Sudah 8 Bulan Mengaspal, Berapa Harga Bekas All New Avanza, Veloz dan Xenia?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 03 Agu 2022, 17:25 WIB
Diperbarui 03 Agu 2022, 17:25 WIB
Toyota Avanza di GIIAS 2021
Toyota Avanza dipajang pada acara otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2021. Mobil ini, bersama Toyota Veloz, bisa dibilang sebagai mobil primadona Toyota pada acara tersebut. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) beberapa waktu lalu memperkenalkan LMPV andalannya, Toyota Avanza, Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia.

Ketiga mobil tersebut mengalami sejumlah perubahan besar. Sebagai contoh Toyota Avanza dan Veloz kini dibuat sebagai produk berbeda, di mana Veloz diposisikan sebagai varian premium dari Avanza.

Selain itu, ketiga LMPV ini telah meninggalkan platform lamanya dengan sistem penggerak roda belakang (RWD). Dengan kata lain, setiap mobil mengalami perubahan total dari luar maupun ke dalam.

Video Paling Dicari saat Ini

Toyota Avanza

Toyota Avanza kini mempunyai bodi yang memanjang dan lebih besar dibanding model sebelumnya. Kendaraan keluarga ini mempunyai tampang lebih agresif, di mana fascia depan didominasi oleh grill besar.

Dari segi fitur, Avanza baru menjadi lebih lengkap di mana varian tertinggi sudah dilengkapi peranti keselamatan 6 airbags dan Toyota Safety Sense (TSS) yang mencakup Blind Spot Warning, Lane Keep Assist, dan masih banyak lagi.

Toyota Avanza tersedia dengan dua pilihan mesin. Pertama adalah 1.300cc dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi 12.4 kgm. Pilihan alternatifnya adalah mesin 1.500cc yang menghasilkan output 106 PS dan torsi 14 kgm.

Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual 5 percepatan atau girboks otomatis tipe CVT.

Toyota Veloz

Toyota Veloz JAW 2022
Toyota Veloz ditampilkan menjelang Jakarta Auto Week 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Toyota Veloz kini diposisikan sebagai model premium dari Toyota Avanza. Meski mengusung basis sasis yang sama, Veloz disematkan bodykit dan pelek berukuran 17 inci yang membuat tampilan mobil ini lebih “berisi”.

Veloz pun terbilang lebih lengkap dibanding Avanza. Model termahal Q TSS sudah dilengkapi speedometer digital, AC digital otomatis, head unit lebih besar, kursi dengan kombinasi warna berbeda, panel-panel empuk, ambient lighting, rear seat entertainment dan wireless charging.

Soal performa dan keselamatan, Veloz tidak berbeda dengan Avanza 1.5 G TSS. Namun Veloz tidak tersedia dengan pilihan mesin 1.300cc.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia di GIIAS 2021
All New Daihatsu Xenia ditampilkan ke publik menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Model yang dipajang adalah Xenia 1.3 dan Xenia 1.5. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Sementara Daihatsu Xenia mengusung tampilan serba sporti, terutama jika memilih paket Astra Daihatsu Styling (ADS) yang mendapatkan bodykit khusus. Sama seperti Avanza dan Veloz, mobil ini sudah dilengkapi lampu depan dan belakang LED, serta antenna sirip hiu.

Xenia juga mempunyai interior lebih sporti dengan adanya aksen-aksen oranye di sekitar jok dan dasbor, serta tombol start stop berwarna merah.

Fitur kenyamanan dan keselamatan yang ditawarkan pun serupa dengan Avanza termahal. Yang berbeda Xenia belum tersedia dengan teknologi Blind Spot Monitoring dan Rear Cross Traffic Alert, namun sudah dipasangkan kamera 360 untuk model termahalnya.

Harga bekas

Meski baru 8 bulan mengaspal pasca peluncuran perdananya, ketiga LMPV ini terpantau sudah dijual dalam kondisi bekas. Harga ketiga mobil keluarga ini tergantung pada model dan kondisi mobil.

Berikut harga bekas All New Toyota Avanza, Toyota Veloz dan Daihatsu Xenia berdasarkan informasi dari berbagai situs jual beli mobil bekas di Indonesia:

1.   Toyota Avanza        Rp 240-260 jutaan

2.   Toyota Veloz          Rp 270-330 jutaan

3.   Daihatsu Xenia       Rp 190-250 jutaan

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya