AYC di New Xpander Cross, Bukan Cuma Cegah Oversteer-Understeer

Oleh Nazarudin Ray pada 19 Agu 2022, 10:08 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 10:08 WIB
New Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Nazarudin Ray)
New Mitsubishi Xpander Cross (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Otosia.com, Jakarta Active Yaw Control (AYC) di Mitsubishi New Xpander Cross adalah keunggulan dari kendaraan yang digadang-gadang sebenarnya adalah mini SUV alih-alih sebuah MPV ini.

Memang, kehadirannya menjadikan mobil keluarga yang muat 7 orang tersebut menjadi semakin lengkap terutama seiring dengan tagline baru Mitsubishi, "Rise to Your Life’s Adventure".

"Kombinasi sempurna antara agresivitas SUV dan top-grade feeling, diimbangi dengan kemampuan berkendara yang sangat baik serta system control dan keamanan yang semakin baik," ujar Naoya Nakamura, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

AYC pada dasarnya merupakan sistem pengereman. Perannya untuk meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau di jalan yang licin.

"Fungsi ini pada dasarnya menghindari yang enggak perlu, termasuk oversteer dan understeer," ujar Rifat Sungkar, brand ambassador dari Mitsubishi yang juga pereli dengan mengandalkan Mitsubishi Xpander AP4.

 

 

Video Paling Dicari saat Ini
 

AYC Andalkan 3 Faktor

Kondisi yang akan membuat AYC berperan adalah ketika mobil menikung di permukaan jalan yang licin. Pada saat itu, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan.

Dengan demikian, sistem ini meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi.

Menurut Rifat, AYC bekerja berdasarkan perhitungan terhadap tiga faktor. Faktor-faktor tersebut berkaitan dengan putran mesin hingga putaran roda.

"Ia bisa deteksi apakah putaran mesin terlalu tinggi, setir terlalu patah, putaran ban terlalu kencang. Jadi, ada tiga yang dibaca sistem," kata dia.

 

_

Demi mendukung kebutuhan akan keselamatan berkendara, New Xpander Cross khususnya dibekali banyak sistem. Namun kesemua itu sebagai langkah preventif.

"Jadi sistem ada banyak semua ini pada dasarnya adalah preventif," kata Rifat sekaligus menjelaskan bahwa ia tidak selalu bekerja secara terus-menerus, atau hanya ketika dibutuhkan.

Dengan demikian, sistem kerja berdasarkan kebutuhan tersebut tidak lantas membebani kerja kendaraan.

"Tidak on all the time, jadi tidak semua membebani kendaraan ini. Ia bisa dideteksi oleh alat scan kami, dengan nama MUT," kata dia.

AYC bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC) yang sudah ada di New Xpander Cross. Sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan.

Hal-hal Baru di New Xpander Cross

New Xpander Cross hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors dan kini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif, modern dan mewah, untuk meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif.

Pembaruan eksterior terdapat pada T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding.

Penyempurnaan lain di produk ini ada pada penambahan fitur-fitur yang dapat menambah kenyamanan para pengguna dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari. Penambahan fitur pada model ini di antaranya wireless charger, 8 inch LCD Meter Cluster, dan New Steering Wheel Design.

 

_

Bagian kabin juga telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan seluruh anggota keluarga.

Ia juga dilengkapi dengan fitur Multi Around Monitor yang dapat memberikan tampilan di sekitar kendaraan yang membantu pengemudi saat parkir.

New Xpander Cross hadir dalam 2 (dua) varian: CVT Premium Package dan Manual Transmission. Dengan 5 (lima) pilihan warna yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.

Harga jualnya untuk pilihan CVT Premium Package adalah Rp 335.750.000 sedangkan untuk tipeMT atau transmisi manual adalah Rp 309.950.000. Harga ini berstatus OTR Jabodetabek selama bulan Agustus 2022.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya