Lebih Ganteng Maksimal, Begini Wujud All New Honda Mobilio?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 09 Agu 2022, 10:09 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 10:09 WIB
Render All New Honda Mobilio
Ilustrasi render Honda Mobilio terbaru (Instagram/@malvinwsetiawan)

Otosia.com, Jakarta Nasib Honda Mobilio patut dipertanyakan di Indonesia. Mobil keluarga pesaing Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander itu menjadi satu-satunya model yang belum menerima pembaruan di segmen LMPV.

Sebagai contoh Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia berganti model tahun lalu, Mitsubishi Xpander mengalami facelift, Nissan Livina mengambil basis dari Xpander dan Suzuki Ertiga disematkan teknologi mild hybrid. Bahkan Hyundai ikut bersaing melalui Stargazer.

Di antara sengitnya persaingan LMPV di Indonesia, Mobilio justru makin terpuruk. PT Honda Prospect Motor (HPM) saat ini hanya menawarkan tipe termurah Mobilio S, untuk melengkapi permintaan pembelian secara fleet. 

Video Paling Dicari saat Ini

Model baru

Honda BR-V
Honda BR-V terbaru lebih dulu hadir dibanding Mobilio (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Namun bagaimana wujudnya apabila HPM merancang model baru Honda Mobilio? Mobil keluarga ini masih mempunyai pengikut setia, lantaran Mobilio terkenal mempunyai handling serba asyik dan mesin yang responsif di kelasnya.

Ide terkait Honda Mobilio terbaru diilustrasikan oleh akun Instagram @malvinwsetiawan. Akun ini mencoba menggambarkan bagaimana wujud Honda Mobilio, jika mendapatkan model baru.

Pada dasarnya @malvinwsetiawan mengambil basis dari Honda BR-V terbaru dan dirancang ulang sebagai mobil MPV. Hal ini terbilang menarik, mengingat Honda BR-V generasi pertama mempunyai basis sama seperti Mobilio.

Render

Render New Honda Mobilio
Render New Honda Mobilio mengambil basis dari Honda BR-V (Instagram/@malvinwsetiawan)

Render yang ditampilkan mengilustrasikan wujud baru serba sporti. Unsur-unsur SUV dari BR-V dihilangkan, seperti ground clearance yang lebih rendah dan tidak ada lagi body cladding berwarna hitam di sekitar bodinya.

Tampilan menjadi semakin agresif dengan penggunaan bumper depan dan side skirts dari Honda Civic Type R terbaru. Sedangkan bagian kaki-kaki dipasangkan pelek lima palang model kipas berwarna hitam.

Akun ini menambahkan logo “e:HEV” yang diartikan sebagai teknologi hybrid pada kendaraan Honda. Lantaran mesin BR-V dan City hatchback mempunyai basis mesin yang sama, boleh jadi pilihan jantung pacu yang dimaksud berasal dari City hatchback e:HEV.

Honda City hybrid yang dijual di Malaysia dan Thailand dibekali mesin 1.500cc empat silinder dengan tenaga 98 PS dan torsi 127 Nm. Mesin tersebut dibantu oleh motor listrik dengan output 109 PS dan torsi 253 Nm.

Lantaran masih sebatas render, belum diketahui apakah Mobilio akan mendapatkan model baru dalam waktu dekat.

Alasan BR-V lebih dulu debut

Honda Mobilio RS
Honda Mobilio RS di IIMS 2019 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Honda Indonesia lebih fokus untuk kelas LSUV untuk mobil tujuh penumpang. Keputusan ini dipilih berdasarkan riset internal Honda, di mana masyarakat Indonesia cenderung mencari mobil dengan ground clearance tinggi.

Selain itu kontribusi penjualan mobil LSUV cukup tinggi. Pasalnya sekitar 15%-16% dari penjualan mobil di Indonesia adalah LSUV dan angka itu terus meningkat dengan cepat.

"Untuk mobil tujuh penumpang, kami fokusnya ke market LSUV karena masyarakat Indonesia suka mencari mobil dengan ground clearance tinggi. Pasar LSUV itu terakhir mencapai 15% hingga 16% dari seluruh penjualan mobil di Indonesia dan itu naiknya cepat," ungkap Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director HPM di sela-sela media test drive All New Honda BR-V.

Nasib Mobilio

Sementara untuk Mobilio, Honda belum memberi petunjuk kapan mobil tersebut akan mendapatkan pembaruan. Billy hanya memastikan bahwa kedepan, Mobilio mempunyai strateginya sendiri.

Ia juga menegaskan bahwa Honda tidak mempunyai rencana untuk menyetop produksi Mobilio dan akan terus menjual mobil itu.

"Saya belum bisa bicara sekarang untuk model baru Honda Mobilio. Namun mobil itu kami mempunyai strateginya sendiri. Kami juga akan terus menjual Mobilio saat ini ke masyarakat," tutup Billy.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya