Yang Sabar, Toyota Innova Tak Terdampak Pajak 0 Persen

Ada 1 syarat yang tak dipenuhi Toyota Innova.

Senin, 15 Februari 2021 20:45
Yang Sabar, Toyota Innova Tak Terdampak Pajak 0 Persen Toyota Innova (Toyota)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Mulai Maret 2021, pemerintah akan memberlakukan kebijakan relaksasi pajak atau Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen untuk mobil baru. Segmen MPV pun turut termasuk dalam program ini.

Sayangnya, Toyota Innova tidak terdampak program pajak 0 persen. Pasalnya, ada 1 syarat yang tak bisa dipenuhi oleh penguasa kelas medium MPV di Indonesia tersebut.

1 dari 2 Halaman

Sebelumnya, Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, sempat menyebut bahwa ada 3 syarat agar suatu mobil dapat menikmati kebijakan pajak 0 persen ini. Pertama ialah CKD (completely knock down) atau dirakit di Indonesia. Selain itu, komponen lokalnya lebih dari 70 persen, serta kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc.

Satu-satunya syarat yang tidak dipenuhi oleh Toyota Innova ialah kubikasi mesinnya, sebesar 2.000 cc untuk varian bensin dan diesel 2.400 cc. Jelas, kapasitas keduanya jauh lebih tinggi dari batas yang ditentukan.

2 dari 2 Halaman

Meski demikian, Toyota Innova sudah dirakit secara oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat, bahkan sejak generasi pertamanya yang meluncur pada 2004 silam. Kandungan lokal mobil ini pun sudah di atas 80%.

Sekadar informasi, Toyota Innova bermesin bensin saat ini dipasarkan dengan harga Rp339,6-414 juta. Sedangkan varian diesel dibanderol mulai Rp370,7 juta sampai Rp442,9 juta untuk tipe tertingginya (OTR Jakarta).

(kpl/crn)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami