Lama Tanpa Perubahan, Beginikah Wujud Nissan Serena Terbaru?

Oleh Arendra Pranayaditya pada 28 Jul 2022, 20:16 WIB
Diperbarui 28 Jul 2022, 20:16 WIB
Render Nissan Serena C28
Render digital Nissan Serena C28 generasi terbaru. (Instagram/@predict_cars)

Otosia.com, Jakarta Pada segmen boxy MPV tercatat hanya ada dua mobil yang bersaing, yakni Toyota Voxy dan Nissan Serena C27. Mobil yang kedua sudah diperkenalkan di Indonesia sejak tahun 2019 dan hingga saat ini belum menerima perubahan maupun penyegaran model.

Hal ini terbilang kurang ideal, lantaran Toyota Voxy telah berganti model menjelang awal tahun kemarin. Mobil itu terlihat lebih modern dan lengkap melalui rombakan total di sisi eksterior dan interior, serta penyematan teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Sebaliknya Nissan Serena C27 di Indonesia hingga saat ini masih tetap tinggal diam dan belum menerima facelift untuk membuat MPV itu lebih kompetitif. Padahal secara global mobil ini sudah mengaspal sejak tahun 2016.

 

Video Paling Dicari saat Ini

Render Serena terbaru

MPV Boxy misterius Nissan
MPV Boxy misterius Nissan yang diduga sebagai NIssan Serena terbaru. (Instagram/@_creative_trend_)

Lantaran perjalanan Nissan Serena C27 sudah berlangsung cukup lama, para penggemar Nissan Serena turut menunggu kehadiran dari generasi terbaru Serena C28. Bahkan beberapa orang telah mencoba menebak wujud resminya.

Salah satunya adalah akun Instagram @predict_cars yang baru-baru ini mengunggah sebuah render menggambarkan bentuk dari Nissan Serena terbaru. Model yang ditunjukkan hanya mencakup bagian depan dan samping saja.

Berdasarkan render tersebut Nissan Serena terbaru mempunyai tampilan modern, layaknya mobil-mobil Nissan terbaru. Fascia depan dibuat berbeda dengan adanya grill "V-motion" baru yang menyambung dengan DRL dan lampu utama.

Sementara bagian bumper depan tampil sederhana dengan ventilasi udara radiator berbentuk trapesium dan ada sepasang garnish kecil di area sampingnya.

Sisi samping

Nissan Serena terbaru digambarkan mempunyai sisi samping yang tinggi dan serba tegak, layaknya MPV boxy pada umumnya. Perbedaan pada mobil ini dibanding Serena model sebelumnya harus diteliti secara detail.

Sebagai contoh adalah adanya tarikan garis tegas dari belakang hingga kedepan. Namun demikian sisa bentuk dari render tersebut terlihat sama seperti Serena C27 yang masih dijual saat ini.

Kesamaan paling mencolok terlihat pada pilar D di belakang, di mana garis samping mobil naik ke pilar D. Hal tersebut terbilang mirip dengan Serena model sebelumnya.

Perlu diingat bahwa gambaran render ini hanya sebatas prediksi seseorang. Wujud resmi dari mobil ini bisa mengalami perubahan yang signifikan.

MPV misterius

Sebuah MPV misterius tertangkap kamera di suatu tempat di Jepang. Mobil itu diduga kuat sebagai Nissan Serena C28, lantaran beberapa produk dan logo di sekitar tempat itu dipenuhi emblem Nissan.

Penampakan MPV mengotak serba misterius ini pertama kali diunggah oleh akun Instagram @_creative_trend_ baru-baru ini.

Mobil yang belum diketahui itu bentuk khas layaknya MPV boxy, terutama dari bentuk atap berbentuk persegi panjang, sisi samping serba tegak dan tinggi, serta adanya kap mesin yang cukup pendek di area depan.

Sayangnya MPV boxy itu ditutup erat oleh kain berwarna hitam, membuat detail-detail mobil itu susah dilihat.

Bocoran spesifikasi

Nissan Serena C27 GIIAS 2021
Nissan Serena C27 tampil di booth Nissan Indonesia menjelang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Melansir wapcar.my, Selasa (7/12/2021), Nissan Serena C28 kemungkinan besar akan mengusung mesin 1.200cc berteknologi e-Power dengan semburan tenaga 140 PS dan torsi 320 Nm.

Unit itu sebelumnya sempat disematkan pada Serena e-Power di tahun 2018, namun untuk model baru ini menerima upgrade sehingga tenaga bertambah, sekaligus mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sementara mesin 2.000cc hybrid yang ditemukan pada Serena S-Hybrid di Jepang dikabarkan juga berlanjut pada Serena C28. Mesin tersebut mempunyai output sebesar 150 PS dengan torsi 200 Nm.

Selain itu Serena terbaru akan mengusung peranti keselamatan ProPilot 2.0. Pada dasarnya fitur ini merupakan versi penyempurnaan dari ProPilot pertama yang lebih dulu ditemukan di mobil-mobil Nissan saat ini.

Penggunaan peranti tersebut memberikan keluasan selama berkendara, di mana pengemudi bisa bersantai selama perjalanan jarak jauh. ProPilot 2.0 kini bisa mengoperasikan mobil dengan sendirinya di jalan tol, bahkan bisa berpindah jalur tanpa bantu pengemudi.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya