Yamaha FreeGo, Pendatang Baru dengan Penjualan Tinggi

Yamaha FreeGo melakoni debut world premiere pada gelaran IMOS 2018 beberapa waktu lalu dan langsung menjadi produk terlaris.

Rabu, 21 November 2018 16:15
Yamaha FreeGo (Yamaha Indonesia)
Editor : Cornelius Candra

Otosia.com - Meski terbilang sebagai pendatang baru, Yamaha FreeGo tak bisa dianggap remeh. Motor terbaru pabrikan lambang garputala disebut paling laris. Hal itu diungkapkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berdasarkan hasil penjualannya di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 beberapa waktu lalu.

Pada gelaran itu, Yamaha FreeGo perdana dikenalkan. Meluncur pertamanya bukan hanya di Indonesia, kehadirannya termasuk world premiere. Mengutip dari Oto.com, model ini sebelumnya tidak ada pada portfolio dagang Yamaha, di belahan dunia manapun. Lantas dalam tempo pameran yang singkat, FreeGo justru sukses jadi motor Yamaha paling laris.

image

"Untuk IMOS, top nomor 1 penjualan kami FreeGo," jelas Yordan Satriadi, General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di Bekasi, Sabtu (17/11) lalu.

Hasil ini pun menurut Yamaha sangat mengejutkan. Maklum, di perhelatan itu, FreeGo untuk pertama kalinya diluncurkan. Dari tempo 5 hari pameran, terpotong hari pertama yang dibuka eksklusif untuk media dan undangan, jumlah hari efektif jualan mereka hanya 4 hari.

image

YIMM pun awalnya tak merencanakan FreeGo sebagai model pencaplok penjualan terbanyak. "Berbicara waktu itu, kami harusnya Maxi Series yang jadi nomor satu, tapi ternyata animo masyarakat untuk FreeGo sangat luar biasa," jelas Yordan.

Syahdan, dari belasan model yang dipajang, FreeGo meraup penjualan terbanyak. Bahkan kontribusinya mencapai 30 persen dari total jualan YIMM selama pameran. Angka pastinya, Yordan enggan menyebutkan. Pun dengan jumlah total unit, sehingga kami sulit mengetahui bagaimana keberhasilan yang dimaksud.

image

Klaim Yamaha, pada pameran dua tahunan itu, target jualan total yang dipatok sejak awal berhasil ditembus. "Cocok dengan target, karena kalau target memang harus dipatok tinggi," jelas Yordan singkat.

Berdasar riset Yamaha di IMOS, ternyata keberhasilan FreeGo memang dikarenakan tingkat kepraktisannya yang tinggi. "Ada tiga sih sebenarnya yang membuat masyarakat tertarik; pertama bagasinya luas, posisi (corong) tangki di depan dan smart key-nya itu," tutur Yordan.

image

Ia pun menjabarkan, tak sedikit masyarakat yang mengapresiasi fitur kunci canggihnya. "Jadi buat konsumen menengah, gak pakai kunci (smart key) ini jadi suatu yang sangat wow," urainya.

Setelah FreeGo, penyumbang penjualan terbanyak terisi NMax. Skutik 155 cc ini meski sudah cukup umur, nyatanya masih laris menggoda masyarakat. Posisi ketiga diisi Lexi, keluarga paling muda dari Maxi Series dengan kubikasi mesin terkecil, 125 cc VVA.

image

Untuk diketahui, harga Yamaha FreeGo ditawarkan mulai Rp 18,5 juta hingga Rp 22,5 juta. Ada tiga varian yang bisa ditebus konsumen, FreeGo, FreeGo S, dan FreeGo S ABS. Yup, aksara ABS di tipe termewah menjabarkan kemampuan remnya untuk tidak mengunci walau direm ekstrem (Antilock Braking System). Inilah kali pertama di Indonesia, skutik Jepang rakitan lokal menggunakan rem canggih itu.

Sekadar informasi, PT YIMM menawarkan Yamaha FreeGo dalam 3 varian. Pertama adalah tipe standar yang dibanderol Rp18,5 juta dan tipe S dengan harga Rp19,7 juta. Di varian tertinggi, ada Yamaha FreeGo S ABS yang tentunya dilengkapi dengan sistem pengereman ABS (ant-lock brake system) dan dipatok Rp22,5 juta (OTR Jakarta).

BACA INI JUGA DONG OTOLOVERS

(kpl/crn)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami