Beda Rp 5 Jutaan, Pilih Suzuki S-Presso atau Daihatsu Ayla Termahal?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 18 Agu 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2022, 08:00 WIB
Suzuki S-Presso
Suzuki S-Presso di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Gelaran otomotif bertaraf internasional Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 diramaikan oleh beragam peluncuran mobil baru.

Salah satu yang ditunggu-tunggu adalah kehadiran Suzuki S-Presso sebagai pengganti dari Karimun Wagon R di Indonesia. Varian termahal S-Presso dijual seharga Rp 164 juta dengan transmisi otomatis.

Yang menarik, banderolan resmi tersebut tidak jauh berbeda dengan Toyota Ayla termahal. Lebih tepatnya selisih sekitar Rp 5 jutaan di antara keduanya. Meski S-Presso diposisikan sebagai City Car, seberapa unggul mobil ini dibanding LCGC tawaran dari Daihatsu?

 

Eksterior

Daihatsu Ayla
Daihatsu Ayla tipe Deluxe (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Secara tampilan, kedua mobil ini mengusung styling berbeda. Suzuki S-Presso mempunyai tampilan gagah layaknya mobil SUV, dengan ground clearance tinggi dan sekujur bodi dilapisi body cladding.

Sedangkan Toyota Ayla mempunyai tampilan familiar dengan beberapa sentuhan sporti. Khusus tipe termahal Deluxe mendapatkan berbagai fitur tambahan, seperti bodykit lebih sporti dan stiker bertuliskan "deluxe".

Secara fitur eksterior, S -Presso dan Ayla Deluxe cukup sebanding. Kedua mobil ini disematkan lampu depan dan belakang halogen, antenna short pole dan pelek yang sudah dual tone.

Yang berbeda, Ayla sudah menggunakan lampu depan tipe projector, mempunyai lampu kabut, dan ada Daytime Running Light (DRL) LED di lampu depan.

 

Interior

Interior Suzuki S-Presso
Interior Suzuki S-Presso (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sama seperti eksteriornya, S-Presso mengusung interior dengan tema SUV. Paling mencolok adalah bagian bulat di tengah dasbor yang berisi speedometer dan head unit, sedikit mengingatkan dengan desain MINI Cooper.

Di sisi lain, desain interior Toyota Ayla sudah terbilang familiar. Meski beberapa kali menerima penyegaran, bentuk dasar dari dasbor, letak head unit dan speedometer berada di tempat yang sama dengan model sebelumnya.

S-Presso dan Ayla mempunyai keunggulan fitur masing-masing. S-Presso mempunyai speedometer digital, head unit canggih yang bisa terknoneksi ke handphone, serta sistem AC lengkap dengan pemanas dan defogger kaca depan dan belakang.

Sementara Toyota Ayla mempunyai AC digital, head unit yang tidak kalah canggih, tachometer, audio steering switch, power window untuk setiap kaca dan spion luar yang bisa dilipat dan disetel secara elektrik.

 

Keselamatan

Interior Daihatsu Ayla
Interior Daihatsu Ayla (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Fitur keselamatan kedua mobil ini tidak jauh berbeda. S-Presso dan Ayla sama-sama disematkan pengereman sudah ABS, EBD, sensor parkir belakang, sepasang airbags di dasbor dan kursi sudah ISOFIX.

Namun Ayla sedikit lebih unggul karena sudah disematkan kamera mundur yang cukup membantu untuk keluar masuk parkiran. Kedua mobil ini belum dilengkapi peranti keselamatan aktif, menignat harganya yang cukup rendah.

 

Performa dan harga

Performa Daihatsu Ayla juga lebih unggul. LCGC andalan Daihatsu ini dibenamkan mesin 1.200cc empat silinder dengan semburan tenaga 88 PS dan torsi 108 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis 4 percepatan.

Sebaliknya Suzuki S-Presso memboyong mesin 998cc tiga silinder yang menghasilkan output 68 PS dan torsi 90 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui girboks Auto Gear Shift (AGS) 5 percepatan.

Untuk harga Suzuki S-Presso AGS dijual Rp 164 juta, sedangkan Toyota Ayla tipe R Deluxe AT dibanderol Rp 169,25 juta. Dengan selisih harga sekitar Rp 5 jutaan, mobil mana yang lebih layak dipinang?

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya