7 Manfaat Buah Hala untuk Kesehatan, Bisa Sehatkan Jantung hingga Kontrol Berat Badan

Oleh Ahmad Muzaki pada 26 Sep 2022, 16:46 WIB
Diperbarui 26 Sep 2022, 16:46 WIB
ilustrasi buah hala. freshplaza.com
ilustrasi buah hala. freshplaza.com

Otosia.com, Jakarta Buah hala atau Pandanus tectorius merupakan tanaman Pandanaceae yang tergolong keluarga Pinus sekrup. Buah ini biasanya tumbuh di daerah maritim tropis, sub-tropis, dan hangat.

Diketahui bahwa tanaman ini berasal dari Asia Selatan (India selatan, Sri Lanka), Asia Tenggara (Myanmar, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina), ke timur melalui Papua Nugini dan Australia utara tropis dan meluas ke seluruh kepulauan Pasifik, termasuk Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia.

Buah ini juga dikenal sebagai buah pandan laut. Bentuknya seperti nanas, dan daging buahnya padat berbentuk ruas. Ada sekitar 1 – 15 karpel per ruas yang terbentuk begitu unik dalam baris paralel. Saat matang, buah ini akan berwarna kuning pucat, kuning tua, oranye, hingga merah.

Sama seperti buah lainnya, buah hala juga memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, antara lain seperti vitamin C, serat, flavonoid, dan berbagai mineral. Manfaat buah hala pun juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini beberapa manfaat buah hala bagi kesehatan yang berhasil dirangkum dari laman healthbenefitstimes.com pada Senin (26/9/2022).

Video Terpopuler saat Ini

Kesehatan Jantung

Manfaat buah hala yang pertama adalah untuk kesehatan jantung. Mengonsumsi buah hala yang kaya serat dinilai baik untuk jantung. Buah ini akan menjadi alternatif yang sehat untuk jantung, dan juga, dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah. Dengan meningkatkan sirkulasi, dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Ada banyak bukti bahwa menambahkan serat ke dalam makanan dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta sejumlah penyakit lainnya. Tinjauan sistematis tentang hubungan antara penyakit kardiovaskular dan asupan serat yang diterbitkan pada tahun 2013 menegaskan bahwa ada hubungan yang signifikan. Mereka menyimpulkan bahwa asupan serat buah memang mengurangi risiko penyakit jantung.

Tingkatkan Energi Pada Tubuh

Manfaat buah hala yang kedua untuk meningkatkan energi. Buah hala akan memberi Anda nutrisi berkualitas yang dapat meningkatkan energi dan mencegah tubuh dan pikiran menjadi lelah. Dengan buah-buahan kaya vitamin seperti hala, dapat mendorong tambahan energi sehingga tubuh tidak mudah merasa lesu.

Jika tingkat energi Anda rendah, cobalah segelas hala dan jus kelapa di pagi hari. Ini akan memberi Anda dorongan energi yang besar dan tahan lama.

Kesehatan Pencernaan

Manfaat buah hala yang ketiga untuk kesehatan pencernaan. Seperti banyak jenis buah, hala adalah sumber serat makanan yang baik. Penelitian menetapkan bahwa lebih banyak serat dapat meningkatkan kesehatan kita dalam berbagai cara.

Serat dapat membantu mengobati dan mencegah berbagai masalah pencernaan umum seperti sembelit, kembung, perut kembung dan bahkan diare. Penelitian juga menunjukkan bahwa menambahkan banyak serat ke dalam diet Anda dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti kanker.

Kram Menstruasi

Manfaat buah hala yang keempat yakni untuk atasi kram menstruasi. Dalam penggunaan tradisional, mengonsumsi buah hala dapat membantu wanita melawan rasa sakit bulanan yang mereka alami sebagai akibat dari siklus menstruasi. Meskipun tidak sekuat penelitian ilmiah, bukti anekdotal sering kali dapat diandalkan dan banyak penelitian kemudian mendukung apa yang telah diketahui penduduk setempat.

Mengontrol Berat Badan

Manfaat buah hala yang kelima untuk bantu kontrol berat badan. Makan buah-buahan kaya serat seperti hala dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, yang berarti sistem pencernaan Anda akan bekerja lebih efektif. Ini juga dapat membantu memuaskan nafsu makan Anda serta membantu Anda merasa lebih kenyang sepanjang hari.

Dengan rasa lapar yang berkurang, Anda juga dapat mencegah untuk mengemil junk food dan akan mengonsumsi lebih sedikit kalori. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan secara bertahap.

Meredakan Sakit Kepala

Manfaat buah hala yang berikutnya untuk membantu meredakan sakit kepala. Menurut penggunaan tradisional dan pengetahuan lokal, buah hala dipercaya dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain yang menyakitkan.

Meningkatkan Libido

Manfaat terakhir untuk membantu meningkatkan libido. Menurut penduduk setempat yang telah mengonsumsinya dalam jangka waktu yang lama, buah hala dipercaya memiliki sifat afrodisiak. Diklaim dapat meningkatkan kehidupan seks bersama suami atau istri Anda.

Penulis: Andre Kurniawan

Sumber: Merdeka.com

https://www.newshub.id/interactive2/3791

 

Lanjutkan Membaca ↓
Berita Terkini Selengkapnya