Yamaha Scorpio 225 Cafe Racer, Hasil Setelah Liburan

Yamaha Scorpio 225 dimodifikasi dengan gaya cafe racer, karena sang pemilik setelah liburan ke Eropa kepincut dengan model tersebut.

Jum'at, 24 Maret 2017 21:15
Yamaha Scorpio 225 Cafe Racer, Hasil Setelah Liburan Foto: Diwa Creative Studio

Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Inspirasi untuk mengubah tampilan motor memang bisa datang dari mana saja, tak hanya dengan melihat sejumlah kontes modifikasi motor ataupun melihat sejumlah situs motor-motor custom. Kadang dalam perjalan bersenang-senang pun bisa menemukan hal baru untuk diwujudkan pada motor.

Seperti Andry Firmansyah pemiliki Yamaha Scorpio 225 lansiran tahun 2007. Ia ingin mengubah motornya tampil layaknya motor yang dilihat saat liburan di Eropa.

"Usai berlibur ke Eropa, Andry kepincut pada gaya cafe racer seperti yang ada di Eropa," awal cerita dari Wahyu Hidayat, pemilik Diwa Creative Studio.

image

Untuk mewujudkan tunggangan yang diinginkan, pengusaha muda sekaligus pemilik motor yang dijuluki Kalajengking tersebut mengusungnya ke tempat Diwa Creative Studio.

"Setelah berlibur, Ia membawa motornya untuk diubah jadi seperti motor yang dilihatnya saat berlibur di benua biru tersebut," lanjut pemilik bengkel yang beralamat di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, tepatnya di jalan Pekapuran Raya No 80 atau depan bank BRI.

Kemudian bagaimana proses ubahannya?

1 dari 2 Halaman

Tahap-Tahap Ubahan

Tahap-Tahap Ubahan

Bagi Wahyu, untuk mengubah tampilan Yamaha Scorpio dari gaya naked menjadi cafe racer bukan hal yang sulit. Karena sudah cukup banyak motor yang mereka ubah jadi motor bergaya retro.

Dalam proses modifikasinya, "Ubahannya tidak ekstrim hanya membuat datar sasis bagian tengah hingga belakang dan membuat rol pada ujung sasis dan mengubah penampilan tangki menjadi tangki khas café racer," lanjut cerita Wahyu dalam mengerjakan motor jadi motor cafe racer.

Secara bahan, "Body dan tangki dibuat dari plat galvanis 0,9 mm yang dibuat sedemikian rupa hingga manis terlihat di tubuh Yamaha Scorpio ini," lanjut pemilik motor 0815 96 44 338.

Bagian joknya juga terlihat dibuat model café racer. Namun pada ujung joknya yang pada umumnya bergaya ekor lebah sengaja dibuat tidak menggunakan plat dengan alasan bila suatu ketika dipakai berboncengan masih tetap nyaman.

Rampung dengan frame dan body, proses ubahan dilanjutkan ke sektor kaki-kaki. "Peredam kejut depan mengandalkan shock Yamaha Byson yang sengaja dibuat lebar pada sektor segitiga sehingga muat untuk di jejali ban Swallow sb 117 ukuran 120 untuk depan dan 130 untuk belakang. Velgnya digantikan dengan velg alumunium 350 untuk belakang dan 250 untuk depan," lanjutnya.

Untuk mendukung tampilan menarik, "Mesin dipoles sehingga warna dasar metal bisa terlihat secara natural. Dan saluran gas buangnya dibuat dari stainless steel sehingga dapat menciptakan suara yang empuk bila didengar," tambah Wahyu.

Untuk pewarnaan, warna hitam terlihat dikombinasi dengan grafis strip yang simpel namun elegan. Kemudian sejumlah aksesoris dan kelengkapan lampu di belakang juga sengaja dibuat turun ke bawah mengacu pada trend Eropa.

Dalam semua proses ubahan, waktunya pun diklaim tidak lama, menurut Wahyu hanya butuh waktu 1,5 bulan saja.

2 dari 2 Halaman

Spesifikasi Singkatnya

Spesifikasi Singkatnya

Hasilnya sekarang, Yamaha Scorpio cafe racer tampak lebih menggoda setelah mendapat sentuhan tangan kreatif Diwa Creative Studio. Rumah modifikasi motor tersebut mengubahnya sedemikian rupa. Untuk ringkasnya bisa dilihat pada spesifikasinya, berikut:

Mesin Scorpio 225

Ban Corsa 17 130 dan Corsa 160/70-17 Swallow sb 117 130 dan 120 /17

Velg alumunium Rossi 350 dan 250

Shock depan Yamha Byson custom

Speedo meter after market Gorilla

Stang Ride It

Body custom Galvanis 1,1 mm

Tangki custom

Cat Sikkens

(kpl/rd)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami