Mengintip Spesifikasi Deretan Mobil Listrik KIA, dari Sorento hingga EV6

Oleh Arendra Pranayaditya pada 18 Agu 2022, 17:10 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 17:10 WIB
KIA EV6 dan KIA Niro EV GIIAS 2022
KIA EV6 dan KIA Niro EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Kreta Indo Artha (KIA) memberi banyak kejutan menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Merek asal Korea Selatan ini tidak hanya meluncurkan Carens, namun memboyong Sportage dan memperkenalkan beberapa mobil listrik murni.

KIA menjelaskan bahwa alasan utama menghadirkan tiga mobil listrik sekaligus, mulai dari Sorento PHEV, Niro EV dan EV6, merupakan kesempatan bagi merek itu untuk melihat antusiasme masyarakat terhadap mobil-mobil listrik. Pun pengenalan ini menjadi wujud program pemerintah dalam mewujudkan ekosistem otomotif yang berbasis low carbon emission.

“Ketiga produk elektrifikasi yang kami bawa ini juga menjadi salah satu bukti komitmen kami dalam mendukung terciptanya ekosistem mobilitas ramah lingkungan sesuai dengan kebijakan Pemerintah Indonesia. Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan Full BEV, kami hadirkan untuk menunjukkan teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk diperkenalkan di Tanah Air,” ujar Ario Soerjo Marketing & Development Division Head KIA saat hari pembukaan GIIAS 2022 (11/8).

 

KIA Sorento PHEV

Kia Sorento HEV di GIIAS 2022 (Otosia)
Kia Sorento HEV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Kia Sorento HEV menampilkan sosok yang berotot dengan tampilan wajah khas Kia dengan grille ‘Tiger Nose’. Lampu depannya telah menggunakan Dual Projection LED dengan High Beam Assist, plus lampu DRL yang juga berteknologi LED. Air intake besar di bagian bawah grill menampilkan kesan yang semakin kokoh sebagai sebuah SUV.

Sementara di belakang, kombinasi lampu LED berdesain vertikal mempertegas tampilan kokohnya, Aksen silver melintang pada bumper bagian bawah tampak terintegrasi dengan lampu kabut belakang, lubang knalpot ganda serta under guard. Di bagian atap, terdapat Panorama Sunroof yang besar.

Interior Kia Sorento HEV menampilkan kesan mewah dengan balutan kulit di sebagian besar kabinnya, termasuk tempat duduk, trim pintu dan juga lingkar setir. Kursi bagian depan telah dilengkapi pengaturan elektrik dengan memori penyimpanan posisi, serta ventilasi yang dapat mendinginkan atau menghangatkan tubuh penumpang depan. Di baris kedua tersedia tempat duduk captain seat yang dapat diatur secara leluasa termasuk adanya armrest.

Pada dashboard, sistem infotainment dikendalikan melalui head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci yang seakan tampil kembar dengan panel instrument yang juga berukuran 12,3 inci. Fitur infortainment ini sudah termasuk konektivitas Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk memaksimalkan output suara, Kia Sorento HEV telah dilengkapi 12 speaker lansiran BOSE Premium Sound System.

Keselamatan dan performa

Kia Sorento HEV telah dilengkapi dengan enam buah airbag. Selain itu, masih ada fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Lalu ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Warning (SEW), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

Kia Sorento HEV mengusung mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 liter yang telah dengan turbocharger. Mesin bensin ini menghasilkan tenaga puncak 179 PS dan torsi maksimal 264 Nm.

Motor listrik bawaannya berdaya 44 kW. Kombinasi tenaga yang dhasilkan mampu mencapai 230 PS dengan torsi maksimal mencapai 350 Nm. Kia Sorento HEV mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 14 kWh. Semua daya tersebut didistribusikan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 6-speed.

KIA Niro EV

KIA Niro EV GIIAS 2022
KIA Niro EV di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Produk elektrifikasi selanjutnya adalah Compact SUV Kia Niro EV yang berteknologi full electric. Generasi kedua Kia Niro ini melakukan debut globalnya di ajang New York International Auto Show 2022 bulan April lalu, dan kini sudah hadir di Indonesia. Desain Kia Niro yang unik terinspirasi dari filosofi “Opposites United” yang berasal dari alam dengan penyempurnaan aerodinamika.

Eksterior Kia Niro EV mendapatkan pengaruh dari mobil konsep HabaNiro 2019 dengan nilai koefisien drag (Cd) hanya 0,29. Lampu DRL yang unik mengapit grille ‘Tiger Nose’ yang khas, yang telah berevolusi sesuai identitas merek Kia yang baru. Pada lampu belakang LED berbentuk bumerang tampak menonjol dengan desain ringkas dan aerodinamis.

Tampilan menarik hadir di bagian sisi mobil dimana terdapat Aero Blade yang tak hanya mempertegas kesan aerodinamis pada mobil ini, namun membantu mengarahkan angin ke bagian bawah bodi. Aero Blade ini dapat dicat sesuai dengan warna bodinya atau warna kontras variasi lainnya.

Interior

Kia menyuguhkan interior mewah berlapis material premium dan ramah lingkungan. Dashboard melengkung dengan garis horizontal dan diagonal berlawanan memberikan kesan yang menenangkan.

Berikutnya ada sunroof, layar head unit 8 inci di bagian tengah dashboard menawarkan konektivitas dengan Bluetooth dan perintah suara, termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Panel instrument digital adalah layar LED 10,25 inci.

Kesan menenangkan di dalam kabin juga diberikan dengan kehadiran ambient light yang menawarkan banyak kombinasi warna. Kedua kursi depan memiliki ventilasi dengan pengaturan posisi elektrik dan memori posisi. Dengan desain barunya, di dalam kabin Niro kini menawarkan keleluasaan dan ruang penumpang terbaik di kelasnya.

Keselamatan dan performa

Kia Niro EV telah dilengkapi dengan 8 airbag serta fitur ADAS. Sebagaimana Sorento HEV fitur ADAS pada Kia Niro EV termasuk Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), serta Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA).

Lalu Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan. Di balik lingkar kemudi terdapat paddle shift yang berfungsi sebagai i-Pedal dan pengaturan level pengereman regenerative.

Kia Niro EV mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) di roda depan yang menghasilkan tenaga puncak 203PS dan torsi maksimal 255 Nm. Baterai yang digunakannya memiliki kapasitas hingga 64,8kWh. Kia Niro EV diklaim mampu menempuh jarak total hingga 463 km (WLTP cycle). Kia Niro EV juga memiliki kemampuan V2L sebesar 3,6 kW.

KIA EV6

Kia EV6
Kia EV6

Kia EV6 baru menawarkan daya tahan menjelajah jarak jauh, bebas emisi, dengan kemampuan pengisian daya ultra-cepat, dan gaya yang khas di pasar SUV crossover. EV6 adalah mobil pertama Kia yang menggunakan platform baru khusus kendaraan listrik baterai (BEV) yang dikembangkan Kia yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Sebagaimana Kia Niro EV, desain EV6 juga menggunakan filosofi desain baru 'Opposites United', yang mengambil inspirasi dari berbagai hal yang ditemukan di alam dan manusia.

Di bagian depan, wajah 'Tiger Nose' khas Kia dimaknai ulang untuk era digital ini, hingga menampilkan ‘Digital Tiger Nose, Lampu DRL memberikan tampilan lebih modern dengan pola cahaya sekuensial yang dinamis. Di bagian bawahnya, air intake udara lebih rendah.

Profil sampingnya menampilkan siluet yang terinspirasi dari crossover, yang modern, ramping, dan aerodinamis.

Garis tegas karakter membentang di bagian bawah pintu, dan melengkung ke atas menuju lengkungan fender roda belakang untuk memberikan kesan profil mobil yang lebih panjang secara visual, termasuk untuk menghasilkan nilai aerodinamika lebih baik. Keunikan lain dihadirkan dari desain lampu belakang yang memanjang dari kedua sisinya.

 

Kabin EV6

Di dalam kabinnya, mobil ini berusaha tampil berbeda dengan sebuah EV layaknya, menampilkan desain interior yang memanfaatkan platform E-GMP milik Kia. Meski dimensi EV6 sangat ringkas, namun jarak sumbu roda yang mencapai 2.900mm menghasilkan ruang kabin yang sebanding dengan kebanyakan medium SUV.

Salah satu elemen yang paling mencolok di dalam kabin adalah layar infotainment melengkung berteknologi tinggi. Adapun dua buah layar berukuran 12,3 inci memiliki fungsi yang berbeda, antara head unit sistem infotainment dan panel instrument. Sistem infotainment dengan koneksi Apple CarPlay dan Android Auto dapt menghasilkan suara berkualitas melalui speaker lansiran Meridian dengan 14 buah speaker.

EV6 juga menawarkan interior yang cerdas dan fleksibel dengan banyak area penyimpanan kabin, termasuk ruang bagasi 520 liter. Jika kursi baris kedua dilipat ke bawah, kapasitas penyimpanan meningkat menjadi 1.300 liter. Mobil ini juga dilengkapi bagasi depan yang menyediakan ruang penyimpanan tambahan hingga 20 liter untuk model AWD.

Keselamatan dan performa

Kia EV6 GT-Line ini juga dilengkapi Advance Driver Assistance System (ADAS) sebagai jaminan keselamatannya. ADAS yang digunakan oleh mobil ini adalah Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA).

Selain itu ada Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) yang dapat mendeteksi mobil, pejalan kaki, pesepeda dan persimpangan.

SUV listrik ini menggunakan motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor (PMSM) yang terpasang di kedua sumbu roda (depan-belakang) menjadikan mobil ini berpenggerak empat roda (AWD).

Motor listrik ini mendapat sumber energi dari baterai berkapasitas 77,4 kWh, yang menghasilkan tenaga puncak hingga 325 PS dan torsi 605 Nm. Kia EV6 diklain mampu menempuh jarak total hingga 506 km berdasarkan uji WLTP. Dan di-klaim dapat mencapai kecepatan 0 - 100 km per jam dalam waktu 5.2 detik.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya