ADVERTORIAL

Kiat Penting Sebelum Membeli Mobil LCGC

Biar nggak salah pilih mobil, yuk perhatikan beberapa tips ini sebelum memutuskan untuk membelinya.

Rabu, 14 Desember 2016 09:25
© shutterstock
Editor : Dwi Ariyani

Otosia.com -

Selama ini, mobil baru identik dengan harga yang sangat mahal, apalagi untuk kalangan masyarakat menengah. Tapi kini ada LCGC alias Low Cost Green Car, yang lebih terjangkau, berkat keringanan pajak dari pemerintah. Ada beberapa pilihan yang ditawarkan, mulai dari Honda Brio, si kembar Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, Datsun Go, serta Suzuki Karimun Wagon R.

Biar nggak salah pilih mobil, yuk perhatikan beberapa tips ini sebelum memutuskan untuk membelinya.


Desain Body yang Optimal

Tampilan luar mobil LCGC wajib disesuaikan dengan selera pribadimu. Buat penyuka mobil sporty, Honda Brio adalah juaranya, karena mirip hatchback Honda Jazz, dengan kesan sporty yang kuat khas mobil Honda. Begitu juga dengan Datsun Go, yang juga menganut desain seperti hatchback. Berbeda dengan Agya dan Ayla yang seperti kebanyakan city car, namun tetap terlihat ergonomis. Sedangkan Karimun Wagon R memiliki tampilan lebih kotak ala kei car Jepang yang sangat minimalis.


Luas Kabin

Setelah melihat tampilan luarnya, tengok ruang kabinnya dan pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Di antara semua LCGC, Karimun Wagon R punya kabin paling luas baik di depan maupun dibelakang, tapi volume bagasinya sangat kecil. Jika mencari ukuran yang proporsional, Agya, Ayla, dan Brio punya ruang kabin dan bagasi yang cukup untuk dipakai sehari-hari.


Performa Mesin

Si kembar Agya dan Ayla memiliki spesifikasi mesin yang sama, yaitu mesin 998 cc 3 silinder dengan power 65 PS dan torsi 85 Nm pada 3.600 rpm. Karimun Wagon R pun juga berkapasitas mesin sama, tapi dengan 68 PS pada 6.200 rpm dan torsi 90 Nm pada 3.500 rpm. Handling mobil produksi Suzuki ini pun sedikit lebih baik dibandingkan Agya maupun Ayla.

Honda Brio dan Datsun GO sama-sama memiliki mesin berkapasitas 1198 cc, namun Datsun GO memiliki 3 silinder dengan power 68 PS pada 5.000 rpm dan torsi 104 Nm pada 4000 rpm. Sedangkan Honda Brio punya 4 silinder dengan power 90 PS pada 6000 rpm dengan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm, yang memberikan tenaga paling besar dan handling terbaik di antara LCGC yang lain.


Fitur

Honda Brio dan Toyota Agya menjadi LCGC dengan fitur paling lengkap, seperti spion otomatis, power window di keempat sisi, serta dilengkapi 2 buah airbags. Namun Honda Brio sedikit lebih unggul berkat adanya rem ABS plus EBD serta headunit touchscreen dengan konektivitas USB dan Ipod/Iphone. Tidak heran, kelengkapan fiturnya membuat semakin banyak masyarakat yang memilih paket kredit Honda Brio murah.


Harga

Melihat spesifikasi mesin dan fitur-fiturnya, nggak salah jika Honda Brio merupakan LCGC  termahal, mulai Rp. 130 Juta hingga Honda Brio RS, seharga Rp. 175 Juta. Buat yang punya bujet di bawah nilai tersebut, manfaatkan kredit Toyota Agya dengan cicilan murah, yang membuat mobil Toyota ini cukup terjangkau, dari Rp. 112 Juta hingga 135 Juta untuk tipe TRD Sportivo transmisi automatic.

Varian LCGC termurah dipegang oleh Daihatsu ALya dengan tipe D seharga Rp 87 juta, disusul Suzuki Karimun Wagon R seharga Rp. 102 Juta untuk tipe GA, dan Datsun GO yang hanya bertransmisi manual dari Rp. 105 hingga Rp. 110 Juta.

Manakah yang jadi pilihanmu?



(adv/aik)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami