Notice: Undefined variable: extra_css in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 375

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 375

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /data/otosia/m/application/m/view/template/header.php on line 379

WRC2 Jenjang Menuju WRC

World Rally Championship 2 (WRC2) adalah format baru yang dibuat FIA untuk musim reli 2013. Yang merupakan penggabungan antara mobil-mobil Super2000 WRC (SWRC) dengan Production World Rally Championship (PWRC).

Kamis, 20 Desember 2012 08:50
Ilustrasi: World Rally Championship 2
Editor : Albert

Otosia.com - World Rally Championship 2 (WRC2) adalah format baru yang dibuat FIA untuk musim reli 2013. Yang merupakan penggabungan antara mobil-mobil Super2000 WRC (SWRC) dengan Production World Rally Championship (PWRC).

Semua struktur kompetisi kini dibagi dengan jenjang kelas WRC, WRC2, WRC3 dan Junior WRC. Masing-masing dengan regulasi dan spesifikasi teknis berbeda. Namun, WRC tetap sebagai kelas utama yang mempresentasikan tim pabrikan.

"WRC2 melombakan mobil-mobil kategori R4, R5, Super2000 dan Grup N berpenggerak 4-WD. Masing-masing mempunyai kejuaraan kelas sendiri, tapi saling bertempur untuk perebutan poin kejuaraan dunia. Pembalap harus ikut minimal 7 seri. Nah, untuk menentukan gelar, poin dihitung dari enam hasil terbaik," terang Wiwie, Chief Mechanic Bosowa Rally Team.

Subhan Aksa

Gambar. Subhan Aksa (Pereli Nasional-Internasional)

Menurut Subhan Aksa, pereli dari tim Bosowa, banyak pergeseran yang terjadi di tim reli dunia. "Sebastian Loeb yang sembilan kali juara dunia WRC, tahun depan hanya diplot ikut dalam 4 seri, karena akan fokus di balap turing. Ini yang membuat rivalitas papan atas jadi semakin seru dan akan berimbas ke level WRC2. Bukan tak mungkin suatu saat nanti WRC2 menjadi ancaman peserta WRC," tambah Subhan.

Subhan memprediksi perubahan-perubahan ini akan membuat kompetisi semakin menarik. Untuk 2013, gelar pabrikan akan diperebutkan tiga brand, yakni Citroen, Ford dan pendatang baru Volkswagen yang turun dengan Polo R WRC yang dibangun berdasarkan input dari pereli legendaris Carlos Sainz.

Bahkan, sudah ada pula tim pabrikan yang telah mempersiapkan diri untuk tampil penuh di musim 2014. Antara lain pabrikan dari Korsel yang akan menerjunkan Hyundai i20 versi WRC. Toyota pun tak mau kalah, mereka tengah berancang-ancang menyiapkan Yaris-nya untuk musim 2014 nanti.

(kpl/tr/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami