Belum Resmi Luncur di Indonesia, Suzuki Terciduk Sedang Mengetes Baleno Versi SUV

Oleh Arendra Pranayaditya pada 06 Agu 2022, 13:05 WIB
Diperbarui 06 Agu 2022, 13:05 WIB
Suzuki Baleno SUV
Suzuki Baleno SUV terciduk sedang tes jalan (autocarindia.com)

Otosia.com, Jakarta Suzuki Baleno terbaru dipastikan akan masuk ke Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mengumbar teaser siluet di situs resmi Suzuki Indonesia sebagai petunjuk bahwa Baleno baru tidak lama lagi akan luncur.

Selain itu, beberapa diler telah mengungkapkan bahwa keran pemesanan Suzuki Baleno terbaru telah dibuka.

Yang pasti banderol Baleno akan naik. Kenaikan harga tersebut berasal dari beragam fitur yang disematkan Suzuki untuk mobil ini, di antaranya cruise control, head unit baru, AC digital otomatis, Vehicle Stability Control dan bahkan mempunyai Heads Up Display.

 

Baleno SUV di India

Teaser Suzuki Baleno
Teaser Suzuki Baleno (ist)

Meski belum diluncurkan secara resmi di Indonesia, Suzuki Baleno terbaru lagi-lagi terciduk sedang dites di jalanan India. Melansir autocarindia.com, Kamis (4/8/2022), sebuah SUV misterius mempunyai kemiripan dengan Baleno ditemukan tertutup dengan kamuflase.

SUV ini mengusung kode nama “YTB” dan digadang-gadang akan disebut sebagai “Baleno Cross”. Meski terkamuflase, beberapa foto menunjukkan bahwa mobil ini mengambil basis dari Baleno.

Paling mencolok adalah bentuk atap hingga ke sektor buritan. Bentuk Baleno terlihat cukup jelas dengan adanya tarikan garis window line yang meningkat, serta sektor buritan serba membulat. Roofline SUV ini menjadikan mobil terlihat lebih “coupe”.

Sementara fascia depan kemungkinan besar akan mempunyai tampang yang berbeda dengan versi hathbacknya. Dari foto-foto yang tersebar, Baleno SUV ini mempunyai grill lebih besar dan boleh jadi mempunyai DRL dan lampu utama terpisah.

Spesifikasi

Suzuki Baleno SUV digadang-gadang mengusung platform Heartect dan dibenamkan salah satu mesin Booster Jet dengan tambahan turbo.

Belum diketahui lebih jauh mesin apa yang dimaksud. Namun Suzuki Baleno RS sempat mengusung mesin 998cc K10C turbo dengan semburan tenaga 105 PS dan torsi sekitar 150 Nm.

Kemungkinan juga Baleno Cross akan dipasangkan mesin mild hybrid dengan sistem tambahan Integrated Starter Generator (ISG) dan baterai Lithium-ion untuk meningkatkan efisiensi.

Baleno terbaru dikabarkan diperkenalkan pada Delhi Auto Show.

Baleno facelift di Indonesia

New Suzuki Baleno
Suzuki Baleno facelift diluncurkan di India menjelang bulan Februari 2022 silam. (motorbeam.com)

Sementara di Indonesia, Baleno facelift diprediksi meluncur dalam waktu dekat. Lebih tepatnya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 bersamaan dengan S-Presso.

Suzuki Baleno facelift akan tersedia dalam dua model. Pertama adalah Baleno bertransmisi manual yang dijual Rp 262 juta, lalu pilihan lainnya adalah Baleno matic dengan harga Rp 274,9 juta.

Harga tersebut naik sekitar Rp8-10 jutaan dibanding Baleno yang dijual saat ini, yakni Rp 252,9 juta untuk tipe manual atau Rp 266,5 juta untuk Baleno transmisi otomatis.

Saat ini diler Suzuki telah membuka keran pemesanan dengan uang muka minimal Rp 25 juta. Unit yang dipesan akan mulai dikirim ke konsumen mulai bulan Agustus 2022.

Yang menarik Suzuki Baleno diam-diam hilang dari situs Suzuki Indonesia. Boleh jadi versi terbarunya akan segera meluncur.

Spesifikasi Baleno facelift

Suzuki Baleno terbaru mendapatkan update di bagian tampilan. Tampang depan mobil ini terlihat lebih sleek dengan grill yang lebih besar dan kombinasi lampu depan projector dan DRL LED serta rumah lampu kabut baru.

Sebagai pelengkap, desain lampu belakang New Suzuki Baleno sudah LED dengan bentuk memanjang dan pelek bawaannya berwarna two tone dengan ukuran 16 inci.

Seorang tenaga pemasaran di diler Suzuki menyebut bahwa interior New Baleno menjadi lebih modern dan canggih, mirip dengan spesifikasi yang beredar di negeri Bollywood.

Baleno baru dikabarkan akan mendapatkan spion tengah auto dimming, AC digital otomatis, setir sudah berbalut kulit, interior dengan warna dual tone, cruise control, head unit baru dengan SmartPlay Pro+ dan keyless entry dengan tombol start-stop.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya