Yamaha R25 Bekas Tabrakan Disulap Jadi Urban Tracker Nyentrik

Lewat tangan dingin builder Arie Indra Perkasa, pemilik Street Arts Custom (SAC), R25 yang kacau balau disulap menjadi bergaya vintage, Scrambler yang ciamik.

Jum'at, 16 Agustus 2019 17:45
Yamaha R25 Bekas Tabrakan Disulap Jadi Urban Tracker Nyentrik R25 modifikasi (SAC)

Editor : Ahmad Muzaki
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Membeli motor bekas sudah pasti dicari yang paling mulus dan mesin dalam kondisi baik. Tapi entah bagaimana jadinya jika motor seken yang dibeli dalam kondisi amburadul.

Entah apa yang ada di benak bikers satu ini, yang bernama Safi, membeli Yamaha R25 bekas kecelakaan. Jangan harap apik. Kondisinya kacau, yang tersisa cuma rangka dan mesin, selebihnya hilang entah ke mana.

Tapi lewat tangan dingin builder Arie Indra Perkasa, pemilik Street Arts Custom (SAC), R25 yang kacau balau disulap menjadi bergaya vintage, Scrambler yang ciamik.

“Motor ini kondisinya parah banget. Sasis pun sudah tidak center karena crash,” ungkap pemilik akun Instagram @korekarie.

1 dari 3 Halaman

Pembentukan Ulang Sasis

Pembentukan Ulang Sasis

Setelah melewati diskusi yang cukup seru dengan sang pemilik motor, dan di tambah melihat-lihat referensi di Instagram @SAC_motorcycle maka di putuskan urban tracker lah yang dipilih

Menurut Arie, langkah pertama adalah pembentukan ulang sasis agar kembali lurus. Rangka dari tengah harus diamputasi, dan diganti dengan pipa seamless ke belakang yang dibuat seperti “U”.

Sementara swing arm dibuat ulang dengan ukuran yang mampu menopang ban belakang ukuran 150/17 milik Sinko.

Punggawa SAC tahu benar bagaimana memasang komponen yang pas. Maka dipilihlah sok depan milik Yamaha R15 yang dinilai sanggup meredam getaran mesin 250cc bawaan motor. Kendati stang diganti dengan fatbar, tidak mengurangi postur dan aura sport di mana riding position tetap sedikit menunduk.

2 dari 3 Halaman

Sektor Pengereman

Sektor Pengereman

Pada sektor penerangan dipasangkan produk after market SAC. Uniknya kedok lampu dibuat ala transformer.

Gaya nyeleneh juga bisa dilihat pada tangki bensin. Jika biasanya tangki jadi area yang dipeluk saat riding, kali ini dibuat menumpang di area sasis. Demi keamanan berkendara, area pengereman masih mengadopsi original Yamaha R25.

“Dua bulan sudah motor ini akhirnya ditebus. Yang dulu motor berbentuk minimalis part bahkan sangat minus part kini sudah siap untuk sunmori,” tukas Safi, sang pemilik, sumringah.

3 dari 3 Halaman

Spesifikasi

Spesifikasi

Pelek depan almunium 3 inch
Pelek belakang almunium 3,5 inch
Stang fatbar
Lampu day maker spyder eye
Lampu sen jaring 1373
Body work custom galvanis 1 mm
Ban depan Sinko Trail master 130/17
Ban depan Sinko Trail master 130/17

(kpl/nzr/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami