Wuling Mini EV Cabriolet Kepergok Tes Jalan, Akan Dibuat Juga di Indonesia?

Setelah beredar kabar bahwa Wuling Mini EV akan mendapatkan facelift di China, kini versi tanpa atap atau cabriolet mobil itu terciduk sedang tes jalan.

Rabu, 13 Oktober 2021 19:15
Wuling Mini EV Cabriolet Kepergok Tes Jalan, Akan Dibuat Juga di Indonesia? Wuling Hongguang Mini EV Cabriolet sedang tes jalan (carnewschina.com)

Editor : Arendra Pranayaditya

Otosia.com - Beberapa waktu lalu Wuling Motor menyatakan akan memproduksi Mini EV di Indonesia. Mobil listrik mungil tersebut rencananya akan dibuat dan dipasarkan pada tahun 2022 mendatang.

Wuling Mini EV sendiri dikabarkan akan mendapatkan facelift di China. Menurut situs carnewschina.com, improvement cukup besar terjadi pada Mini EV, terutama performa dan jarak tempuhnya.

Masih mengutip situs yang sama, Selasa (12/10/2021), Wuling Mini EV bakal punya varian tanpa atap atau cabrio. Mobil tersebut kedapatan sedang tes jalan di Negeri Tirai Bambu.

1 dari 4 Halaman

Sedang uji jalan

Sisi belakang Wuling Mini EV cabriolet (carnewschina.com)

Terdapat dua buah foto saat Wuling Mini EV cabrio sedang uji jalan. Pertama menunjukkan sisi depannya, lalu kedua di bagian belakang.

Meski dua foto itu cukup low resolution, diduga kuat bahwa mobil tersebut adalah Wuling Hongguang Mini EV Cabriolet. Mobil kompak itu diselimuti warna kamuflase hitam putih, mirip dengan bendera garis finish di sebuah perlombaan.

Selain itu, berdasarkan kumpulan foto yang tertera, kemungkinan besar Wuling Mini EV cabrio itu sedang uji ketahanan air untuk atap soft top-nya. Namun hal itu tidak menjelaskan lebih jauh, nampak cipratan air di sekitar area roda dan jalanan basah, menunjukkan situasi hujan.

2 dari 4 Halaman

Wuling Mini EV cabriolet versi konsep (insideevs.com)

Lantaran bagian atapnya bisa di naik-turunkan, Mini EV cabriolet ini hanya bisa menampung dua penumpang saja. Mekanisme tempat buka-tutup atap tersebut yang mengambil banyak ruang menjadi alasan mobil ini tetap mempertahankan kapasitas 2 penumpang.

Sementara bagian interior dan performa mobil masih menjadi misteri. Namun jika mengacu pada mobil konsep Wuling Mini EV cabrio yang sempat mejeng di Shanghai Auto Show April 2021 lalu, kabin pada varian convertible ini terlihat lebih canggih berkat penggunaan layar ganda yang menyambung dengan speedometernya.

Untuk performa, Mini EV convertible ini belum diketahui, tetapi kemungkinan besar akan menggunakan sistem dapur pacu sama dengan Mini EV yang dijual saat ini. Artinya motor listrik bawaannya menghasilkan output 27 hp dan torsi 85 Nm. Wuling mengklaim jarak tempuh mencapai 100-170 km dalam sekali pengecasan.

3 dari 4 Halaman

Masuk Indonesia?

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menjajal Mini EV (Wuling Motors)

Melihat rencana Wuling Motors untuk membuat mobil listrik kecil di Indonesia tahun depan, menimbulkan pertanyaan, akankan Mini EV cabriolet kelak juga dibuat di pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat?

Bisa saja hal itu terjadi jika mengacu pada pernyataan Shi Guoyong, President Director Wuling Motors, saat menerima kunjungan Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di pabrik Wuling Motors, Cikarang, beberapa waktu lalu.

4 dari 4 Halaman

Saat itu Shi Guoyong menyinggung rencana ke depan perkembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini telah dipasarkan di Tiongkok dengan beserta ragam teknologi, mulai dari E100, E200, E300, hingga Mini EV.

"Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia," ungkap Shi Guoyong dalam kesempatan lalu.

(kpl/dit)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami