Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dipakai

Apakah catatan waktu pergantian oli atau oil refreshment ini harus tetap dilakukan sesuai dengan buku panduan, yakni setelah menempuh jarak 2.500-3.000?

Rabu, 20 Juni 2018 20:15
Foto by Suzuki Indonesia
Editor : Dini Arining Tyas

Otosia.com - Ganti oli untuk kendaraan itu wajib. Sebab, ibarat manusia, oli adalah darah bagi kendaraan.

Normalnya, oli motor harus diganti setelah motor menempuh jarak 2.500-3.000 km. Lalu, bagaimana jika motor tak pernah digunakan?

Apakah catatan waktu pergantian oli atau oil refreshment ini harus tetap dilakukan sesuai dengan buku panduan, yakni setelah menempuh jarak 2.500-3.000?

Dijelaskan Suzuki Indonesia, ganti oli wajib dilakukan secara rutin, meskipun motor jarang digunakan atau belum menempuh jarak minimal, 2500 km. Alasannya, setelah masuk ke dalam mesin, oli akan tercampur dengan komponen mesin, dan bisa jadidiantaranya adalah kerak, bubuk gram, dan lainnya.

Hanya saja, jika motor yang biasa digunakan waktu pergantian olinya ditentukanoleh jarak tempuh. Maka motor yang jarang digunakan, oli masih wajib diganti sesuai engan waktu simpan motor tersebut, yakni per 6-12 bulan.

Selama motor tak pernah dipakai, otolovers juga harus tetap memanaskan mesinnya. Jika tidak, maka akan lebih mudah rusak daripada motor yang sering dipakai.

SUDAH BACA INI BELUM?

(kpl/tys)
TAGS :
Join Otosia.com
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami