Yamaha Bingung R1 Spesial Rp 600 Jutaan Terus Dipesan Padahal Sudah Sold Out

All New YZF-R1 dibanderol Rp 495 juta, sedangkan YZF-R1M dipatok Rp 645 juta, tapi sudah sold Out.

Minggu, 30 Agustus 2015 11:15
All New YZF-R1 (Foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Yamaha All New YZF-R1 dimunculkan PT Yamaha Indonesia Motor Manaufacturing pada ajang GIIAS 2015 dengan dua versi, R1 dan R1 "M". All New YZF-R1 dibanderol Rp 495 juta, sedangkan YZF-R1M dipatok Rp 645 juta.

Soal harga, perbedaannya cukup mencolok hingga Rp 150 juta atau setara Toyota Avanza second. Meski begitu, kualitasnya tetap menggiurkan bagi para biker Indonesia.

"R1-M sudah sold out, (total yang disediakan) 5 unit," ujar Kevin, Kepala Cabang CBU Yamaha, dalam ajang pameran mobil yang juga diramaikan sederet merek moge ini.

Tak cuma sold out, R1 edisi spesial tersebut masih saja kedatangan pesanan. Menurut Kevin sendiri, pihanya sudah mencatat empat pesanan tambahan lagi. Padahal, Yamaha tidak tahu kapan bisa memenuhi pesanan tersebut.

"Yang sudah booking R1-M ada 4 orang, tetapi produk sudah habis. Belum tahu kapan (akan didatangkan lagi)," ujarnya.

YZF-R1M adalah versi spesial dari All New YZF-R1 yang menyandang predikat motor produksi massal dengan spek tertinggi yang pernah diproduksi Yamaha. Suspensinya dirancang khusus oleh Ohlins dengan teknologi electronic racing suspension (ERS) yang bisa diatur sehingga sangat membantu pengendalian saat bermanuver.

Motor ini juga dipasangi ECU data logger Communication Control Unit (CCU) yang berfungsi untuk logging dan mensetting sepeda motor sesuai keinginan rider. Pengaturan pun bisa menggunakan smartphone.

Cowling-nya menggunakan bahan karbon. Tak cuma itu, R1 "M" menggunakan roda depan yang sama dengan R1, tetapi roda belakang lebih besar. Jika roda belakang R1 berukuran 190/55ZR17M/C (75W), ukuran roda R1 M adalah 200/55ZR17M/C (78W).

Perbedaan ini melengkapi fitur-fitur utama All New YZF-R1 dan YZF-R1M yang mengadopsi teknologi MotoGP YZF-M1, dengan konsep pengembangan mesin balap yang ringan dan mampu bekerja pada putaran yang tinggi.

Pengembangan dilakukan pada beberapa faktor mesin, terutama efisiensi intake dan exhaust, penyempurnaan pembakaran, pengurangan gaya gesek, dan inersia mass yang menghasilkan output power 200 PS lebih tinggi 18 PS dari tipe sebelumnya.

Ragam Berita Menarik Lainnya

(kpl/why/fid/rd)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami