Colt L300 di Riau "Disiksa" Muatan 2 Ton Selama 25 Tahun, Ini yang Terjadi

Oleh Nazarudin Ray pada 31 Jul 2022, 13:05 WIB
Diperbarui 31 Jul 2022, 13:05 WIB
Colt L300
Ilustrasi New Mitsubishi Colt L300 (Adji)

Otosia.com, Jakarta Peran Mitsubishi Colt L300 di masyarakat seperti di wilayah Sumatera bisa dikatakan sudah mendalam. Colt  L300 merupakan merek legendaris yang dibuat sesederhana mungkin meski sudah berganti generasi. Salah satu penggunanya adalah Iwang.

Ia menggunakan Mitsubishi Colt L300 sejak 1997. Sawit, ikan, hingga bahan bangunan atau material adalah muatan yang sering berada di bak pick up tersebut.

"Sudah 25 tahun. Pakai istilahnya pakai sampai habis. Kuat sekali. Sudah ada diperlukan maka kami kirim ke Tanjung Pinang dan pakai bawa ikan juga dia kan," ujarnya.

 

Sebelum GIIAS 2022
Colt L300
Iwang selama 25 tahun menggunakan Colt L300 tanpa masalah berarti (Adji)
Colt L300
Hendri, pria asal Pekanbaru Riau mengandalkan Colt L300 dan New L300 untuk mengangkut ikan (Adji)

Euro 4

Ia menyebut bahwa bos-nya kini membeli Colt L300 versi baru berstandar Euro 4. Fungsinya untuk mengangkat sawit sebagai bisnis baru.

"Yang dulu untuk antar material bangunan tapi kalau yang baru ini untuk sawit karena kami sudah ada kebun sawit, bisnis baru. Punya kebun di Bankinang, wara-wiri kebun ke kota," kata dia.

Bicara L300 andalannya dulu, kendaraan angkut tersebut tidak lekang dari "siksaan". Misalnya saja, ia mengaku pernah mengantarkan semen total 2 ton. Muatan sebarat itersebut bukan sekali atau dua kali, namun sering.

"Saya sendiri bawa sampai 40 zak, 50 kg per zak, sampai 2 ton. Pekanbaru sampai Bangkinang, masuk ke kebun Surya Dumai untuk bangun long house pekerja sawit," ungkap pria paruh baya ini.

 

Disiksa

Yang menarik, Colt L300 yang disiksa ini bukanlah mobil baru pada awalnya. Dari sana ia mengambil kesimpulan bahwa mobil tersebut cukup tangguh.

"Beli second itu saja sudah kuat, apalagi ini baru kayak mana lagi kekuatannya. Saya punya teman-teman di material rata-rata pakai Mitsubishi, teman-teman di sawit pakai itu juga, ya sudah bilang bos beli ini yah," ujarnya seraya mengaku juga memiliki Xpander.

Bukan cuma soal ketangguhan, Colt L300 juga menguntungkan bagi usahanya karena ukuran. Sejak mengandalkan berbagai kendaraan Mitsubishi untuk aneka usaha, Colt L300 jadi pilihan untuk area-area yang lebih sempit.

"Sebelumnya kami pakai Canter karena memang sudah tidak cukup lagi (bawa muatan di pick up). Kalau kadang di lahan kita Canter tidak bisa masuk, kita pakai L300," akunya.

 

Andal di Tanjakan

Banyak rekannya masuk Pekanbaru, Bangkinang, dari Padang membawa pisang dan kelapa menggunakan L300. Begitu juga ikan bahkan sampai 1 ton. Di wilayan ini, tanjakan juga menjadi tantangan.

"Kalau ikan muatannya 1 ton. Kami dari Bagan, Rokan Ilir, banyak tanjakan. Alhamdulillah kuat, tenaganya kuat," ujarnya.

Bensin mesti berganti dengan digunakannya versi Euro pun terlihat sudah bisa dipahami. Demikian halnya dengan perawatan.

 

Perawatan Mudah

"Dexlite mahal tetapi kan irit jadi no problem sebenarnya. Daripada beli murah, boros, barang-barang rusak, spare part mudah rusak. (Perawatan) rutin memang, betul-betul dijaga jangan sampai lewat," ujar Henry, pengguna setia L300 lainnya, yang juga asal Pekanbaru, Riau.

Dengan cerita keandalan L300 yang membuat mereka percaya diri, dia juga tetap yakin dengan berbagai medan jalan yang biasa dilalui termasuk tanjakan.

"Banyak yang lain yang sekelas enggak seru, enggak sekeren ini. Jalan bukit (tanjakan) di lokasi sawit, merek lain bawa 10 zak saja atret, mundur, nubruk langsung penyok. Yang ini (L300 Euro 4) tarikannya lebih enak," pungkas Henry.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya