9 Manfaat Buah Mengkudu yang Bisa Obati Berbagai Jenis Penyakit

Oleh Ahmad Muzaki pada 29 Sep 2022, 20:44 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 20:44 WIB
Mengkudu (Sumber: Pixabay)
Mengkudu (Sumber: Pixabay)

Otosia.com, Jakarta Buah mengkudu dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit. Karena itulah manfaat buah mengkudu dan cara menggunakannya sangatlah penting diketahui setiap orang.

Mengkudu atau Morinda Citrifolia merupakan buah berwarna hijau yang banyak ditemukan di daerah Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini memang sudah sejak lama populer dijadikan sebagai obat herbal.

Meski memiliki rasa sangat pahit, buah mengkudu sudah dikenal sejak lama memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan buah ini kaya akan kandungan antioksidan seperti flavonoid dan saponin, serta berbagai zat yang bersifat antiradang juga antibakteri.

Selain dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit, buah mengkudu juga disebut dapat melembapkan kulit dan menyamarkan kerutan halus di wajah. Anda bisa mencoba sendiri mengolah buah mengkudu di rumah untuk mendapatkan manfaatnya. Lalu, apa saja manfaat buah mengkudu? Simak ulasannya dilansir dari Healthline dan berbagai sumber, Kamis (29/9/2022):

Video Terpopuler saat Ini

1. Kaya Antioksidan

Buah mengkudu disebut sangat baik untuk atasi berbagai masalah kesehatan salah satunya karena kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Tubuh membutuhkan keseimbangan antioksidan dan radikal bebas sehat untuk menjaga kesehatan yang optimal. Antioksidan utama dalam mengkudu termasuk beta karoten, iridoid, dan vitamin C dan E.

Secara khusus, iridoid menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat dalam studi tabung reaksi. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet kaya antioksidan dapat menurunkan risiko kondisi kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

2. Kurangi Kerusakan Sel Akibat Asap Tembakau atau Rokok

Manfaat buah mengkudu selajutnya ialah membantu mengurangi kerusakan sel yang diakibatkan oleh asap tembakau. Paparan asap tembakau menghasilkan radikal bebas berbahaya. Jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan stres oksidatif.

Stres oksidatif dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif. Asap tembakau juga diketahui menyebabkan kanker. Bahan kimia tertentu dari asap tembakau dapat mengikat sel-sel di tubuh dan menyebabkan pertumbuhan tumor.

Jus atau air rebusan buah mengkudu dapat mengurangi kadar bahan kimia penyebab kanker ini. Namun, hal itu bukan berarti mengkudu meniadakan semua efek negatif merokok bagi kesehatan.

3. Tingkatkan Kesehatan Otak

Mengkudu juga disebut memiliki efek terapeutik pada neurodegenerasi. Mengonsumsi buah mengkudu dalam bentuk jus atau direbus dipercaya dapat mencegah sel-sel otak mati dengan mendukung kesehatan mitokondria. Selain itu, kandungan antioksidan pada mengkudu memiliki khasiat melawan stres oksidatif, yang dapat membahayakan neuron.

Mengonsumsi air rebusan atau jus buah mengkudu juga disebut bisa membantu memerangi masalah terkait lainnya seperti stre, kecemasan, dan dapat membantu dalam pengobatan depresi.

4. Jaga Kesehatan Jantung

Mengkudu memiliki khasiat mendukung kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Sebab, memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, seperti peradangan kronis.

5. Antimikroba

Mengkudu memiliki kandungan kopoletin dan anthraquinon yang berfungsi untuk memperlancar peredaran darah dan sebagai antijamur. Kandungan ini berguna untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan mikroorganisme. Hal inilah menjadi alasan yang membuat mengkudu dapat berkhasiat sebagai antibakteri, antialergi dan antiradang.

6. Atasi Demam

Siapa sangka jika mengkudu ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat herbal untuk mengatasi demam. Kandungan antivirus dalam buah mengkudu dapat membantu menyembuhkan demam, nyeri, hingga batuk.

7. Tigngkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengkudu memiliki kandungan vitamin A, protein, kalsium, dan zat besi yang sangat kaya. Mengonsumsi ekstrak mengkudu dapat memberikan efek stimulasi pada pencernaan. Jika Anda memiliki masalah pencernaan atau kesulitan Buang Air Besar (BAB), cobalah untuk mengonsumsi air rebusan mengkudu secara rutin.

8. Meredakan Nyeri

Mengkudu memiliki manfaat yang baik bagi penderita radang sendi atau arthritis. Mengonsumsi mengkudu bisa mengurangi rasa nyeri pada sendi secara efektif. Sudah sejak lama, mengkudu dipercaya sebagai tanaman herbal yang memiliki efek penghilang rasa sakit akibat radang sendi.

9. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat buah mengkudu selanjutnya untuk kesehatan ialah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti beberapa buah lainnya, buah mengkudu juga kaya akan vitamin C. Vitamin C mendukung sistem kekebalan dengan cara melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas dan racun lingkungan.

Banyak antioksidan lain yang terdapat dalam jus mengkudu seperti beta karoten, yang dapat meningkatkan kesehatan kekebalan juga. Satu studi kecil selama 8 minggu menemukan bahwa orang sehat yang minum 11 ons (330 ml) air mengkudu setiap harimengalami peningkatan aktivitas sel kekebalan dan menurunkan tingkat stres oksidatif.

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Cara mendapatkan manfaatnya pun mudah, buah mengkudu bisa diolah sesuai selera masing-masing. Hanya saja karena memiliki rasa pahit, mengkudu bisa dikombinasikan dengan buah atau bahan lainnya.

Jus Mengkudu

Bahan:- 1 buah mengkudu yang sudah matang- 1 buah apel- 2 sendok makan madu murni- 1 gelas es batu- Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Kupas dahulu buah mengkudu yang sudah matang, kemudian kupas juga buah apel yang sudah disiapkan dan potong kecil agar bisa dihaluskan.

2. Masukkan secara bersamaan mengkudu dan apel ke dalam blender.

3. Bisa menambahkan es batu dan air secukupnya.

4. Pastikan jus ini sudah dihaluskan sampai benar-benar lembut dan saring ampasnya dan ambil airnya saja.

5. Jika sudah, bisa menambahkan madu agar rasanya lebih manis dan nikmat.

Penulis: Khulafa Pinta Winastya

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya