New Xpander Cross Sebenarnya Small MPV atau Low SUV?

Oleh Nazarudin Ray pada 19 Agu 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 21:00 WIB
New Xpander Cross
New Xpander Cross sedang dijajal pengunjung GIIAS 2022 di area test drive outdoor (Otosia.com/Nazar Ray)

Otosia.com, Jakarta New Xpander Cross adalah suguhan baru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yang hadir dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dengan status sebagai sebuah kendaraan small MPV untuk keluarga, New Xpander Cross yang hadir dengan lima hal utama pembaruan ini punya organ-organ yang sama seperti di SUV Pajero.

Amiruddin, General Manager of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam peluncuran regional New Xpander Cross di Medan, Sumatera Utara, Kamis (18/8/2022), menjelaskan sejumlah perubahan di New Xpander Cross. 

"Yang penting adalah bagaimana memenuhi kebutuhan riil dari konsumen. AYC (Active Yaw Control), suspensi Pajero Sport. Jadi makin stabil, makin aman dan nyaman," ujarnya seraya mengingatkan bagaimana Xpander sudah mendapatkan penghargaan Best Resale Value.

Video Paling Dicari saat Ini

 

 

 

Small MPV

New Xpander Cross
New Xpander Cross menyota perhatian pengunjung GIIAS 2022 (Otosia/com/Nazar Ray)

Tampil sebagai kendaraan berdesain crossover ditambah part-part yang sama dengan Pajero, muncul pertanyaan selepas peluncurannya apakah kendaraan ini sebenarnya small MPV atau low SUV (LSUV)?

Mengenai hal ini, MMKSI menegaskan bahwa secara lahiriah, Xpander termasuk Xpander Cross adalah sebuah small MPV. Hal itu pun disampaikan pereli Rifat, brand ambassador Mitsubishi.

"Small MPV atau small SUV, Xpander bagaimanapun juga fokus pada small MPV. Memang, dari laihr sudah kelebihan ground clearance. Lalu setelahnya keluar MPV yang berbentuk crossover yang kami namakan Xpander Cross," ujarnya.

Rifat bilang, soal apakah dia sejatihnya adalah small SUV, hal tersebut lebi soal kembali ke persepsi masyarakat.

"Terima kasih kalau kami diakui sebagai small SUV. Balik ke persepsi saja, dia small MPV class 7 penumpang dengan daya jelajah, punya saudara namanya Pajero Sport, memakai setir dan suspensi Pajero, jadi daya jelajah diandalkan," ujarnya.

Market berubah

New Xpander Cross
New Xpander Cross mengalami sejumlah penyempurnaan (Otosia.com/Nazar Ray)

Akan halnya mengenai persoalan persepsi, Xpander Cross sebagai sebuah kendaraan hadir seiring dengan market yang berubah.

"Basic-nya MPV.Dengan adanya demand tinggi dan customer meet dan oportunity, kami desain crossover. Lalu dengan berkembangnya varian cross yang ada, kelihatan market berubah," ujar Amiruddin.

New Xpander Cross hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors dan kini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif, modern dan mewah, untuk meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif.

Pembaruan

Pembaruan eksterior terdapat pada T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding.

Penyempurnaan lain di produk ini ada pada penambahan fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan para pengguna dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Penambahan fitur pada model ini di antaranya wireless charger, 8 inch LCD Meter Cluster, dan New Steering Wheel Design.

Bagian kabin juga telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga.

Ia juga dilengkapi dengan fitur Multi Around Monitor yang dapat memberikan tampilan di sekitar kendaraan yang membantu pengemudi saat parkir.

 

Fitur AYC dan harga

Satu yang tidak kalah menarik adalah fitur AYC. Sesuai dengan tagline baru Mitsubishi "Rise to Your Life’s Adventure", AYC menjadi fitur pendukung untuk keselamatan.

AYC bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC) yang sudah ada di New Xpander Cross. Sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

New Xpander Cross sendiri hadir dalam 2 (dua) varian: CVT Premium Package dan Manual Transmission. Dengan 5 (lima) pilihan warna yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.

Harga jualnya untuk pilihan CVT Premium Package adalah Rp 335.750.000 sedangkan untuk tipe MT atau transmisi manual adalah Rp 309.950.000. Harga ini berstatus OTR Jabodetabek selama bulan Agustus 2022.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya