Setelah S-Presso, Ini Bocoran Harga Suzuki Baleno Facelift

Oleh Arendra Pranayaditya pada 27 Jul 2022, 11:25 WIB
Diperbarui 27 Jul 2022, 11:25 WIB
New Suzuki Baleno
Suzuki Baleno facelift diluncurkan di India menjelang bulan Februari 2022 silam. (motorbeam.com)

Otosia.com, Jakarta PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam waktu dekat akan meluncurkan dua produk baru. Pertama adalah Suzuki S-Presso yang dikabarkan akan menggantikan posisi Karimun Wagon R di segmen LCGC.

Mobil yang kedua adalah versi terbaru dari Baleno. Hatchback ini akan menerima perubahan seperti Baleno facelift yang diluncurkan di India menjelang bulan Februari 2022 kemarin.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh salah satu tenaga penjual diler Suzuki di area Jakarta Timur. Baleno terbaru sudah bisa dipesan, namun pada saat itu harga mobil itu belum diketahui.

"Iya, Baleno facelift juga," ungkap tenaga penjual diler Suzuki tersebut kepada Otosia.com, saat ditanyakan soal pemesanan Baleno facelift, Selasa (12/7/2022).

Video Paling Dicari saat Ini

Harga terungkap

Sisi belakang Suzuki Baleno facelift
Sektor buritan Suzuki Baleno facelift mendapat beberapa perubahan ringan, seperti lampu belakang LED baru. (motorbeam.com)

Memasuki akhir bulan Juli 2022, harga Suzuki Baleno facelift bocor. Informasi harga mobil disampaikan salah satu tenaga penjual Suzuki di area Jabodetabek.

Suzuki Baleno facelift akan tersedia dalam dua model. Pertama adalah Baleno bertransmisi manual yang dijual Rp 262 juta, lalu pilihan lainnya adalah Baleno matic dengan harga Rp 274,9 juta.

Harga tersebut naik sekitar 8-10 jutaan dibanding Baleno yang dijual saat ini, yakni Rp 252,9 juta untuk tipe manual atau Rp 266,5 juta untuk Baleno dengan girboks otomatis..

Tenaga penjual itu juga mengungkapkan bahwa dilernya sudah membuka keran pemesanan dengan DP minimal Rp 25 juta. Unit yang dipesan akan diantar ke customer pada bulan Agustus mendatang.

Yang menarik Suzuki Baleno model lama diam-diam hilang dari situs Suzuki Indonesia. Boleh jadi menandakan New Baleno akan segera meluncur.

Spesifikasi

Suzuki Baleno di salah satu diler Suzuki
Suzuki Baleno sudah mendarat di Indonesia dan sudah bisa dipesan. (dok. sales Suzuki)

Suzuki Baleno terbaru mendapatkan update di bagian tampilan. Tampang depan mobil ini terlihat lebih sleek dengan grill yang lebih besar dan kombinasi lampu depan projector dan DRL LED dan rumah lampu kabut baru.

Sebagai pelengkap, desain lampu belakang New Suzuki Baleno sudah LED dengan bentuk memanjang dan pelek bawaannya berwarna two tone dengan ukuran 16 inci.

Tenaga penjual tersebut juga memberikan beberapa bocoran fitur terkait Baleno terbaru. Pasalnya Interior mobil ini menjadi lebih modern dan canggih, mirip dengan spesifikasi di negeri Bollywood.

Mobil ini dikabarkan akan mendapatkan spion tengah auto dimming, AC digital otomatis, setir sudah berbalut kulit, interior dengan warna dual tone, cruise control, head unit baru dengan SmartPlay Pro+ dan keyless entry dengan tombol start-stop.

Keselamatan dan performa

Interior New Suzuki Baleno
Interior Suzuki Baleno mendapatkan banyak perubahan, mulai dari desain dasbor hingga head unit yang lebih canggih. (motorbeam.com)

Sektor keselamatan mobil ini juga makin lengkap dengan adanya Electronic Stability Programme (ESP), Hill Hold Control (HHC), kamera 360, Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD).

Informasi apakah New Baleno akan mendapatkan mesin baru atau tetap mempertahankan jantung pacu lama belum diketahui pasti.

Sebagai komparasi, di India mobil ini disematkan mesin 1.200cc DualJet K12N dengan semburan tenaga 90 PS dan torsi 113 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan atau transmisi Automated Manual Transmission (AMT) 5 percepatan.

Sementara Baleno yang dijual di Indonesia saat ini mengusung mesin 1.400cc K14B yang menghasilkan output 92 PS dan torsi 130 Nm. Suzuki menawarkan mobil ini dengan pilihan transmsi manual 5 percepatan atau girboks otomatis 4 percepatan.

Penjualan di Indonesia

Suzuki Baleno Indonesia
Suzuki Baleno model lama yang masih dijual di Indonesia saat ini. (Suzuki Indonesia)

Penjualan Suzuki Baleno masih cukup laris di Indonesia. Berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2021 lalu, Suzuki Baleno terjual sebanyak 2.724 unit.

Angka tersebut lebih laris dibanding Mazda 2 hatchback dengan total penjualan 390 unit dan VW Polo yang laku 89 unit. Namun mobil ini belum bisa mencapai kesuksesan yang sama seperti Honda City hatchback di angka 9.642 unit dan Toyota Yaris sebanyak 6.819 unit.

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya