Selain Pikap, MG Juga Boyong ZS EV Facelift di GIIAS 2022

Oleh Arendra Pranayaditya pada 16 Agu 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 16 Agu 2022, 13:15 WIB
MG ZS EV
MG ZS EV facelift tampil publik di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Setelah memperkenalkan MG Extender sebagai calon pesaing baru di kelas pikap double cabin, PT MG Motor Indonesia memperkenalkan produk kedua terbarunya MG ZS EV facelift di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

MG ZS EV sebenarnya kerap tampil publik di tahun 2021, mulai dari perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 di bulan April dan GIIAS 2021 yang berlangsung di bulan November silam.

Yang berbeda, merek ini memboyong versi terbaru dari ZS EV. Versi facelift ini sudah debut lebih dulu di Eropa pada bulan Oktober 2021.

 

Video Paling Dicari saat Ini

MG ZS EV

MG ZS EV facelfit
MG ZS EV terbaru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Mengusung tema “EVolution Forward”, SUV bertenaga listrik ini menjadi model EV kedua di lini produk MG setelah mobil station wagon MG 5 EV. Merek asal Inggris ini menjelaskan bahwa ZS EV merupakan salah satu wujud komitmen MG untuk Indonesia yang lebih ramah lingkungan dan bebas emisi.

Adapun harapan dari MG bahwa MG ZS EV terbaru bisa menjadi SUV yang menarik banyak perhatian, sekaligus memberi pengalaman baru di sektor mobil listrik.

“Kami memiliki harapan New MG ZS EV sebagai mobil elektrik berbasis SUV pertama yang MG hadirkan untuk Indonesia akan meredefinisi ekspektasi mereka akan pengalaman berkendara ramah lingkungan yang maksimal dan menyenangkan,” ujar Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Spesifikasi

Interior MG ZS EV facelift
Interior MG ZS facelift (Otosia.com/Arendra Pranayditya)

MG ZS EV dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan baterai baterai berjenis lithium-ion berkapasitas 50.3 kWh. MG mengklaim ZS EV bisa menempuh jarak sejauh 403 km dalam sekali pengecasan. Perhitungan jarak dihitung melalui mode NEDC.

MG ZS EV juga mempunyai fitur unggulan Vehicle 2 Load (V2L). Fitur ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga listrik mobil untuk menggunakan peralatan listrik, hingga mengisi kendaraan listrik lainnya.

MG mencatat ZS EV menghasilkan tenaga 177 PS dengan torsi puncak 280 Nm. Seluruh tenaga motor listrik disalurkan ke roda depan.

Pengecasan baterai dari 0-100% membutuhkan waktu 8 jam dengan charger 7 kW. Paling cepat adalah pengecasan melalui colokan charger 100 kW. MG mencatat dari 0-80% hanya membutuhkan waktu 36 menit saja.

Mobil ini juga menjadi SUV 100% listrik dalam segmen B yang pertama mendapatkan peringkat bintang 5 untuk keselamatan Euro NCAP.

Pencapaian internasional

Charging Point MG ZS EV
Tempat pengecasan MG ZS EV facelift (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

MG ZS EV menuai banyak torehan positif di Eropa. MG ZS EV menarik peminat paling tinggi di Prancis, dengan rasio penjualan sebesar 21,8%, diikuti oleh Swedia (21,5%), Jerman (14,5%), dan Norwegia (13,8%).

Sementara di Australia, MG ZS EV mampu menarik sebanyak 200 peminat hanya di minggu pertamanya saja semenjak dirilis untuk publik.

MG mengklaim proposisi MG ZS EV di pasar Eropa dan Inggris begitu unik, karena sukses memposisikan dirinya sebagai pilihan cerdas dalam hal harga, perlengkapan, dan teknologi, dengan tetap menjaga keunggulan kualitas desain dan fitur keselamatan secara menyeluruh.

Di Swedia MG ZS EV dijuluki ‘Car of the Year’ di 2022, di Belgia sebagai ‘Family Car of the Year’ di 2021, dan 2022 di Inggris sebagai ‘Affordable EV of the Year.’

Indonesia

Meski belum resmi dijual di pasar Indonesia, MG mengklaim seri EVnya akan mampu memberikan pengalaman yang memuaskan untuk konsumen di Indonesia di masa mendatang.

Termasuk di dalamnya adalah komitmen MG Motor Indonesia untuk terus memperluas jaringan dan pelayanan purnajual di berbagai titik di tanah air.

“Pengaruh dan daya tarik MG di pasar global, khususnya Eropa dan Inggris, menjadi kebanggan tersendiri dan menjadi motivasi MG untuk bisa meraih pencapaian yang sama di Indonesia. Dengan menghadirkan deretan jenis mobil yang mampu memenuhi beragam segmen, terlebih melalui keunggulan teknologi akan terus mendorong MG menjadi yang terdepan di Indonesia,” ujar Rendi Radito, Sales and Network Director MG Motor Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya