Euro4 Diterapkan, Bagaimana dengan Pemilik Kendaraan Isuzu yang Berada di Daerah Pelosok?

Oleh Nurrohman Sidiq pada 12 Agu 2022, 22:54 WIB
Diperbarui 12 Agu 2022, 22:59 WIB
Booth Isuzu di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Booth Isuzu di GIIAS 2022 (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Otosia.com, Jakarta Euro 4 sudah sepenuhnya berlaku di Indonesia sejak 12 April 2022. Hal ini tentu membuat banyak perubahan pada lini kendaraan, termasuk produsennya yang harus menyediakan layanan purna jual untuk kepuasan pelanggan.

Apalagi bagaimana dengan urusan para pemilik kendaraan yang berada di pelosok daerah? Apakah bahan bakar, perawatan berkala sekaligus ketersediaan spare part bisa terjaga?

Video Paling Dicari saat Ini

Layanan Purna Jual Isuzu

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mengaku turut menyadari keresahan pelanggannya. Apalagi mereka yang jauh dari kota yang serba ada apa pun tersedia.

Beny Dwyanto, Technical Product Support General Manager PT IAMI mengatakan, sejauh ini Isuzu sudah memberikan solusi layanan purna jual kepada konsumen dengan menghadirkan sejumlah program.

Bahkan, program tersebut juga sudah menjangkau konsumen hingga ke daerah pelosok-pelosok di Indonesia.

Salah satu program itu ialah membangun relasi dengan bengkel umum untuk melebarkan jangkauan layanan.

 

Jangkauan Luas

Beny melanjutkan, untuk bisa melayani customer-customer Isuzu yang berada di remote area, yang lokasi operasionalnya jauh dari Outlet Isuzu, Isuzu mengembangkan channel after sales-nya melalui kerjasama dengan partshop-partshop dan bengkel umum yang ada di daerah sehingga customer mudah ketika perlu layanan after sales Isuzu.

“Bengkel umum yang dilibatkan sebagai mitra juga sudah diberikan pelatihan serta beberapa tools basic untuk perawatan kendaraan Isuzu sehingga bisa melayani customer lebih baik, kerja sama dengan channel after sales ini dilakukan baik di pulau jawa maupun luar jawa,” ujar Beny di booth Isuzu GIIAS 2022, ICE, BSD City, Jumat (12/8/2022).

Heri Wasesa, Customer & Product Services Division Head Astra Isuzu turut melontarkan pernyataan serupa. Menurutnya Isuzu enyediakan layanan Astra Isuzu Mobile Command Center Whatsapp (081297371035) yang dapat digunakan untuk memesan layanan Bengkel Isuzu Berjalan yang dapat melayani perbaikan darurat di jalan kapan pun dibutuhkan.

“Kami juga memiliki Field Advisor Isuzu standbyReady on call 24/7 yang siap untuk membantu menyelesaikan perbaikan kendaraan dalamkondisi apapun dan kapanpun,” tutur Heri Wasesa.

 

Pasar Mining

Untuk kebutuhan pasar di segmen mining, plantation serta oil & gas, Isuzu juga menyediakan layanan purna jual seperti ketersediaan mekanik melalui program mechanic on site yang juga dibekali special tools Isuzu, Diagnostic Service System (GIDSS), yang dapat membantu menganalisa kondisi kendaraan secara cepat dan akurat.

“Termasuk didukung dengan mekanik tersertifikasi, khususnya mekanik-mekanik ini bekerja secara efektif, menemukan dan menganalisa problem breakdown yang dihadapi, sehingga penanganan/perbaikan kendaraan bisa dilakukan secara efektif dan efisien, langsung pada root couse yangditemukan oleh hasil output GIDSS analytics,” tutur dia.

 

Pernyataan Pelanggan

Aditya Mianto Cahyono, Branch Operation Head PT Bina Pertiwi mengatakan, selama ini sudah menggunakan truk Isuzu dan terbukti kehandalannya di segala medan khususnya di wilayah PT Freeport Indonesia. Bahkan dari sisi pelayanan after sales servise juga berjalan dengan baik.

Perusahaan sudah bekerjasama dengan Isuzu melalui Full Maintenance Contract yang menempatkan dua teknisi untuk memberikan layanan servis yang terbaik kepada unit, sehingga performa kendaraan tetap terjaga dengan baik.

"Tim Isuzu juga mampu menyediakan dan memenuhi kritikal-kritikal part yang memang kami butuhkan dalam waktu cepat," tutur Aditya.

 

Konsistensi Layanan

Aditya melanjutkan, pelayanan yang terbaik seperti ini diharapkan terus bisa dijaga dan ditingkatkan lagi agar ke depannya Isuzu semakin berkembang dalam melayani konsumen, khususnya di sektor niaga.

Isuzu juga memiliki program-program tambahan yang dapat meningkatkan nilai terhadap bisnis customer.

Pertama program santunan supir di mana dapat membantu memberikan santunan hingga 20 juta kepada supir yang mengalami kecelakaan bahkan jika sedang tidak menggunakan kendaraan isuzu.

“Untuk membantu customer dalam merawat dan mencegah kerusakan pada unit customer, kami juga memberikan layanan training mekanik dan safety driving untuk supir),” ungkap Heri.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya