Lama Tidak Ada Kabar, Seri Terbaru Nissan Terra Bakal Meluncur di GIIAS 2022?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 08 Agu 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 13:00 WIB
Nissan Terra
Nissan Terra facelift diluncurkan pertama kali di Thailand. (paultan.org)

Otosia.com, Jakarta Segmen ladder frame SUV terbilang populer di Indonesia. Kategori mobil ini menawarkan tampilan serba gagah, ground clearance tinggi, serta sasis yang handal untuk melibas beragam jalanan di tanah air.

Tercatat saat ini ada tiga mobil yang bersaing, yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu mu-X.

Namun di luar tiga model itu, sebenarnya segmen ini juga sempat diramaikan oleh Nissan Terra. SUV ini sempat gempar mendobrak pasar ladder frame SUV, sebagai alternatif baru dengan beragam fitur unggulan tersendiri.

Sayangnya mobil ini tidak tinggal tetap. PT Nissan Motor Distribution Indonesia (NMDI) di awal tahun lalu mengabarkan pemberhentian penjualan Nissan Terra di Indonesia. Setelah pengumuman tersebut, belum ada kabar terkait kembalinya Terra di tanah air.

Video Paling Dicari saat Ini

GIIAS

Teaser Nissan Terra Meluncur di GIIAS 2022
Nissan Indonesia memberi teaser mobil barunya yang akan meluncur di GIIAS 2022. (Instagram/@nissanid)

Selang beberapa waktu kemudian, NMDI rupanya tertarik untuk kembali bersaing di salah satu pasar SUV teramai di Indonesia. Pasalnya Nissan Terra terbaru akan diperkenalkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 mendatang.

Hal ini terpantau pada akun Instagram resmi Nissan Indonesia @nissanid, di mana akun tersebut secara rutin mengunggah postingan terkait peluncuran produk terbarunya pada hari pertama di GIIAS 2022.

Pada setiap postingan yang diunggah, terlihat sosok siluet sebuah SUV misterius di belakang berbagai produk Nissan Indonesia saat ini. Meski hanya berbasis siluet, dapat dipastikan bahwa SUV ini adalah New Nissan Terra.

New Nissan Terra

Sisi belakang Nissan Terra facelift
Sisi belakang Nissan Terra facelift. (nissan.co.th)

Melansir paultan.org, Senin (8/8/2022), Nissan Terra terbaru diluncurkan di Thailand pada bulan Agustus 2021 silam. Perubahan pada Terra berbasis facelift, lantaran SUV ini masih menggunakan sasis dan platform yang sama.

Nissan Terra facelift diberi gril V-motion yang lebih besar, lampu depan LED berbentuk huruf C dengan total empat titik lampu utama, serta housing lampu kabut vertikal.

Di sisi belakang, Nissan mendesain ulang lampu belakang menjadi bentuk pipih dan memanjang. Ada juga garis krom di atas lambang Nissan dan bentuk bumper baru yang terlihat lebih kokoh.

Kabin Nissan Terra mendapatkan perubahan yang cukup signifikan. Tampilan dasbornya kini lebih modern dengan head unit berukuran 9 inci, tombol-tombol AC dan setir baru, serta sistem audio buatan BOSE.

Tambahan lain termasuk jok baru yang diklaim Nissan lebih empuk dibandingkan sebelumnya, rem parkir elektrik, kaca acoustic, wireless charging, dan monitor lipat di atap baris kedua berukuran 11 inci.

Sistem keselamatan

Sistem keselamatan Nissan Terra facelift
Ilustrasi sistem keselamatan di Nissan Terra facelift (nissan.co.th)

Pada penyegaran ini Nissan menyematkan Terra dengan beragam sistem keselamatan canggih. Setiap model mendapatkan kamera 360 derajat, Vehicle Stability Control (VSC), Autonomous Emergency Braking (AEB) dan Lane Departure Warning (LDW).

Trim tertinggi seperti VL 4x4 mendapatkan Blind Spot Monitoring (BSM), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), serta kamera 360 derajat dengan teknologi Moving Object Detection (MOD).

Sementara Nissan Terra model sebelumnya mempunyai paket keselamatan yang lebih standar, lantaran SUV ini belum mempunyai peranti keselamatan aktif. Tipe termahal tercatat hanya dilengkapi VSC, ABS, EBD, 6 airbags dan spion tengah yang bisa difungsikan sebagai kamera 360.

Performa dan harga

Interior Nissan Terra facelift
Interior Nissan Terra facelift mempunyai desain dasbor baru. (nissan.co.th)

Nissan Terra terbaru dibekali satu pilihan mesin. Dapur pacu berkode YS 23DTT dengan kapasitas 2.300cc twin turbo dieselnya memuntahkan tenaga sebesar 190 PS dan torsi maksimal 450Nm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda belakang (RWD) atau setiap roda (4WD) melalui girboks otomatis 7 percepatan.

Di Negeri Gajah Putih, SUV ini dibanderol 1.199.000 baht atau Rp 517 juta (dengan kurs 1 baht = Rp 431.65) untuk tipe E, sedangkan varian tertinggi yakni, VL 4x4 diberi harga 1.499.000 baht atau Rp 647 juta.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya