Kandas di Indonesia, Honda Jazz Justru Punya Wajah Baru

Oleh Arendra Pranayaditya pada 08 Agu 2022, 18:18 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 18:18 WIB
Honda Jazz facelift RS
Honda Fit di Jepang mendapatkan facelift, sekaligus menerima opsi model RS (paultan.org)

Otosia.com, Jakarta Honda Jazz sempat menjadi pilihan primadona di kalangan kawula muda. Bodi serba kompak dengan tampilan sporti menjadi salah satu alasan kenapa mobil ini tetap mempunyai banyak penggemar hingga kini.

Perjalanan Honda Jazz di Indonesia berakhir di generasi ketiga dengan kode GK5. Generasi keempat, berkode GR/GS, tidak dimasukkan ke tanah air, lantaran PT Honda Prospect Motor (HPM) menilai mobil tersebut kurang cocok dengan kebutuhan orang Indonesia.

Dengan demikian, posisi Honda Jazz digantikan oleh Honda City hatchback yang mempunyai bodi lebih besar dan styling bergaya sporti.

Honda Jazz di Jepang

Honda Fit Crosstar
Honda Fit Crosstar terbilang sebagai model paling mencolok dengan gaya SUV. (paultan.org)

Honda Jazz tidak berhenti diproduksi secara menyeluruh. Hatchback ini masih dijual di Jepang dengan nama “Honda Fit”. Mobil ini mengusung styling lebih konvensional dibanding City hatchback RS.

Baru-baru ini, Honda Jazz menerima penyegaran. Melansir paultan.org, Senin (8/8/2022), mobil ini menerima serangkaian improvement dari segi tampilan, sekaligus memperkenalkan model baru ‘RS’.

Khusus model RS, Jazz terbaru tampil lebih sporti dengan adanya grill hitam bergaya mesh, bumper depan baru, pelek berdesain lebih agresif, serta adanya lip spoiler berwarna hitam yang mengililingi bodi.

Bagian dalam model ini juga dibedakan. Tipe RS mendapatkan warna jahitan kontras di area setir, jok hngga armrest. Adapun paddle shift untuk mengatur kekuatan regenerative braking, serta mode berkendara yang mencakup Normal, Sport dan Econ.

Selebihnya interior Honda Jazz RS tidak berbeda dengan model-model lainnya, seperti adanya speedometer digital berukuran 7 inci dan head unit layar sentuh 9 inci di dasbor.

Model lainnya

Interior Honda Fit RS
Interior Honda Fit RS mendapatkan beberapa perbedaan, seperti warna jahitan berbeda dan paddle shifts. (paultan.org)

Selain tipe RS, varian Jazz lainnya juga mendapatkan penyegaran ringan. Tipe Basic, Home dan Luxe mendapatkan bumper depan baru yang lebih modern. Lalu tipe Home disematkan garis krom di grill depan dan varian Luxe disematkan spion berwarna krom.

Model paling mencolok adalah Honda Fit Crosstar. Hatchback bergaya SUV ini terbilang paling mudah dibedakan dengan varian-varian lainnya, lantaran styling bawaannya terkesan lebih tangguh.

Pada penyegaran ini, Fit Crosstar disematkan grill baru dan lubang radiator di bawah kini mempunyai warna kontras. Side skirts samping juga mendapatkan ubahan yang sama.

Sistem keselamatan dan performa

Setiap model Honda Jazz di Jepang disematkan Honda Sensing secara standar. Dengan kata lain, mobil perkotaan ini mempunyai teknologi seperti Autonomous Emergency Braking, Lane Keep Assist, Adaptive Cruise Control, Traffic Sign Recognition dan lainnya.

Honda Jazz mengusung mesin berteknologi e:HEV yang berfungsi layaknya mobil hybrid pada umumnya. Sistem ini mengandalkan motor listrik tunggal di roda depan yang menghasilkan tenaga 109 PS dan torsi 253 Nm.

Motor listrik ini dikawinkan dengan mesin 1.500cc Atkinson cycle dengan output 98 PS dan torsi 127 Nm. Fungsi utama mesin ini adalah untuk sumber daya motor listrik bawaannya dan bisa digunakan sebagai mesin utama di kecepatan tinggi.

Harga mobil akan terungkap pada saat peluncuran resminya. Diprediksi akan berlangsung di musim semi tahun ini.

City hatchback lebih ideal

Honda City Hatchback RS with Honda Sensing
Honda City Hatchback RS menjadi lebih lengkap dengan adanya peranti keselamatan Honda Sensing. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Honda Jazz terbaru kemungkinan besar tidak akan masuk ke pasar dalam negeri. Indonesia, sekaligus negara ASEAN lainnya, mendapatkan Honda City hatchback sebagai pengganti Honda Jazz.

Pasalnya HPM menilai pasar mobil hatchback di Indonesia lebih condong mengarah ke gaya racing dan sporti. Sementara Honda Jazz terbaru lebih disesuaikan untuk kebutuhan pasar masyarakat Jepang.

"Honda itu kental dengan DNA racing. Sedangkan Honda Fit, bukan Honda Jazz ya, desainnya berbeda dengan DNA sporty kita di Indonesia," ujar Yusak Billy, Business Innovation & Marketing Director PT HPM.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya