Yamaha MT-09 Generasi Terbaru Dirilis, Makin Futuristis

Belum genap setahun di Indonesia, Yamaha MT-09 sudah dapat versi baru.

Rabu, 28 Oktober 2020 20:15
Yamaha MT-09 Generasi Terbaru Dirilis, Makin Futuristis Yamaha MT-09 (Yamaha)

Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Agustus 2020 lalu telah menghadirkan Yamaha MT-09. Motor gede (moge) naked ini didatangkan langsung dari Jepang dan melengkapi keluarga MT (Master of Torque) di pasar otomotif Tanah Air.

Meski usianya masih sangat muda di Indonesia, Yamaha Global telah menghadirkan model teranyar dari Yamaha MT-09. Di versi 2021 ini, perubahan cukup mencolok, terlebih dengan disematkannya fasia yang lebih futuristis.

1 dari 3 Halaman

Untuk versi yang sekarang beredar di Indonesia, Yamaha MT-09 menggunakan dual-keen LED headlight. Tapi, di model terbarunya, moge naked ini dibekali lampu utama LED yang dipadu dengen sepasang DRL LED. Kabarnya, konsep tersebut nantinya diterapkan untuk seluruh Yamaha MT-series di masa depan.

Geser ke samping, tak banyak cover body yang bisa ditemui pada Yamaha MT-09 terbaru. Sasis aluminium deltabox, mesin, dan buritannya dibiarkan terekspos serta minimalis. Konsep ini rupanya mampu memperkuat kesan kekar, gagah, dan futuristis dari moge tersebut.

2 dari 3 Halaman

Di sektor kaki-kaki, terdapat suspensi depan upside-down 41 mm dan bagian belakangnya ditopang monoshock keluaran KYB. Sedangkan dashboard Yamaha MT-09 terbaru dihuni instrumen panel digital TFT 3,5 inci dengan beragam informasi, seperti jam, indikator gear, hingga traction-control.

Untuk urusan performa, Yamaha MT-09 versi 2021 masih mengandalkan mesin 3-silinder inline crossplane, tapi kapasitasnya bertamabah menjadi 889 cc dan memenuhi standar emisi gas buang EURO 5. Barkat ubahan tersebut, tenaga yang dihasilkan sebesar 119 PS dan torsi maksimum 93 Nm.

3 dari 3 Halaman

Tak lupa, Yamaha MT-09 terbaru turut dibekali beragam fitur canggih, seperti Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) dan Accelerator Position Sensor Grip (APSG). Terpasang juga 6-axis IMU yang mengatur slide-control system, lift control system, brake control system, dan lean-angle sensitive traction control system.

Mengutip Motopinas, Yamaha MT-09 akan hadir dalam 3 pilihan warna, yakni Icon Blue, Storm Fluo, dan Tech Black. Hanya saja, masih belum ada informasi terkait harganya dan diperkirakan akan mulai dijual pada Maret 2021 mendatang untuk pasar otomotif Eropa.

(kpl/crn)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami