Bakal Jadi Official Car G20, Apa Keunggulan si Mobil Premium Lexus UX 300e?

Oleh Redaksi Otosia pada 11 Agu 2022, 10:48 WIB
Diperbarui 11 Agu 2022, 13:38 WIB
Lexus UX 300e
Sosok Lexus UX 300e (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Lexus UX 300e yang merupakan kendaraan listrik premium pada 25 November 2020 lalu. Mobil yang diklaim serba canggih ini bakal menjadi Official Car untuk tamu-tamu negara yang hadir di KTT G20 di Bali nanti.

Lexus UX 300e merupakan seri pertama Compact Luxury Crossover SUV dengan mesin full listrik atau battery electric vehicle (BEV) dari brand Lexus. Peluncurannya waktu itu juga menjadi yang pertama di Asia Tenggara sekaligus bagian dari komitmen dari visi Lexus Electrified.

Strategi itu merupakan konsep elektrifikasi global Lexus untuk melompat jauh ke industri kendaraan listrik, termasuk pengendalian, keamanan dan kenikmatan berkendara masa depan.

"Lexus Indonesia dengan bangga mempersembahkan kendaraan full bertenaga listrik pertama di Indonesia yaitu Compact Luxury Crossover Lexus UX 300e. Kami optimistis kehadiran Lexus UX 300e akan memberikan warna baru bagi industri otomotif, lifestyle, dan luxury market di Indonesia terutama untuk para Lexus Enthusiasts yang sangat environmentally conscious," kata Meinisa, General Manager Lexus Indonesia. 

Video Paling Dicari saat Ini

Menjadi Mobil Kenegaraan

Lebih lanjut tentang peran Lexus UX-300e dalam KTT G20 di Bali bulan November 2022 nanti, Vice President PT TAM Henry Tanoto berterima kasih kepada pemerintah Indonesia yang telah menunjuk pihaknya menjadi salah satu Official Car Partner dalam acara akbar itu.

"Merupakan sebuah kebanggan bagi kami dapat berpartisipasi aktif untuk mensukseskan event berskala internasional ini. Pemilihan Lexus UX-300e merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi," terang Henry dalam keterangan resminya, Rabu (10/8/2022).

Henry juga menegaskan bila pihaknya sudah menyiapkan banyak pilihan kendaraan elektrifikasi baik hybrid EV, Plug-In Hybrid EV dan Battery EV melalui brand Toyota dan Lexus.

"Dan untuk lebih jauh memberikan kesempatan masuk ke pilihan elektrifikasi, mulai tahun ini kami akan masuk ke model elektrifikasi yang akan diproduksi di domestik sehingga harapannya mobilitas elektrifikasi ini akan semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

Keunggulan Lexus UX 300e

Lexus ux 300e memakai baterai lithium-ion dengan kapasitas daa sebesar 54,35 kWH. Tenaga yang dihasilkan mencapai 201 Tk dan torsi 300 Nm.

Dalam sekali catu daya sampai penuh, ia sanggup digeber hingga sejauh 300 km.

Dengan mengandalkan AC Wall Charger, mobil ini setidaknya membutuhkan waktu paling lama sampai enam jam hingga baterainya terisi penuh. Namun bila memanfaatkan DC Fast Charging di Stasiun Pengisian Kendaraan listrik Umum (SPKLU), prosesnya sekira cukup 50 menit saja. 

Fitur-fitur

Ada banyak fitur canggih yang ditanamkan pad a mobil ini. Yang menarik ialah Power Back Door with Kick Sensor, Digital Optitron Tachometer, Head-up Display dan Electronic Drive Selector.

Selain itu, juga tersedia head unit 10,3 inch, 13 speakers Mark Levinson Surround Sound System, Apple CarPlay serta Android Auto.

Sedangkan untuk fitur lainnya mencakup 3-LED Projector Headlight dan Limitless Line Rear Combination Lamp.

Keselamatan

Dari sisi keselamatan tentunya tidak kalah mumpuni. Lexus UX 300e sudah dibekali dengan SRS Airbag, Blind Spot Monitor, Panoramic View Monitor, termasuk juga All Around Parking Sensor.

Ada juga Lexus Safety System+ yang di dalamnya tersedia Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) dan Adaptive High Beam System (AHS).

Harga

Pada saat peluncurannya di Indonesia, Lexus UX 300e dibanderol dengan harga Rp 1,2 miliar on the road (OTR Jakarta).

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya