Zarco ogah bandingkan diri dengan Vinales-Rossi

Memakai motor YZR-M1 2017 di MotoGP tahun ini, Johann Zarco jelas bisa mengakses data Maverick Vinales dan Valentino Rossi tahun lalu, namun rider Tech 3 ini justru ogah melakukannya.

Rabu, 24 Januari 2018 15:00
Johann Zarco (c) AFP
Editor :

Otosia.com - Rider Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco dipastikan akan mengendarai motor YZR-M1 versi 2017 di MotoGP musim ini, dan motor itulah yang dipakai duet Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi tahun lalu. Rider Prancis ini pun akan mendapat akses membaca semua data Vinales dan Rossi, baik dari tahun lalu maupun tahun ini.

Meski begitu, Zarco menyatakan bahwa sejak tahun lalu, ia bahkan sangat jarang membaca data-data dari tim pabrikan Yamaha. Data-data itu hanya dipelajari oleh timnya, dan ia anggap tak terlalu berpengaruh bagi performanya sendiri. Menurut juara dunia Moto2 2015-2016 ini, akan lebih baik bila fokus mengembangkan diri sendiri.

"Tentu saya bisa pakai data Vale dan Mack, tapi komparasi ini lebih berdampak pada tim. Saya sendiri tak terlalu sering membacanya agar saya tetap fokus. Fokus saya hanya feeling pada motor. Saya tak mau terlalu membandingkan karena saya lebih suka cara saya sendiri. Saya jadi tahu apa yang harus saya perbaiki. Kadang tambahan informasi malah bikin bingung," tuturnya kepada Speedweek.

Di lain sisi, pembalap berusia 27 tahun ini juga tak memungkiri bahwa Vinales dan Rossi merupakan patokannya saat menjalani beberapa balapan pertama tahun lalu, mengingat ia harus menggali pengalaman sebanyak mungkin.

"Awalnya saya mempelajari Vale dan Mack di lintasan. Saya melakukannya hanya untuk memahami beberapa hal. Tapi usai beberapa balapan, saya tak lagi melakukan perbandingan. Jadi saya tak sungguh-sungguh tahu apa yang membedakan kami semua," pungkas Zarco. (sw/kny)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami