50 Ucapan Buat Orang Meninggal, Penuh Doa Baik dan Tenangkan Hati

Oleh Ahmad Muzaki pada 29 Sep 2022, 11:29 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 11:33 WIB
Ilustrasi Duka Cita (istockphoto.com). Liputan6 ©2021 Merdeka.com
Ilustrasi Duka Cita (istockphoto.com). Liputan6 ©2021 Merdeka.com

Otosia.com, Jakarta Meninggalnya seseorang adalah duka bagi orang lain. Karena itulah ucapan buat orang meninggal cukup penting sebagai salah satu bentuk ungkapan duka cita yang ditujukan ke kelurganya.

Ungkapan ini biasanya datang dari orang terdekat atau orang yang mengenal almarhum. Tujuannya untuk menghargai dan mendoakan almarhum. Selain itu, ucapan buat orang meninggal juga bertujuan untuk menguatkan keluarga yang ditinggalkan.

Ucapan duka cita dan doa tentu memiliki beragam makna dan arti. Semua orang yang ditinggal oleh orang terkasih pasti akan mengalami duka cita yang mendalam. Apabila kita ingin ikut merasakan simpati atas tragedi tersebut, maka salah satu yang bisa kita lakukan adalah memberikan ucapan buat orang meninggal.

Nah, berikut ini ucapan buat orang meninggal yang penuh doa baik dan tenangkan hati yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis (29/9/2022).

Video Terpopuler saat Ini

Ucapan buat Orang Meninggal Islami

1. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Turut berduka cita atas meninggalnya (nama orang yang meninggal). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

2. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan kembali. Bersabarlah.

3. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Semoga Allah menerima amal ibadah dan mengampuni segala dosa almarhum (nama).

4. Allah SWT memiliki hak untuk mengambil sesuatu dari hamba-Nya karena segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan.

5. Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Saya turut berduka cita atas meninggal (nama almarhum). Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan keikhlasan.

6. Allahummaghfirlahu warhamhu wa'aafihi wa'fu'anhu (Jika yang meninggal pria). Wahai Allah, ampunilah dia, kasianilah dia, sejahterakanlah dia dan ampunilah segala dosa dan kesalahannya.

7. Semoga kamu diberikan kekuatan menghadapi ujian ini. Ingatlah bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita.

8. Allahummaghfirlaha warhamha wa'aafihi wa'fu'anha (jika yang meninggal wanita). Tetaplah kuat atas kepergiannya.

9. Innalillahi Wainnailaihi Rojiun. Turut berduka cita yang mendalam untuk beliau, semoga surga Allah SWT ditetapkan untuk beliau. Aamin

10. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Semoga Allah Yang Maha Kuasa memperluas kuburannya dan memberinya kedamaian abadi.

11. Semoga Allah mengampuni dosa almarhum.

12. Bersabarlah. Allah selalu penyayang terhadap orang yang beriman padanya.

13. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Aku sangat menyesal atas kehilangan yang kamu alami.

14. Semoga Allah menyelamatkan dia dari siksaan kubur dan mengurangi semua dosanya. Semoga Allah memberinya Jannat-ul-Firdaus, Amin.

15. Aku turut berduka cita atas meninggalnya (sebut nama) dia orang baik, dan semoga dikumpulkan dengan orang baik di surganya Allah.

Ucapan buat Orang Meninggal Penuh Makna

16. Sebuah kesedihan yang sedang kita rasakan merupakan sebuah tanda bahwa kita sangat mencintainya. Aku turut berduka cita.

17. Jangan risau, kini dia sudah tenang dan damai bersama Sang Pencipta. Perpisahan ini hanya sementara, kita akan bertemu kembali dengannya di surga Allah kelak.

18. Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. 19. Dia(sebut nama) sudah masuk surga dan tenang di sana.

20. Ingatlah bahwa semua ini Semoga cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat.

21. Percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu. Saya turut berduka cita.

22. Percayalah semua cobaan yang Allah beri mengandung sebuah hikmah kehidupan. Aku turut berduka cita.

23. Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Segala sesuatu yang ada di dunia ini dibatasi oleh ajal.

24. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakanlah agar dapat dipertemukan kembali di surga kelak.

25. Aku mengerti perasaanmu. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.

26. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya dari lubuk hati saya. Allah telah mengambil apa yang menjadi milik-Nya.

27. Jika ada yang bisa saya lakukan, jangan ragu untuk memberi tahu saya. Belasungkawa saya sedalam mungkin untukmu

28. Semoga Allah Swt. mengampuni segala dosanya dan memberikan Jannatul Firdaus. Amin.

29. Saya tidak bisa memikirkan apa pun yang akan menenangkanmu. Tapi, saya tahu Allah ada di sini untukmu.

30. Allah selalu ada di sini untuk orang-orang tersayang. Biarlah Allah Yang Mahakuasa merawat jiwa yang telah meninggal dan selalu mendoakan orang yang kamu sayangi

Ucapan Doa buat Orang Meninggal

31. Semoga Allah memberikan kubur yang lapang dan mengampuni dosa-dosa yang pernah dibuat selama hidup almarhum.

32. Aku mengerti perasaanmu. Kegundahanmu tidak akan menyelesaikan masalah. Sekarang, mari kita berdoa supaya Tuhan mengampuni dosa-dosa almarhum.

33. Kehilangan orang terkasih adalah sebuah pukulan. Aku yakin kamu bisa menghadapinya. Jangan pernah menyerah. Aku berdoa untuk kebaikanmu dan almarhum.

34. Almarhum adalah orang baik. Allah pasti mengampuni dosa-dosanya. Aku mendoakannya supaya bisa masuk surga.

35. Surga Allah sangat luas, aku yakin dia (sebut nama) menjadi salah satu penghuninya. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya.

36. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang istimewa di sisi Allah. Aku bisa merasakan perasaanmu.

37. Setiap yang mempunyai nyawa, pasti akan kembali kepada Allah. Semoga kepergian almarhum bisa menjadi pelajaran yang baik bagi kamu dan orang lain.

38. Allah lebih mengetahui jalan terbaik yang harus ditempuh oleh almarhum. Ini adalah jalan yang seharusnya ditempuh oleh almarhum. Ikhlaskan dia bertemu dengan Tuhannya.

39. Allah pasti memanggil orang yang Dia sayang lebih cepat. Jika kamu sayang almarhum, Allah lebih sayang dia. Jadi, ikhlaskan almarhum menjumpai sang penciptanya. Jangan tangisi.

40. Aku tahu, kamu pasti bersedih, akan tetapi dia sudah bahagia di sana. Semoga kamu bisa menerima kepergian dia.

 

Ucapan Doa buat Orang Meninggal

41. Kepiluan yang kau rasakan saat ini adalah kesedihan yang amat dalam bagiku, semoga dia tenang di alam sana.

42. Turut berdukacita atas berpulangnya almarhum ke Rahmatullah, semoga segala apa yang ia tinggalkan di dunia, dan yang ia bawa ke akhirat, bisa memberi pertolongan untuknya.

43. Tak sadar, air mataku mengalir deras melihat kau meratapi nasib yang tengah menimpamu. Ikhlaskan lah semuanya, sudahi ratapanmu dan mari gandeng tanganku.

44. Kita semua memang tak menyangka bahwa dia akan pergi secepat ini, semoga kau bisa menjadi tegar.

45. Kematian adalah rahasia Tuhan. Ikhlaskan dia menghadap Tuhannya. Dia akan bahagia. Semoga kamu juga bisa berbahagia atas bahagianya.

46. "Semoga Allah Swt. memberinya puncak tertinggi Jannah dan mengampuni dosa-dosanya. Belasungkawa tulus saya."

47. "Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun. Semoga Allah memberikan Jannatul Firdaus dan mengampuni dosa-dosanya."

48. "Semoga Allah, Rahmanir Rahim memperluas kuburnya dan meneranginya dengan berkah-Nya. Dia orang yang baik. Allah akan menempatkannya di Jannatul Firdaus."

49. "Kullu Nafsin Zaa'ikatul Maut, Allahu akbar, turut berdukacita yang sedalam-dalamnya dari lubuk hati yang paling dalam. Kita semua milik Allah. Allah telah mengambil apa yang dimilikinya. Jangan larut dalam kesedihan."

50. "Selalu Allah yang menjagamu dan Dia yang mengambilnya. Kamu tidak dapat menentang takdir yang telah Dia siapkan untukmu. Berharap yang terbaik. Cobalah untuk percaya kepada-Nya."

Penulis: Muhammad Farih Fanani

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya