Prediksi Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2022, Ada Apa Saja?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 04 Agu 2022, 19:05 WIB
Diperbarui 04 Agu 2022, 19:05 WIB
KIA Sportage JAW 2022
KIA Sportage menjadi salah satu kejutan KIA Indonesia menjelang Gaikindo JAW 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 akan kembali digelar mulai tanggal 11 hingga 21 Agustus 2022. Pameran yang berlangsung selama sebelas hari ini berlangsung di ICE BSD City, Tangerang

GIIAS 2022 akan dihadiri lebih banyak Agen Pemegang Merek (APM) dibanding penyelenggaraan tahun lalu. Sejumlah merek dikabarkan akan meluncurkan produk baru pada ajang ini, termasuk kendaraan listrik

Sebelum pameran berlangsung, beredar rumor tentang mobil-mobil baru apa saja yang akan melantai di GIIAS 2022. Berikut prediksi mobil-mobil baru yang dirilis di GIIAS 2022: 

 

Sebelum GIIAS 2022

1. KIA

KIA Carens JAW 2022
KIA Carens ditampilkan di Gaikindo JAW 2022, siap menjadi pesaing baru di kelas MPV. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

KIA dipastikan akan menghadirkan Carens terbaru di Indonesia menjelang GIIAS 2022. MPV berbasis dari KIA Seltos itu pertama kali tampil publik menjelang Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW) 2022 sebagai display.

Prediksi lainnya mencakup dua SUV KIA, yakni Sorento berteknologi hybrid dan Sportage yang sempat menjadi kejutan menjelang JAW 2022 kemarin.

2. Honda

Honda SUV RS Concept IIMS 2022
Honda SUV RS sebagai salah satu pajangan Honda Indonesia selama IIMS Hybrid 2022. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Honda dikabarkan akan memperkenalkan produk berbasis elektrifikasi untuk GIIAS 2022. Hal ini diucapkan oleh Yulian Karlifi, PR & Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) baru-baru ini.

"Jadi di GIIAS nanti kami siap menyampaikan lebih banyak mengenai elektrifikasi Honda di Indonesia. Untuk mobilnya, nanti bisa dilihat sendiri di booth kami di GIIAS. Tapi pesannya adalah kami akan menyampaikan visi elektrifikasi Honda seperti apa," ujar Yulian.

Kuat dugaan Honda merilis Honda SUV RS. Indikasinya, paten mobil ini sudah terdaftar di Indonesia. SUV ini diposisikan sebagai rival Toyota Raize, Daihatsu Rocky dan KIA Sonet.

 

3. Hyundai

Hyundai akan secara resmi memperkenalkan Hyundai Stargazer kepada publik GIIAS 2022. Meski sudah terungkap ke pubik dan dijajal oleh para jurnalis, Hyundai Stargazer sebenarnya belum diluncurkan secara resmi.

GIIAS 2022 dijakikan momentum oleh Hyundai untuk secara resmi membuka keran penmualan MPV yang menjadi pesaing baru Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander.

 

4. MG

MG ZS EV facelift
MG ZS EV facelift mendapatkan beragam improvement, mulai dari tampilan yang lebih segar hingga fitur-fitur terbaru. (netcarshow.com)

MG telah mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan dua produk baru di GIIAS 2022. Salah satunya dipastikan akan mengusung teknilogi elektrifikasi.

Berdasarkan teaser yang disebarkan, kemungkinan besar mobil yang akan diperkenalkan adalah MG ZS EV. SUV ini sempat beberapa kali ditampilkan pada beberapa acara otomotif, namun belum diluncurkan secara resmi.

Boleh jadi yang diperkenalkan kelak adalah versi facelift yang lebih segar dan lengkap dari segi fitur.

 

 

5. Wuling

Wuling Motors dipastikan akan memperkenalkan Wuling Air EV secara resmi di GIIAS 2022. Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Central Park, pada awal bulan Juni 2022 lalu dan tampil pada Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Secara resmi Wuling Air ev meluncur 8 Agustus 2022 mendatang di kawasan industri Cikarang. Dengan demikian saat dipamerkan di GIIAS nanti, mobil listrik mini ini sudah mempunyai harga final.

 

6. Toyota dan Lexus

Toyota bZ4X
Toyota bZ4X menjadi mobil resmi KTT G20, berpotensi diperkenalkan secara lokal. (motor1.com)

Toyota dan Lexus digadang-gadang bakal memperkenalkan produk berbasis elektrifikasi. Beberapa di antaranya kemungkinan besar mengusung teknologi hybrid atau bahkan menggunakan tenaga listrik murni.

"Ada beberapa hal baru, bukan hanya satu. Ada konsep, ada yang langsung kita jual, baik Toyota dan Lexus. Pokoknya ada lebih dari satu model yang akan kita perkenalkan," ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) di Bali.

Meski belum mengungkapkan mobil apa yang akan dihadirkan, rumornya Toyota memboyong Raize hybrid yang lebih dulu diperkenalkan di Jepang dan Toyota bZ4X yang digunakan pada KTT G20 bulan November 2022 mendatang.

 

7. Suzuki

New Suzuki Baleno
Suzuki Baleno facelift diluncurkan di India menjelang bulan Februari 2022 silam. (motorbeam.com)

Suzuki dipastikan akan meluncurkan dua produk menjelang GIIAS 2022. Mobil yang pertama adalah Suzuuki S-Presso yang digadang-gadang menggantikan posisi Karimun Wagon R di Indonesia.

Sementara mobil kedua adalah Suzuki Baleno facelift. Hatchback ini dikabarkan mengusung spesifikasi yang mumpuni, layaknya Baleno yang diperkenalkan di India.

Bocoran peluncuran Suzuki S-Presso dan Baleno terbaru banyak terungkap melalui teaser dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dan bocoran dari diler resmi Suzuki yang juga sudah membuka keran pemesanan kedua mobil tersebut.

 

8. Subaru

Subaru XV
Subaru XV digadang-gadang sebagai mobil terbaru Subaru Indonesia yang akan diluncurkan di GIIAS 2022 nanti. (netcarshow.com)

Terakhir adalah Subaru. Merek asal Jepang itu dikabarkan akan meluncurkan XV pada GIIAS tahun ini. Sebelumnya Subaru Indonesia sudah memberikan kode keras bahwa SUV ini akan melantai di GIIAS 2022.

Subaru juga sudah mengunggah  beragam teaser di akun Instagram Subaru Indonesia. Postingan tersebut menunjukkan bentuk siluet Subaru XV, hingga sebuah tayangan video yang memperlihatkan sekilas sosok Subaru Outback.

 
Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya