Wah, Negara Kaya ini Punya Banyak Mobil 'Zombie'?

Seperti zombie, mobil-mobil di negara ini seringkali terlihat dikendarai dalam kondisi tak utuh sekalipun masih dalam kondisi tahun yang masih baru. Kok bisa?

Sabtu, 26 Maret 2016 09:30
Jalanan Al Aseel (foto: Fajar Ardi)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Agak hiperbolik memang, tapi lawatan redaksi Otosia kali ini mempertunjukkan satu fakta yang bikin banyak petrolhead di seluruh dunia bakal kaget, senang, sekaligus dalam waktu yang bersamaan mengerenyitkan dahi.

Bagaimana tidak, negara yang terkenal sebagai salah satu negara yang kaya di dunia, yakni Kerajaan Arab Saudi (atau dalam bahasa Inggris disebut Kingdom of Saudi Arabia) punya penghias jalanan yang seringkali bikin ngiler. Sebut saja Toyota Camry, Hyundai Sonata, Nissan Teana bahkan macam Dodge Challenger, Ford Mustang dan Chevy Camaro tak susah untuk ditemukan di negeri ini.

Namun jika diperhatikan lebih jauh lagi, nyaris tak ada satupun dari mobil-mobil tersebut yang berada dalam kondisi prima. Secara interior tak ada masalah yang dialami oleh mobil-mobil tersebut, namun jika Otolovers sekalian pernah ke negara ini dan perhatikan lebih jauh, maka metafora 'zombie' akan jelas terlihat.

Luka-luka, baret, bopeng-bopeng, penyok dan tanda kekerasan fisik yang ada akan terlihat amat jelas di masing-masing mobil. Hanya mobil yang baru keluar dari dealer yang tidak memiliki luka-luka tersebut.

Menurut salah seorang narasumber Otosia asal Nusa Tenggara yang bekerja di Arab Saudi sebagai driver bus, cedera mobil tersebut didapatkan karena memang cara mengemudi masyarakatnya yang agak 'berbeda' level agresivitasnya jika dibandingkan dengan masyarakat Indonesia.

Cara mengendarai mobil masyarakat setempat bisa dikatakan lebih agresif, jika tak ingin disebut 'ngawur'. Seringkali metode menyetir demikian membuat singgungan tak bisa dielakkan. Bukan cuma sesama mobil, tapi dengan truk bahkan dengan bus. Dan herannya, fenomena tersebut terjadi di seluruh negeri.

Dan ucap sang narasumber, nyaris tak ada satupun masyarakatnya yang ambil pusing terhadap kecelakaan tersebut. Karena menurutnya, masyarakat di sana sudah terbiasa dengan asuransi. Dimana kecelakaan yang terjadi akan sangat mudah untuk memancing klaim asuransi.

Di sisi lain, masyarakatnya yang sudah makmur dan sangat mudah untuk membeli mobil bisa juga jadi alasan para pengemudi untuk menyetir dengan 'agresif'. Duh pengen nangis lihatnya! Di Indonesia apa ada daerah yang seperti ini juga ya?

BERITA LAINNYA JUGA DISIMAK YUK, OTOLOVERS!

(kpl/fjr)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami