Wilayah Asia-Oceania Dongkrak Penjualan Nissan

Pada Desember lalu Nissan mengumumkan penjualan yang cukup menggembirakan untuk kawasan Asia, termasuk Indonesia. Hasil penjualan wilayah Asia dan Oceania yang mencapai 34.524 unit di bulan Desember 2012.

Sabtu, 12 Januari 2013 11:50
Ilustrasi: Nissan Navara
Editor : Albert

Otosia.com - Pada Desember lalu Nissan mengumumkan penjualan yang cukup menggembirakan untuk kawasan Asia, termasuk Indonesia. Hasil penjualan wilayah Asia dan Oceania yang mencapai 34.524 unit di bulan Desember 2012.

Berdasarkan volume penjualan di dua wilayah tersebut, bulan Desember tercatat sebagai bulan dengan penjualan terbaik untuk Nissan, dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang terjual 23.278 unit.

Sebagaimana dilaporkan PT Nissan Motor Indonesia (NMI), di tahun 2012 penjualan Nissan do kawasan ini mengalami peningkatan sebesar 48,3 persen. Thailand, Australia, Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang berkontribusi terhadap peningkatan penjualan tersebut.

Pada tahun lalu, Nissan berhasil mencatat total penjualan sebesar 336,089 unit, meningkat 29,7 persen dibandingkan dengan total penjualan sebesar 259.192 unit yang tercatat di tahun 2011. Hasil ini menandai 2012 sebagai tahun terbaik untuk wilayah Asia dan Oceania dalam hal volume penjualan.

Thailand adalah Negara dengan kontribusi terbesar terhadap peningkatan penjualan ini berkat besarnya penjualan mobil ramah lingkungan Nissan dan program pemerintah 'First Car Buyer Program'.

"Penjualan kami di bulan Desember sekali lagi membuktikan bahwa wilayah Asia dan Oceania sangat menjanjikan bagi Nissan," jelas Vice President Regional Nissan Motor Co. Takayuki Kimura. Wilayah Asia Nissan tidak termasuk negara Jepang, China dan India.

"Kami sangat yakin bahwa kami berada di jalur yang benar untuk memenuhi tujuan regional dan rencana bisnis jangka menengah perusahaan, dan kami akan terus membangun momentum ini dengan menawarkan produk yang menarik dan layanan terbaik kepada pelanggan kami," tambah Kimura.

Nissan Grand Livina

Di Indonesia, PT Nissan Motor Indonesia mencatat penjualan terbaiknya selama bulan Desember dengan total penjualan 5.621 unit. Penjualan meningkat setiap tahunnya sebesar 12,3 persen. Grand Livina yang terjual 2.857 unit dan Evalia 1.123 unit adalah kontributor utama dalam total penjualan Desember 2012.

Nissan Evalia

Nissan Motor Thailand (NMT) mencatat penjualan sebesar 15.025 unit, meningkat 102,5 persen dari tahun sebelumnya berkat besarnya penjualan mobil ramah lingkungan Nissan dan program pemerintah 'First Car Buyer Program'.

Mobil ramah lingkungan Nissan, tipe Almera (8.236 unit) dan March (2.294 unit), memimpin penjualan, bersama dengan tipe Navara pick-up, dengan total penjualan sebesar 2.665 unit di bulan Desember.

Nissan Almera

Selama Thailand International Motor Expo 2012 (28 November-10 Desember), NMT menerima pesanan mobil sebanyak 8.819 unit, yang menandakan kenaikan sebesar 87 persen dibandingkan dengan tahun 2011.

Sementara di Malaysia, Edaran Tan Chong Motor mencatat total penjualan sebesar 4.006 unit, menandakan kenaikan sebesar 59,7 persen dibandingkan dengan Desember tahun lalu.

Tipe Almera, yang baru saja diluncurkan pada akhir bulan Oktober, memberikan kontribusi sebesar 2.375 unit. Tercatat lebih dari 12.823 pelanggan yang melakukan pemesanan mobil Nissan Almera sejak pertama diluncurkan hingga bulan Desember.

Di benua Kanguru, Nissan Motor Australia mencatat penjualan sebesar 7.338 unit di bulan Desember, berhasil mencatat rekor penjualan terbaik selama delapan bulan berturut-turut. Dibandingkan dengan pencapaian total penjualan tahun lalu sebesar 6.003 unit, penjualan tahun 2012 meningkat sebesar 2,2 persen.

Nissan Navara

Dengan berbagai macam produk yang ditawarkan, Nissan Australia telah mencetak rekor baru di bulan Desember. Tipe Navara mencetak rekor baru dengan penjualan sebesar 2.688 unit. Tipe Dualis mencetak rekor kedua tertinggi dengan penjualan sebanyak 1.346 unit, meningkat sebesar 31,4 persen dibandingkan dengan tahun 2011.

(kpl/nzr/abe)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami