Waspada Hacker Kini Bisa Bajak Mobil!

Dunia komputerisasi saat ini memang memiliki sisi positif dalam mempermudah berbagai macam pekerjaan. Tapi waspadalah karena hacker yang bisa membajak jaringan komputer kini bisa membajak mobil yang sudah memiliki ECU.

Selasa, 30 Juli 2013 14:30
Ilustrasi hacker pada mobil
Editor : Alvin

Otosia.com - Dunia komputerisasi saat ini memang memiliki sisi positif dalam mempermudah berbagai macam pekerjaan. Tapi waspadalah karena hacker yang bisa membajak jaringan komputer kini bisa membajak mobil yang sudah memiliki ECU.

Perkembangan teknologi saat ini juga tampaknya diikuti dengan orang-orang pintar yang menyalahgunakan kepandaiannya untuk hal jahat. Perangkat digital yang ada saat ini baik gadget maupun pada otomotif kini sudah banyak yang menggunakan teknologi komputer.

Untuk sebuah mobil tentunya sudah dilengkapi piranti komputer berupa ECU. Di mana saat melakukan service juga akan dihubungkan dengan perangkat komputer yang dikenal dengan OBD plug. Nah, biasa para hacker akan bekerja melalui perangkat ini.

Kemungkinan terjadi hacker pada mobil memang sangat sulit. Tapi kemungkinan terjadi tentu saja ada jika Anda salah mempercayakan mobil pada bengkel yang salah. Cara kerja hacker pada mobil akan melakukan program pada ECU melalui OBD plug terlebih dahulu. Setelah pemrograman selesai sang hacker dapat leluasa terakses pada mobil via internet.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan sang hacker saat sudah bisa mengakses komputer mobil? Pertama, segala perangkat elektronik dalam mobil akan terbaca, bahkan posisi Anda. Yang lebih berbahaya lagi sistem kemudi, rem, mematikan mesin hingga membuka kunci pintu dan masih banyak lagi.

Hal ini tentunya akan sangat berbahaya sekali. Berikut salah satu contoh video uji coba apabila mobil sudah terkena jamahan hacker. Pada video di bawah diperagakan dengan menggunakan mobil Toyota Prius.

(kpl/vin)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami