8 Fakta Wearpack Balap MotoGP yang Berfungsi sebagai Pelindung dan Pakaian Pembalap

Belum banyak yang tahu, ini 8 fakta wearpack balap MotoGP

Rabu, 26 Agustus 2020 19:15
8 Fakta Wearpack Balap MotoGP yang Berfungsi sebagai Pelindung dan Pakaian Pembalap Rider MotoGP (motogp.com)

Editor : Ahmad Muzaki

Otosia.com - Ajang balap ternama, MotoGP memanfaatkan werpack balap atau yang biasa disebut dengan racing suit untuk melindungi para rider dari cidera. Bayangkan saja jika terjadi sebuah insiden dan pembalap tidak dilengkapi perlengkapan balapan itu, jelas risikonya sangat besar.

Fungsi wearpack balap sendiri bukan hanya sebagai pelindung, tetapi juga pakaian yang nyaman untuk para pembalap.

Balapan di cuaca yang terik sinar matahari hingga hujan, jelas para rider membutuhkan baju balap yang nyaman. Sebab performa mereka pun sebenarnya juga dipengaruhi oleh hal tersebut juga.

Di balik kenyamanan dan perlindungan yang diberikan, ternyata wearpack memiliki cukup banyak fakta. Nah, berikut ini 8 fakta wearpack yang dilansir dari laman Box Repsol.

1 dari 9 Halaman

Produk Handmade

Siapa sangka, wearpack balap MotoGP dibuat secara handmade. Dalam pengukurannya pun dilakukan secara tepat ke setiap pembalap, agar pelindung dan kain yang melekat bisa memberi kenyamanan, serta melindungi tubuh secara optimal.

2 dari 9 Halaman

Terdiri dari 13 Buah Potongan

Menariknya lagi, wearpack balap yang digunakan para rider dibuat dari 13 buah potong kulit. Potongan-potongan tersebut lalu dijahit secara manual dengan tangan dan membutuhkan waktu lebih dari tujuh setengah jam untuk setiap bajunya.

3 dari 9 Halaman

Airbag

Agar peran dari wearpack balap semakin optimal saat melindungi tubuh pembalap, seluruh bagian racing suit itu pun dilengkapi dengan airbag.

Selain itu, fitur tersebut juga ditunjang dengan sensor canggih. Sehingga bisa mendeteksi apakah pembalap masih berada di lintasan balap atau tidak. Saking canggihnya, airbag akan mengembang bahkan sebelum rider menyentuh aspal saat terjatuh.

4 dari 9 Halaman

Punya 6 Bagian Pelindung

Selain airbag, wearpack balap MotoGP mempunyai 6 bagian pelindung. Di antaranya adalah dua untuk lengan, dua di kaki, satu untuk dada, dan satunya lagi di punggung.

Pelindung yang ada di wearpack pun sudah teruji dan dapat dipastikan mampu melindungi, serta meredam benturan saat pembalap terjatuh. Demikian juga dengan bagian luar, ketangguhan dan ketahanannya terhadap gesekan sudah teruji pula.

5 dari 9 Halaman

Terbuat dari Kulit Kanguru

Wearpack balap ini terbuat dari kulit kanguru dan sapi. Hanya saja, kulit kanguru lebih umum dipakai, sebab material ini sangat tahan terhadap abrasi yang bisa terjadi.

6 dari 9 Halaman

Wearpack 4 Buah untuk Setiap Seri

Setiap pembalap MotoGP setidaknya mendapatkan empat wearpack balap di setiap serinya. Selain itu, para rider pun mendapatkan juga tiga pasang sepatu bot dan sarung tangan.

7 dari 9 Halaman

Bisa Diperbaiki

Memang wearpack balap dikembangkan dengan metode khusus yang memiliki ketahanan cukup baik. Namun tetap saja, racing suit ini bisa rusak.

Ternyata baju balap ini bisa diperbaiki oleh pabrikan setelah rider mengalami kecelakaan. Nantinya wearpack balap tersebut akan diperiksa kerusakannya secara teliti, jika memungkinkan akan diperbaiki langsung. Setelah itu akan dikirim untuk bisa digunakan digelaran seri balap berikutnya.

8 dari 9 Halaman

Proses Produksi Ketat

Setiap tahapan produksi wearpack balap dilakukan secara ketat dan akurat. Ketidakcocokan pada tubuh pembalap harus diminimalisir. Agar kenyamanan dan perlindungan yang diberikan baju balap tersebut bisa optimal.

9 dari 9 Halaman

Video MotoGP

Video MotoGP

(kpl/ahm)

KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami