Yamaha: Injeksi Kita Lebih Cerdas Dibanding Kompetitor

Yamaha Indonesia mengklaim bahwa jika dibandingkan produk kompetitor, produk-produknya selalu tampil beda dengan kerap menyuguhkan teknologi-teknologi tinggi yang juga serba aplikatif.

Kamis, 10 Januari 2013 20:44
Yamaha Xeon RC (Foto: Nazar Ray)
Editor : Anton

Otosia.com - Yamaha boleh dibilang selalu tampil beda dengan kerap menyuguhkan teknologi-teknologi tinggi yang juga serba aplikatif. Oleh karenanya, Yamaha Indonesia pun berani bilang bahwa jika dibandingkan produk kompetitor, perbedaannya sangat terlihat sekali.

Salah satunya untuk urusan injeksi bahan bakar, yang antara lain dipasangkan pada skutik baru mereka, Yamaha Xeon RC.

"FI (fuel injection) kita ini baru. Sangat berbeda dengan FI-FI sebelumnya. Sangat berbeda dengan FI-FI sebelumnya. Ini sebenarnya juga diaplikasikan ke Mio J dan V-Ixion. Kalau dibandingkan FI kompetitor, pastinya sangat beda sekali. FI kita jauh lebih cerdas," ungkap Muhamad Abidin, Asistant General Manager Service Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, di kantor pusat mereka di Pulogadung, Jakarta.

Seperti juga motor-motor dengan injeksi elektronik, perawatan dan pengecekan membutuhkan perangkat pengecek yang mengandalkan sejumlah fitur untuk mengetahui andaikata ada masalah. Dengan demikian, analisisnya akan tepat dan tidak membutuhkan banyak pembongkaran.

"FI kita menggunakan yang 33 pin sehingga yang baru itu kita bisa baca hingga 21 fitur Dengan demikian, akan sangat mudah dideteksi jika ada masalah," tambah Muhamad Abidin seraya menyebut bahwa injeksi tersebut dibuat satu level dengan Yamaha V-Ixion.

Yamaha Xeon RC ini mengandalkan teknologi YMJET-FI. Perbedaannya juga terletak pada penyempurnaan dengan melibatkan lebih banyak sensor yang pada akhirnya menunjang performa, efisiensi, dan sekaligus juga ramah lingkungan. Fuel injection didukung komputer ECU (Electronic Control Unit).

Alhasil, mesin 125 cc berpendingin cairannya tersebut mengalami peningkatan tenaga menjadi 11,4 PS dibanding model sebelumnya, juga torsi menjadi 10,4 Nm, tetapi lebih irit sekitar 20 persen.

(kpl/nzr/bun)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami