Yamaha R3 Dipasangi Supercharged, Berapa Tenaganya?

Selain mengunggulkan dalam hal besaran kekuatan, Yamaha R3 Supercharged juga dikatakan tidak terlalu boros dana.

Sabtu, 07 November 2015 16:15
Yamaha R3 Turbo Supercharged by motociclismo
Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Kedatangan Yamaha R3 ke dalam lini sport terang saja membawa angin segar di tengah belantara motor full-fairing berkubikasi 300cc saat ini, terutama bagi negara-negara yang kebagian bisa menikmatinya.

Secara spesifikasi teknis, Yamaha R3 menggendong dapur pacu 321 cc twin-cylinder, fuel injection yang diakui memiliki total power sebesar 42 hp dengan garis merah RPM atas hingga 10.750 rpm. Lalu apa jadinya performa tersebut ketika dijejali mesin supercharged?

Berdasarkan uji coba, seperti laporan motociclist, Jumat (6/11), Yamaha R3 yang bisa diperuntukkan untuk race dan road tersebut sanggup menorehkan 10.000 rpm dengan tekanan 0,7 bar. Sedangkan total powernya tembus 60 hp!

Ia disebut dengan Yamaha R3 Turbo. Penciptaan motor ini memang ditujukan untuk mendapatkan varian dengan harga ringan di bawah EUR 10,000 untuk warga Eropa. Tapi, ia sudah memiliki kemampuan racing sekelas Moto3.

Hal itu dibuktikan dengan banderolan harganya sebesar EUR 9,900 (Rp 145 jutaan), yang meski rentangannya cukup jauh dari seri standarnya dengan EUR 4,799 (Rp 70 jutaan), tapi masih cukup terjangkau di Eropa. Itulah mengapa ia menjadi motor Supercharged modern pertama yang dibangun bukan hanya untuk balap tapi juga layak jalan.

Beberapa penyesuaian pun dilakukan, diantaranya penggantian pipa buangan, pemakaian turbin IHI model RHB31 dan resetting ECU. Kelahiran performa signifikan tersebut dikatakan memang disiapkan agar ia kuat  bertempur dalam arena Moto3 World Championship di Italia musim depan.

SPESIFIKASI:

KABAR MENARIK BERIKUTNYA

(kpl/sdi)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami