Warga Menang, Tesla Gigafactory Berhenti Dibangun

Tesla berencana membangun Gigafactory pertama di Eropa. Tapi rencana itu rupanya menemukan kendala.

Selasa, 18 Februari 2020 19:15
Warga Menang, Tesla Gigafactory Berhenti Dibangun Tesla Gigafactory (Tesla.com)

Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Tesla gagal membangun Gigafactory di Inggris, karena adnaya Brexit. Lalu rencana pembangunan Gigafactory pertama di Eropa itu dialihkan ke Jerman.

Bukan di Berlin, pabrik itu akan dibangung di Brandenburg. Tesla pun sudah membeli tanahnya, yang masih berupa hutan.

Rupanya rencana itu kembali menemui hambatan, kala warga setempat menolak rencana itu. Warga yang tergabung dalam Gruene Liga Brandenburg memrotes pabrik Tesla dengan alasan lingkungan.

Pasalnya Gigafactory itu disebut akan berdiri di atas lahan yang harus mengalami deforestasi. Para pecinta lingkunga itu khawatir akan dampak besar terhadap satwa liar bahkan persediaan air.

1 dari 2 Halaman

Merekapun membawa masalah ini ke pengadilan. Seperti dikutip dari BBC, hari Minggu lalu seorang hakim untuk sementara waktu mendukung para pecinta alam. Sehingga membuat Tesla harus memberhentikan pembangunannya sementara waktu.

Disebutkan bahwa Tesla sudah mulai menebang pohon di lahan yang dibelinya seluas 300 hektar itu. Total, ada pohon yang harus ditebang dengan luas 91 hektar.

2 dari 2 Halaman

"Tidak boleh diasumsikan bahwa mosi mencari perlindungan hukum yang dibawa oleh Gruene Liga Brandenburg tidak memilki peluang untuk berhasil," begitu pernyataan yang dirilis pengadilan ke media-media lokal.

Tesla sendiri belum medapatkan persetujuan perencanaan atau konstruksi. Tapi pihak berwenang menyetujui pembelian tanah itu. Tesla sudah diizinkan memulai beberapa persiapan di lokasi dan diperingatkan bahwa risiko ditanggung sendiri.

(kpl/tys)

TAGS :
KOMENTAR

Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami