Seharusnya yang Dibatasi di Jakarta itu Motor atau Mobil?

Pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan memberlakukan pembatasan pengguna sepeda motor untuk tidak melintasi beberapa titik ruas jalan. Namun sebenarnya yang butuh dibatasi itu pengguna motor atau mobil?

Kamis, 24 Agustus 2017 08:15
Seharusnya yang Dibatasi di Jakarta itu Motor atau Mobil? Ilustrasi Kemacetan Jakarta (Foto: Istimewa)

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam mengatasi kemacetan di sejumlah ruas jalan di Jakarta, berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah setempat. Kabar terbarunya, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta akan memberlakukan pembatasan pengguna sepeda motor untuk tidak melintasi beberapa titik ruas jalan.

Untuk uji cobanya sendiri akan dilakukan di kawasan Jalan Sudirman dan Rasuna Said, Jakarta, digelar pada tanggal 12 September - 10 Oktober mendatang dan untuk waktunya mulai dari pukul 06.00 WIB sampai 23.00 WIB.

Terkait hal tersebut, pihak pemerintah bersama Kepolisian setempat sendiri sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang dimulai tanggal 21 Agustus sampai 11 September 2017.

Seperti yang dilansir Brilio, dikutip 24/08, Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Halim Pagarra mengatakan, polisi bersama pemerintah DKI Jakarta telah menyosialisasikan pembatasan penggunaan sepeda motor di beberapa ruas jalan di Jakarta.

Selain itu, menurutnya aturan tersebut juga sudah sesuai dengan Pasal 133 ayat 2-c Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di kawasan tertentu dan waktu tertentu.

Dari sejumlah informasi, pembatasan sepeda motor tersebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan di ruas jalan Jalan Sudirman dan Rasuna Said. Kemudian para pengguna sepeda motor yang biasanya melewati jalur tersebut diharapkan untuk menggunakan angkutan umum.

1 dari 1 Halaman

Pendapat Pengguna Motor

Pendapat Pengguna Motor

Namun bagaimana pun juga kebijakan tersebut tidak lepas dari protes para pengguna jalan yang memakai sepeda motor. Bagi mereka Kebijakan tersebut dianggap tidak berpihak pada 'wong cilik' atau orang kecil.

Penolakan tersebut lantaran pembatasan pada pengguna motor akan semakin mempersulit pengguna motor dalam beraktifitas. Selain itu, yang menjadi penyebab kemacetan di Jakarta bukannya pengguna motor tapi karena banyaknya pengguna mobil.

Menurut netizen ada juga yang berpendapat bagaimana jika pada uji coba juga dilakukan untuk pembatasan mobil. Sebab baginya mobil memiliki dimensi yang lebih lebih luas dibandingkan motor.

"Sebetulnya yang bikin macet itu sepeda motor atau mobil yang dimensinya jauh lebih besar?" tulis salah satu warganet yang mengomentari kebijakan tersebut.

Nah sekarang bagaimana menurut Otolovers terkait pembatasan sepeda motor tersebut? Sebaiknya, demi kelancaran lalu lintas, yang harus dibatasi itu motor atau mobil?.

(kpl/rd)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami