Xpander Crossover Ancam Xenia dan Terios, Daihatsu: Kami Beda Segmen

Kehadiran versi crossover, diyakini akan memperluas pasar Mitsubishi Xpander. Meski begitu, para rivalnya seperti Daihatsu rupanya tak gentar.

Kamis, 07 November 2019 21:15
Xpander Crossover Ancam Xenia dan Terios, Daihatsu: Kami Beda Segmen Spyshot Mitsubishi Xpander crossover (Motuba)

Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mitsubishi Xpander Crossover dijadwalkan meluncur pada tangal 12 November 2019 mendatang, di Jakarta. MPV bergaya crossover ini sudah ramai jadi bahan perbincangan di jagad maya lantaran konspenya berbeda dengan MPV keluarga pada umumnya.

Selain mengancam kompetitior di kelas low MPV, Xpander Crossover kini sudah memperlebar lawan hingga ke segmen low Sport Utility Vehicle (SUV) yang dihuni Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan Honda BR-V. Pasalnya Xpander Crossover karakter dasarnya lebih SUV dengan desain dan ground clearance-nya yang membedakannya dari low MPV kebanyakan.

1 dari 2 Halaman

Merasa Biasa Saja

Merasa Biasa Saja

Mitsubishi Xpander yang menjadi ancaman baru bagi Xenia dan Terios, Daihatsu pun angkat bicara ketika ditanyakan hal ini. Daihatsu menilai konsep baru Xpander tidak menjadi lawan berat bagi Terios.

"Dari dulu saya bilang, berdasarkan survey kami Mitsubishi bukan kompetitor direct-nya Daihatsu. Beradasrkan survey kami, yang beli Terios tidak pernah consider ke Mitsubishi, begitu juga pembeli Mitsubishi tidak pernah consider ke Daihatsu. Jadi Terios dan Xpander Crossover beda segmen, Berdasarkan studi kita begitu," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra.

Daihatsu menyatakan product improvement yang dilakukan Mitsubishi adalah hal yang wajar dalam industri otomotif. Hal yang sama seperti yang dilakukan brand-brand lain.

"Jadi saya merasa biasa saja apa yang dilakukan Mitsubishi dan brand-brand lain. Karena memang itu adalah yang harus dilakukan. Daihatsu juga melakukan itu," katanya.

2 dari 2 Halaman

Xpander Crossover

Xpander Crossover

Otosia yang melihat langsung Xpander Crossver di Jepang, model ini sudah berunsur SUV dengan desain dan ground clearance-nya yang membedakannya dari low MPV kebanyakan.

Mitsubishi Xpander Crossover punya karakter yang lebih gagah dari Xpander yang ada saat ini. New Crossover MPV ini tetap memadukan konsep MPV dan SUV. Makanya, dia tetap muat 7 orang.

Ground clearance Xpander Crossover ini sendiri 225 mm. Sebagai perbandingan, ground clearance Xpander 205 mm, Toyota Rush 220 mm, Honda BR-V 201 mm, Toyota Avanza 200 mm, Pajero Sport 218 mm.

Karena acuannya adalah kenyamanan, lebar kabin 1.480 mm, sementara panjangnya 2.900 mm. Ini lebih lebar dibandingkan Avanza, BR-V, Rush, dan Ertiga.

(kpl/nzr/tys)

Join Otosia.com
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami