Di Malaysia, Ninja 150 RR Bekas Lebih Mahal dari Ninja 250

Motor Kawasaki Ninja 150 RR di Malaysia harganya lebih mahal daripada Ninja 250. Harganya pun sampai 10000RM atau setara dengqan Rp 35 juta.

Rabu, 04 April 2018 20:25
Foto by arenapermotoran.my
Editor : Dini Arining Tyas
Reporter : Nazzarudin Ray

Otosia.com - Kawasaki Ninja 150 RR dengan mesin model dua langkah beberapa tahun lalu menjadi sepeda motor Kawasaki paling laris di Indonesia.

Sayangnya, regulasi membuat keberlanjutan hidupnya pupus. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) lantas memutuskan untuk menyudahi produksi motor yang terkenal dengan teknologi Super KIPS-nya ini Juni 2015 lalu.

Motor ini pun menjadi barang langka. Hanya tersedia beberapa unit di dealer yang masih menyimpan Ninja RR. Bahkan harganya melesat. Hingga infornasi terakhir menunjukkan angka jual Rp 55 juta.

Bukan hanya di Indonesia harga Ninja 150 RR menjulang. Di negeri tetangga, Malaysia, harga jual Ninja 150 juga membumbung. Apalagi pemerintah Diraja Malaysia mengeluarkan aturan bagi pabrikan untuk tidak lagi memproduksi motor 2-tak. Produksi terakhir mesin dua langkah di Malaysia adalah Modenas Dinamik yang bersaing dengan Yamaha Z125 ZR.

Jika di Indonesia harga Ninja 150 RR baru meroket, di Malaysia justru sebaliknya. Menurut Vion, warga negara Indonesia yang lama menetap di Malaysia, harga seken Ninja 150 RR bahkan bisa melebihi Ninja 250 karburator.

Kawasaki Ninja 150 RR bekas di Malaysia dijual RM10000 atau sekitar Rp 35 juta, sementara Ninja 250 karburator cuma RM7500 atau sekitar Rp 26 juta.

"Ninja 150 RR banyak yang nyari juga di Malaysia, terutama model yang lama. Pasaran Super Kips di sini lebih mahal lho dari Ninja 250 lama. Saya punya motor Ninja 250 tua yang masih karburator, di sana cuma ditawar RM7500," kata Vion.

Menurutnya di Malaysia banyak berdiri komunitas-komunitas Ninja 2-tak sejak dulu. Tak heran jika MotoGP digelar di Sepang, mudah dijumpai iring-iringan pengguna Ninja 150 RR menuju sirkuit Sepang.

"Kayak Indonesia saja, motor ini juga sudah jadi legend di Malaysia. Penggemarnya masih banyak. Saya nyesel juga jual si 'Sepat' (julukan Ninja 150 RR milik Vion). Padahal sekarang harganya lagi tinggi di sini. Bisa jadi harganya naik lagi nanti," paparnya.

Beberapa waktu lalu sempat bergulir isu bahwa Kawasaki berencana melanjutkan kembali jalur produksi motor ini. Pasalnya, banyak negara di dunia menggantungkan produksi Ninja RR pada Indonesia, bahkan termasuk Jepang.

"Yang di Jepang itu (Ninja RR) dari kita lho, dari sini. Sebenarnya bisa saja diproduksi kembali, jadi Euro 3. Namun, pasti ongkos mendevelopment-nya akan jadi mahal," kata Sucipto Wijono, Supervisor Marketing Division KMI pada kesempatan lalu.

Beberapa dealer Kawasaki sampai saat ini masih menjual Ninja 150. Stok terbanyak masih berada di Makassar yang mencapai ratusan unit dan tersebar di beberapa outlet Kawasaki. Stok di kota ini berkisar 200-an unit.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/nzr/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami