Begini Jadinya Kalau Toyota Innova Punya Versi Gazoo Racing

Oleh Arendra Pranayaditya pada 06 Agu 2022, 15:01 WIB
Diperbarui 07 Agu 2022, 08:44 WIB
Toyota Innova GR
Render Toyota Kijang Innova bergaya Gazoo Racing (Instagram/@malvinwsetiawan)

Otosia.com, Jakarta Toyota Kijang Innova dirumorkan akan berganti model. Meski belum diketahui waktu peluncurannya, mobil itu beberapa kali sempat terciduk sedang tes jalan. Pertama di Thailand, lalu kedua di India.

Innova yang tertangkap kamera diselimuti warna kamuflase, menandakan bentuk bodinya belum final. MPV ini digadang-gadang mengusung platform baru dan bahkan sudah tidak lagi berpenggerak roda belakang (RWD).

Menyambut kehadiran All New Toyota Innova, boleh jadi model yang dijual saat ini menerima edisi spesial sebagai wujud perpisahan.

 

Innova GR

Render Toyota Kijang Innova GR
Render Toyota Innova diracik bergaya GR (Top Gear Philipines/Andrew Guerrero)

Pemikiran tersebut diilustrasikan oleh akun Instagram @malvinwsetiawan. Akun ini meracik Toyota Kijang Innova dengan tampilan Gazoo Racing, sebagai model terakhir yang diperkenalkan sebelum muncul genarasi baru Innova.

Sekadar informasi Gazoo Racing merupakan divisi balapan Toyota secara global. Khusus Indonesia, brand ini menjadi penanda model termahal Toyota dengan tampilan yang lebih sporti.

Dengan konsep tersebut, @malvinwsetiawan menyegarkan tampilan Toyota Innova menjadi lebih sporti.

Paling utama adalah penyematan bodykit baru layaknya mobil-mobil Toyota Racikan GR. Toyota Kijang Innova tampil lebih resing dan sporti dengan adanya tambahan lip di sekeliling mobil, dengan aksen-aksen berwarna hitam.

Sementara perubahan lainnya adalah pelek khusus model kembang berwarna two tone.

Spesifikasi

Sisi belakang Toyota Kijang Innova GR
Render sisi belakang Toyota Kijang Innova GR (Instagram/@malvinwsetiawan)

Namun untuk spesifikasi Toyota Innova tidak banyak mengalami perubahan. Dengan kata lain, salah satu MPV favorit di Indonesia ini tetap mengusung mesin 2.000cc 1TR-FE naturally aspirated dengan semburan tenaga 134 hp dengan torsi 182 Nm.

Pilihan lainnya adalah mesin 2.400cc 1GD FTV yang menghasilkan output 148 hp dan torsi puncak 300 Nm. Kedua mesin ini menyalurkan tenaganya ke roda belakang (RWD) melalui girboks manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

Lantaran masih sebatas render, spesifikasi lebih lanjut dan harga tidak dapat diprediksi.

Tanggapan Toyota

Ide Innova Venturer varian GR tidak ditampik oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Ia menjelaskan bahwa jika ada permintaan sporty styling pada Innova meningkat, Toyota akan mencoba menimbang-nimbang untuk menghadirkan Innova Venturer GR.

Karena itu TAM meminta masukan dari para konsumen, apakah MPV bongsor Toyota ini cocok jika diberikan racikan GR.

“Untuk stylish sporty version Innova Venturer kami tidak menutup kemungkinan. Justru kami meminta masukan kira-kira seperti apa cocoknya serta bagaimana kebutuhan masyarakat terhadap Innova Venturer,” ungkap Anton.

Namun TAM belum memiliki rencana membuat varian sporti Innova Venturer berlambang GR dalam waktu dekat. Menurut Anton Venturer sendiri sudah menjadi versi sporti Innova sekarang ini.

“Saat ini belum ada rencana karena sudah ada Venturer. Kami melihat Venturer itu sebagai grade khusus, sporty grade-nya Innova,” tukas Anton.

Toyota Innova Elektrik

Sebelumnya Toyota memberi kejutan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid April 2022 lalu di JIExpo Kemayoran Jakarta. Salah satu merek favorit orang Indonesia ini menampilkan Toyota Innova elektrik.

Mobil keluarga berbasis listrik ini hanya ditampilkan pada hari pertama IIMS 2022. Toyota beralasan, Kijang Innova EV akan dikembalikan ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk melanjutkan proses Research and Development (R&D).

“Kita ingin men-display lebih lama, tapi mobil ini kita pinjem dari teman-teman TMMIN yang sebenarnya juga digunakan untuk R&D dan masih ada beberapa hal dan schedule mobil ini masih digunakan. Jadi walaupun satu hari pun kita gunakan,” ujar Anton pada kesempatan lalu.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya