Suzuki Bocorkan 2 Mobil Baru yang Bakal Melantai di GIIAS 2022, New Baleno dan S-Presso?

Oleh Nazarudin Ray pada 10 Agu 2022, 19:22 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 19:22 WIB
New Baleno dan S-Presso
Bocoran siluet dua mobil baru Suzuki, New Baleno dan S-Presso? (SIS)

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan bocoran dua mobil baru mereka yang dipastikan melantai pada GIIAS 2022 yang akan dihelat tanggal 11-21 Agustus mendatang di ICE, BSD City, Tangerang.

Bocoran tersebut berupa undangan resmi kepada redaksi otosia.com belum lama ini yang menampilkan dua buah mobil dalam bentuk siluet. Dari wujudnya, kuat dugaan mobil tersebut adalah New Suzuki Baleno dan S-Presso

"PT Suzuki Indomobil Sales akan meluncurkan dua produk baru sekaligus dalam pameran bergengsi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dilaksanakan 11–21 Agustus 2022 mendatang di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang," sebut Suzuki dalam surat undangannya.

Melalui teaser ini, Suzuki ingin memberikan sedikit petunjuk kepada masyarakat sebelum diluncurkan secara resmi pada 11 Agustus 2022. “Dengan begitu, diharapkan masyarakat semakin antusias menyambut kemunculan dua produk terbaru Suzuki yang sudah ditunggu-tunggu ini,” lanjut pihak Suzuki.

Video Paling Dicari saat Ini

 

Pemesanan Suzuki S-Presso dan New Baleno

Kabar SIS menyiapkan LCGC terbarunya Suzuki S-Presso sudah terendus sejak sebulan lalu. Mobil itu pertama kali dipergoki netizen sedang diangkut di suatu kawasan di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mobil mungil bergaya SUV ini sudah bisa dipesan di diler-diler resmi Suzuki. Salah satu diler Suzuki di Jakarta Timur menyatakan bahwa Down Payment (DP) S-Presso sebesar 20%

“Sudah bisa open inden. DP-nya bisa di angka 20%,” ungkap tenaga penjual diler Suzuki tersebut kepada Otosia.com beberapa waktu lalu

Selain Suzuki S-Presso, Suzuki ternyata juga akan menyiapkan satu mobil baru lagi. Mobil tersebut adalah versi facelift dari Baleno yang diluncurkan di India menjelang bulan Februari 2022 kemarin.

“Iya, Baleno facelift juga,” ujar wiraniaga yang sama saat dikonfirmasikan tentang peluncuran Baleno terbaru di Indonesia.

Sama seperti S-Presso, hatchback itu juga sudah bisa dipesan. Namun calon konsumen harus menunggu untuk mengetahui harga resminya. Suzuki akan mengumumkan harga resminya saat di GIIAS 2022 mendatang. 

 

 

Spesifikasi Suzuki Baleno

Sekadar informasi Suzuki Baleno facelift menerima banyak perubahan signifikan dibanding model yang dijual saat ini.

City car ini disematkan styling baru, seperti grill lebih besar, lampu depan projector dengan DRL LED berbeda, lampu belakang LED, pelek model kipas berukuran 16 inci dengan warna two tone, dan lampu kabut baru.

Interior Baleno facelift juga disempurnakan melalui penggunaan head unit berukuran 9 inci, ventlasi dan panel AC baru, cruise control, sistem audio buatan Arkamys, heads up display, serta setir desain baru yang sudah bisa diatur secara tilt dan teleskopik.

Bahkan tipe tertinggi dari mobil ini sudah dipasangkan 6 airbags, kamera 360 dan Vehicle Stabilty Control (VSC) dan Hill Hold Control (HHC).

New Suzuki Baleno disematkan mesin 1.200cc DualJet K12N dengan semburan tenaga 90 PS dan torsi 113 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi Automated Manual Transmission (AMT) 5-speed.

Untuk harga, New Suzuki Baleno di India dibanderol mulai dari 635.000 rupee atau Rp 121,3 juta (dengan kurs 1 rupee = Rp 191,1) untuk tipe termurah Sigma MT, hingga 949.000 rupee atau Rp 181,3 juta untuk varian termahal Alpha AGS.

 

Bocoran Harga Suzuki S-Presso

Beberapa waktu lalu, beberapa diler memberi update terkait harga resmi dari Suzuki S-Presso. Salah satunya adalah tenaga penjual Suzuki yang mengungkapkan bahwa mobil kelas LCGC ini akan dijual sebagai dua model.

Pertama adalah Suzuki S-Presso bertransmisi manual yang dibanderol Rp 157 juta, sedangkan pilihan alternatifnya adalah S-presso dengan girboks otomatis seharga Rp 165 juta.

Harga tersebut lebih tinggi dibanding Suzuki Karimun Wagon R. Berdasarkan catatan laman resmi Suzuki Indonesia, Karimun Wagon R GS manual dijual Rp 146,3 juta. Sedangkan Wagon R GS versi AGS bisa dipinang pada harga Rp 155,2 juta.

Namun demikian angka tersebut terbilang kompetitif dibanding para rival. Sebagai contoh Toyota Agya dijual pada kisaran Rp 158,5-179,7 juta. Sementara Honda Brio Satya berada di angka Rp 156,9-186,4 juta.

 

Bocoran Fitur Suzuki S-Presso

Di sisi lain beberapa fitur kenyamanan dan keselamatan yang akan disematkan pada mobil ini mulai terungkap. Hal ini terlihat dari pernyataan diler sekaligus foto interior yang tersebar.

Suzuki S-Presso tipe termahal dengan transmisi Auto Gear Shift (AGS) dibekali lampu luar halogen, alarm, AC manual putar kenob, aksen-aksen krom di lingkaran AC dan konsol tengah, soket 12v ditambah USB, speedometer digital, head unit berukuran 7 inci dan power window hanya di depan saja.

Sementara soal keselamatan, Suzuki S-Presso bisa dibilang sederhana. Mobil sudah dilengkapi sistem Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD), sepasang airbags di dasbor, sabuk pengaman tiga titik, dan sensor parkir belakang.

Suzuki S-Presso versi tanah air juga dikabarkan tidak akan mendapatkan upgrade seperti S-Presso di India. Dengan kata lain, mobil dengan nama kopi ini mengusung mesin K10B 998cc yang menghasilkan output 67 hp dan torsi 90 Nm.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya