Waspada Pencurian di Mobil Pakai Teknik Radio Jamming

Kecanggihan teknologi masa kini pun tak hanya dimanfaatkan untuk hal positif, tapi juga negatif. Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan pencurian menggunakan teknik radio jamming.

Senin, 02 Juli 2018 20:45
Foto by iStockphoto
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Kecanggihan teknologi masa kini pun tak hanya dimanfaatkan untuk hal positif, tapi juga negatif. Baru-baru ini masyarakat dihebohkan dengan pencurian menggunakan teknik radio jamming.

Bahkan, kasus pencurian dengan menggunakan radio jamming ini sempat tersebar melalui pesan grup. kabarnya, kasus ini bisa saja terjadi di parkiran di pusat keramaian, seperti di mal, pasar atau tempat hiburan.

Indikasi awalnya, pintu mobil tka bisa dikunci menggunakan remote. Hal ini pula membuat sang pemilik mobil berpikir baterai remote lemah dan memutuskan mengunci mobil secara manual menggunakan kunci mobil.

Ternyata, mobil tersebut sudah tekena radio jamming dari kendaraan lain yang berada tak jauh dari kendaraan tersebut.

"Kejadian ini pernah dialami, sebut saja Mr. X di rest area tol Jagorawi, beberapa waktu lalu. Saat ingin meninggalkan mobil, pintu tidak dapat dikunci dengna remote. Karena terburu-buru, akhirnya menggunakan kunci kontak untuk mengunci pintunya," begitulah tulis pesan tersebut, seperti dilansir Liputan6.com.

Karena alarm tidak menyala, maka kesempatan itu dimanfaatkan pelaku untuk mejebol pintu kontak. Alhasil, pelaku berhasil menggasak laptop yang posisinya di jok belakang.

Radio jamming sendiri sudah menjadicara para pencuri dengan memanfaatkan teknologi canggih. Teknik ini pun tak lepas dari sebuah alat atau perangkat yang disebut Radio Jammer. Perangkat ini digunakan untuk mengacaukan sinyal, seingga suara yang keluar tidak sempurna.

Menurut laman Hackaday, sebuah perangkat radio jammer diciptakan untuk mengacaukan frekuensi dalam upaya mengganggu kinerja remote dan alarm mobil. Dengan begini, pemilik akan kesulitan mengunci pintu mobil dengan menggunakan remote.

"Saya pribadi belum pernah mengalami kasus itu. Tapi secara teknologi ada, atau kita kalau nonton film juga ada, segama macam memang adda. Biasanya radio jamming memang dipakai untuk mengaccak sinyal radio dan segala macam," jelas Technical Ervice Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor, Anjar Rosjadi.

Radio jammer didesain untuk memotong sinyal dan alarm dari berbagai perangkat yang memancarkan frekuensi radio. Bentuknya berupa alat kecil yang bisa dibawa dengan mudah dan memiliki jangkauan hingga radius 15 meter.

Radio jammer biasanya dipakai di negara yang sedang terjadi konflik untuk mengacau frekuensi radio musuh, terutama radio asing, sehingga suaranya tidak keluar.

Selain mengganggu fungsi remote, radio jammer juga mampu merusak alarm mobil Anda. Ini artinya, mengunci mobil secara manual juga tidak akan mencegah terjadinya pencurian.

Kini, radio jammer dimanfaatkan pencurian mobil, atau minimal mengambil barang di dalam. Dengan alat ini sistem alarm mobil akan lumpuh.

Sumber: Liputan6.com

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami