan dengan teknoloi yang dimiliki.

"Kami membawa langsung dari Jepang, prototipe Lunar Rover Tire, ban yang bisa berjalan di permukaan bulan, sebagai bukti keunggulan Bridgestone dalam teknologi ban dan inovasi,” kata Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia, Mukiat Sutikno.

Untuk menghadapi kondisi bulan seperti digambarkan di atas, Bridgestone membentuk tapak ban yang terbuat dari bahan logam elastis seperti wol baja yang dibentuk menjadi tali tebal ban.

Setiap ban memiliki tampilan dua ban yang ditempatkan tepat bersebelahan dengan tapak yang berlawanan yang terinspirasi dari pola kuku unta. Polanya membantu ban membawa beban tanpa menembus pasir terlalu dalam.

“Lunar Cruiser” sendiri akan membawa astronot JAXA melintas permukaan Bulan, direncanakan dilaksanakan pada akhir 2029, mengemban misi melintas dan mengeksplorasi permukaan Bulan sejauh 6.000 mil, dengan muatan hingga 4 astronot.

 

Ban di Puncak Teknologi dan Tren SUV

Ban Bridgestone
Booth Bridgestone di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Jika dilihat dari arah tren kendaraan terkini, ekonomi yang membaik menggiring minat akan SUV seiring semakin banyaknya pilihan model ini di pasar Indonesia.

Karena itu pula, Bridgestone menunjukkan jajaran produk ban untuk kendaraan tipe Sport Utility Vehicles (SUV), baik untuk medium SUV yaitu Dueler series yang terdiri dari Dueler M/T 674, Dueler A/T 697, Dueler H/T 684, maupun untuk SUV premium yang diwakili oleh Alenza 001.

"Persaingan di dunia ban sangat menarik. Ban memberikan pilihan konsumen, dan kami konsisten memberikan produk berkualitas yang memenuhi durabilitas baik dan safety baik. Itu tema utama kami untuk market Indonesia," ujarnya.

Dengan makin girasnya market akan produk-produk di taraf top, maka tidak heran jika Bridgestone mengukuhkan niatan tersebut. Produk mereka bahkan diekspor ke Jepang, sebagai negara yang terkenal berstandar ketat yang bahkan menjadi asal Bridgestone.

"Kami memproduksi banyak produk yang sudah kami ekspor ke 70 negara, bahkan ke Jepang. Ini menjadi bukti nyata, bahwa sama kualitasnya dengan pabrik yang ada di Jepang," ujarnya.

 

 

Ban Bridgestone di GIIAS 2022

Ban Bridgestone
Brigdestone memberikan hiburan dan hadiah kepada pengunjung GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazar Ray)

Di GIIAS, Bridgestone juga membawa Turanza T005A. Ini adalah ban yang dirancang dengan tingkat kebisingan rendah dan menjamin keselataman baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh.

Mereka juga menampilkan Potenza S007A, Techno Sport, dan Ecopia EP150. Bermain di kelas sport performa tinggi premium, Potenza S007A dihadirkan untuk memenuhi harapan tinggi pemilik mobil sport premium dalam mendukung performa mobil mereka.

Lalu untuk Techno Sports, untuk memenuhi kebutuhan pengguna mobil yang menginginkan ban dengan tampilan bergaya guna mendukung mobil yang sporty.

Untuk ban ecofriendly, Bridgestone menghadirkan Ecopia EP150. Untuk diketahui, ban ini menggabungkan beberapa teknologi Bridgestone, seperti low rolling resistance coefficient (RRC), untuk penghematan bahan bakar. Secara bersamaan, Ecopia EP150 mengurangi gas buang C02 dan emisi gas rumah kaca.

 

Era Digitalisasi

Di era digitalisasi, sejumlah hal dikreasikan untuk mempermudah termasuk untuk menentukan ban yang cocok bahkan termasuk menyediakan kalkulator ukuran ban yang pas.

Hal-hal seperti itulah yang ditawarkan Bridgestone lewat toko online mereka sejak 2014 lalu, yakni Tomonet.co.id.

"Tentunya dalam GIIAS ini kami secara terus menerus selama beberapa tahun sudah promosikan Tomonet. Digitalisasi merupakan salah satu ekspnasi kami untuk pasar Indonesia, dan sesuai dengan tema Bridgestone, yakni solution for your journey, kami promoiskan digitalisasi untuk ban kendaraan yang kan dipakai ke depannya," ujarnya

Dengan demikian, mereka berharap masyarakat lebih mengerti teknologi terbaru yang akan  dipasarkan Bridgestone di masa mendatang.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya