Yamaha Rela Belanja Miliaran Rupiah untuk Lexi

Yang menarik, meski tidak ambil bagian pada IIMS lalu, Yamaha justru getol menggenjot belanja iklan untuk produk skutiknya. Bahkan menjadi yang paling royal belanja iklan, melebihi Honda.

Rabu, 15 Mei 2019 19:15
Yamaha Lexi (Otosia.com/Nazarudin Ray)
Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Belanja iklan televisi pada sektor otomotif baik mobil dan motor selama periode IIMS berlangsung beberapa waktu lalu tercatat mencapai Rp 49,14 miliar atau turun sebesar 37,30% dari belanja iklan pada periode IIMS 2018 yang mencapai Rp 78,70 miliar.

Penurunan ini ditengarai faktor berhati-hatinya para pelaku industri otomotif dalam berbelanja iklan terkait penyesuaian strategi penjualan produk dan penantian terhadap hasil perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu 2019).

Yang menarik, meski tidak ambil bagian pada IIMS lalu, Yamaha justru getol menggenjot belanja iklan untuk produk skutiknya. Bahkan menjadi yang paling royal belanja iklan, melebihi Honda.

Menurut hasil monitoring Adstensity PT SIGI Kaca Pariwara, untuk kategori brand dengan dana belanja iklan tv terbesar pada IIMS 2019, di kategori roda dua, Yamaha NMax 155 menjadi yang terbesar dengan nilai Rp 7,16 miliar dengan total 175 iklan.

Posisi kedua, rupanya juga diikuti skutik Yamaha yang lain Sedangkan peringkat ketiga adalah Yamaha Lexi dengan total belanja iklan Rp5,76 miliar.

Jika dilihat dari jumlah (kuantitas) iklan otomotif, selama periode IIMS 2019 terdapat 1.574 iklan atau turun 41,66% dari total iklan pada IIMS 2018 yang tercatat sebanyak 2.698 iklan.

"Untuk brand sepeda motor yang paling banyak beriklan di televisi pada periode acara IIMS 2019, Yamaha Lexi merupakan yang tersering muncul dengan 175 iklan. Selanjutnya, Yamaha NMax dengan 126 iklan,” kata E. Marcel Darmanto, Project Manager PT SIGI Kaca Pariwara.

Hasil monitoring Adstensity menunjukkan bahwa pada periode IIMS 2019 total belanja iklan seluruh industri otomotif di 13 stasiun TV nasional mencapai Rp 63,52 miliar yang terbagi dalam 6 sub-industri.

Sub-industri yang paling mendominasi adalah mobil dengan total belanja iklan TV mencapai Rp 26,38 miliar. Posisi kedua yaitu sepeda motor sebesar Rp 22,95 miliar.

PT SIGI Kaca Pariwara mencatat bahwa Yamaha Indonesia Motor Manufacturing merupakan pabrikan yang paling banyak berbelanja iklan TV dengan total Rp14,23 miliar, kemudian Astra Honda Motor dengan belanja iklan TV Rp4,55 miliar. Di posisi ketiga adalah Suzuki Indomobil Motor dengan total belanja iklan TV Rp 4,18 miliar.

SUDAH BACA INI BELUM?

 

 

 

(kpl/nzr/ahm)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami