Yamaha Rancang Motor Naked dengan Turbocharger Pertama di Dunia

Yamaha saat ini tengah mengembangkan motor dengan turbocharger. Menariknya, basis yang digunakan Yamaha adalah motor naked Yamaha MT-09

Kamis, 04 April 2019 14:15
Yamaha MT-09 (Topspeed.com)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Selama beberapa tahun belakangan dunia sepeda motor diramaikan dengan penggunaan teknologi supercharger dan turbocharger untuk meningkatkan performa sekaligus menekan emisi gas buang.

Namun, satu-satunya motor yang sudah menerapkannya masih Kawasaki Ninja H2. Padahal, Suzuki juga merencanakan Suzuki Recursion, sebuah sportbike modern retro dengan mesin turbocharger sejak 2013 silam.

Tak mau ketinggalan, mengutip dari Bennetts.co.uk, Yamaha kabarnya juga tengah merancang motor dengan turbocharger. Hanya saja, model yang digunakan bukan sportbike full-fairing, melainkan naked-bike.

Berdasarkan bocoran rancangannya, turbocharger ini akan disematkan pada Yamaha MT-09. Mesin 3-silinder 847 cc pada motor tersebut nantinya diganti 2-silinder turbocharger. Tentu kubikasinya tak akan jauh dari 900 cc.

Sementara ini Yamaha telah merancang 2 desain peletakkan turbocharger. Pertama ialah 2 knalpot turun dari mesin 2 silinder bergabung menjadi 1 pipa dan masuk ke turbocharger.

Desain kedua adalah 2 pipa knalpot ditekuk naik dan menjadi 1 pipa lalu masuk ke turbocharger. Kedua sistem tersebut nampaknya tak memiliki perbedaan di sisi performa.

Diduga rancangan yang ada saat ini dipersiapkan untuk menciptakan ruang bagi berbagai komponen lain, salah satunya adalah catalityc converter. Hal itu tak terlepas dari akan diterapkannya standar Euro-54 di Eropa mulai tahun 2020 mendatang.

Memang, sampai saat ini Yamaha masih belum mengkonfirmasi terkait waktu peluncuran Yamaha MT-series Turbo. Yang jelas, motor tersebut akan menjadi naked-bike pertama yang menggunakan turbocharger.

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

 

(kpl/crn)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami