Manfaat Air Kelapa Muda Bakar untuk Kesehatan, dari Atasi Penyakit hingga Tingkatkan Stamina

Oleh Ahmad Muzaki pada 30 Sep 2022, 21:00 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi air kelapa. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
Ilustrasi air kelapa. ©2018 Merdeka.com/Pixabay

Otosia.com, Jakarta Air kelapa muda dikenal sebagai minuman sehat yang menyegarkan. Tak lain karena air kelapa muda mengandung nutrisi penting, seperti mineral yang baik untuk kesehatan.

Air kelapa adalah cairan yang ditemukan di dalam kelapa muda yang berwarna hijau. Air ini berfungsi menyehatkan buah. Saat kelapa sudah matang, yang memakan waktu sekitar 10-12 bulan, sebagian cairan tetap ada sementara sisanya matang menjadi daging putih padat yang bisa kita makan.

Air kelapa biasanya berasal dari kelapa muda yang berumur sekitar 6-7 bulan, meskipun kita juga bisa mendapatkannya pada buah yang sudah matang. Air kelapa memiliki kandungan 94% air dan lemak yang sangat sedikit.

Air kelapa memang menjadi pilihan yang menyehatkan dengan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Tapi, bagaimana dengan air kelapa bakar? Adakah manfaat air kelapa muda bakar?

Nah, berikut ini manfaat air kepala muda bakar yang baik untuk kesehatan yang dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (30/9/2022).

Video Terpopuler saat Ini

Kandungan Nutrisi Air Kelapa

Satu cangkir air kelapa murni (245g) menyediakan sekitar 44 kalori, 0,5g protein, 10,4g karbohidrat, dan 0g lemak. Air kelapa juga menjadi sumber vitamin C yang sangat baik.

Informasi nutrisi berikut ini disediakan oleh USDA yang kami lansir dari laman verywellfit.com.

- Kalori: 44

- Lemak: 0g

- Natrium: 64mg

- Karbohidrat: 10.4g

- Serat: 0g

- Gula: 9.6g

- Protein: 0,5g

- Vitamin C: 24.3mg

- Kalium: 404mg

Karbohidrat

Satu cangkir air kelapa menyediakan sekitar 10 gram karbohidrat, yang sebagian besarnya (sekitar 9 gram) adalah gula alami. Beberapa merek air kelapa biasanya dimaniskan dengan gula tambahan, jadi periksa labelnya dengan cermat jika Anda ingin membatasi gula.

Lemak

Air kelapa biasanya hanya mengandung sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali lemak (kurang dari 1 gram) di dalamnya, tetapi beberapa merek mungkin mengandung sedikit lemak.

Protein

Air kelapa mengandung sedikit protein; jumlahnya dapat bervariasi berdasarkan merek.

Vitamin dan mineral

Air kelapa adalah sumber vitamin C yang sangat baik, dengan 24mg dalam porsi satu cangkir. Itu berarti sudah memenuhi 32% dari yang direkomendasikan (RDA) untuk wanita dan 27% untuk pria, berdasarkan diet 2.000 kalori per hari. Air kelapa juga mengandung vitamin B thiamin (sekitar 8% dari RDA).

Mineral dalam air kelapa termasuk potasium (404mg) dan mangan (0,5mg). Minuman ini juga menyediakan sejumlah kecil magnesium, kalsium, zat besi, fosfor, seng, dan tembaga.

Kalori

Satu cangkir air kelapa murni (240g) menyediakan 44 kalori, 75% di antaranya berasal dari karbohidrat, 15% dari protein, dan 10% dari lemak. Ini termasuk minuman yang rendah kalori.

Manfaat Air Kelapa Muda Bakar

Sesuai dengan namanya, air kelapa muda bakar berasal dari buah kelapa yang dibakar terlebih dahulu. Pedagang buah kelapa bakar akan membakar buahnya terlebih dahulu dengan cara disimpan dalam tong atau wadah besar, kemudian dipanaskan dengan api yang menyala.

Selain keunikan dalam proses pembuatan dan penasaran dengan rasanya, banyak orang juga tergoda dengan manfaat air kelapa muda bakar yang dipercaya dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, seperti:

Meningkatkan Stamina

Manfaat air kelapa muda bakar dipercaya dapat meningkatkan stamina tubuh. Kandungan potassium dan beberapa nutrisi lain dari air kelapa adalah alasan dari adanya manfaat ini. Tubuh akan terasa segar kembali setelah meminum air kelapa bakar yang hangat.

Atasi Penyakit

Manfaat air kelapa muda bakar juga dianggap dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit, di antaranya seperti maag, ginjal, dan darah manis. Anda bisa mencampurkan berbagai bahan lain seperti madu, kayu manis, jahe, kulit akar dari tanaman kumis kucing, sereh dan beberapa lainnya agar bisa merasakan khasiat ini.

Daya Tahan Tubuh

Manfaat air kelapa muda bakar lain yang banyak dipercaya yakni untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rajin meminum air kelapa bakar dianggap dapat membuat tubuh kembali bertenaga dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi, bagi Anda yang mudah merasa lelah dan tidak enak badan, bisa mencoba minum air kelapa muda bakar ini.

Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat air kelapa muda bakar juga dinilai dapat membantu penderita batu ginjal. Rutin mengonsumsi air kelapa muda bakar dipercaya dapat menghancurkan batu ginjal yang diderita. Dengan begitu, batu ginjal akan dapat keluar dari tubuh dengan sendirinya secara alami.

Atasi Diabetes

Selain menjaga pola makan yang sehat, minum air kelapa muda bakar juga bisa menjadi cara lain untuk menangani diabetes. Khusus bagi Anda yang menderita diabetes, Anda perlu mengonsumsi air kelapa bakar tanpa tambahan pemanis apa pun, terutama kental manis.

Manfaat Kelapa Bakar

Pada dasarnya, manfaat air kelapa muda bakar yang dipercaya beberapa masyarakat adalah manfaat asli dari air kelapa yang bisa kita rasakan tanpa harus melalui proses pembakaran. Selain itu, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat air kelapa muda bakar untuk kesehatan.

Meski iming-iming khasiat dari kelapa bakar ini berhasil membuat beberapa orang tergoda, perlu diperhatikan juga bahwa proses pembakaran pada kelapa justru bisa berdampak pada zat yang terkandung di dalamnya.

Kemungkinan, sebagian besar kandungan nutrisi yang tersedia dalam buah kelapa akan berkurang atau bahkan hilang akibat proses pemanasan buah dalam suhu tinggi.

Karena itulah lebih baik memilih air kelapa yang tak melalui proses pembakaran.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya