Doa saat Turun Hujan dalam Islam Disertai Bacaannya, Dianjurkan untuk Diamalkan

Oleh Ahmad Muzaki pada 30 Sep 2022, 20:13 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 20:13 WIB
Ilustrasi hujan. ©Pixabay/PublicDomainPictures
Ilustrasi hujan. ©Pixabay/PublicDomainPictures

Otosia.com, Jakarta Dalam ajaran Islam hujan merupakan rahmat yang turun dari Allah SWT. Hanya saja terkadang hujan turun begitu deras hingga berakibat buruk. Karena itulah umat muslim dianjurkan untuk mengamallkan doa saat turun hujan.

Hujan deras yang disertai badai bisa berubah menjadi bencana alam dalam berbagai kesempatan. Banjir, tanah longsor, sungai yang meluap, angin ribut, adalah beberapa di antaranya. Untuk itu penting bagi kita sebagai umat muslim untuk berdoa saat turun hujan agar intensitasnya tidak sampai merugikan lingkungan.

Berikut adalah bacaan doa saat turun hujan sesuai dengan ajaran Islam yang bisa Anda lafalkan. Amalkan doa saat turun hujan ini agar kondisi sekitar Anda senantiasa dijaga dan hujan yang turun membawa keberkahan bagi semua hal yang ada di bawahnya.

Video Terpopuler saat Ini

Anjuran Nabi Muhammad SAW

Membaca doa saat turun hujan adalah amalan yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Saat hujan turun, pintu-pintu langit terbuka dengan lebar dan pada saat itu pula Allah SWT banyak mengabulkan doa umat-umatNya.

Hadist menyebutkan bahwa; "Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut." (HR. Abu Hurairah).

Beberapa doa saat turun hujan di bawah ini dapat Anda baca, dan ini adalah amalan-amalan dalam Islam yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.

Doa Saat Turun Hujan

Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha membaca kalimat tersebut saat hujan turun;

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat."

Selain itu, Anda juga bisa membaca doa saat turun hujan lainnya sebagai berikut;

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا هَنِيًّا وَسَيِّبًا نَافِعًا

Allahumma shayyiban haniyya wa sayyiban nafi'a.

Artinya: "Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat".

Doa Saat Turun Hujan dengan Angin Kencang dan Petir

Salah satu hadis Imam Muslim meriwayatkan bahwa, saat hujan disertai angin kencang Rasulullah SAW membaca sebuah doa angin kencang berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahumma inni as aluka khoiraha wa khoira ma fiha wa khoira ma ursilat bihi wa a'udzubika min syarriha wa syarri ma fiha wa syarri ma ursilat bihi.

Artinya; "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya dan kebaikan yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya."

Kemudian apabila turunnya hujan disertai petir, maka berdasarkan hadis riwayat Imam Malik, berikut ini doa saat turun hujan yang pernah dibaca oleh Rasulullah SAW:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: "Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

Penulis: Edelweis Lararenjana

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya