Wah, Mobil Dinas Anies-Sandiaga Ternyata Boleh Melintas Jalur Busway, Asal...

Beberapa hari belakangan sebuah foto viral sebuah mobil berpelat B 1 UNO masuk jalur Transjakarta beredar di media sosial.

Kamis, 21 Desember 2017 17:15
Foto: Merdeka.com
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Beberapa hari belakangan sebuah foto viral sebuah mobil berpelat B 1 UNO masuk jalur Transjakarta beredar di media sosial.

Banyak yang menduga mobil itu milik Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, namun hal ini sudah dibantahkan oleh oleh Sandiaga juga kepolisian.

Wadirlantas Polda Metro Jaya AKBP Nurhandono mengatakan, pihaknya mengizinkan kendaraan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI diperbolehkan masuk jalur Transjakarta. Namun, hal itu dilakukan apabila dalam keadaan yang mendesak.

"Kita lihat situasinya. Jadi seperti kendaraan-kendaraan yang masuk ke jalur Busway itu, kalau misalkan ada kendaraan yang darurat, seperti ambulance, kami bisa kerja sama dengan pihak Trans untuk bisa melewati itu. Karena memang itu dibutuhkan untuk keselamatan," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (20/12).

Kepada Merdeka.com, Nurhandono menjelaskan, kendaraan dilarang masuk jalur Transjakarta kecuali kendaraan kenegaraan, pemadam kebakaran dan ambulans. Hal itu sudah tertuang dalam pasal 287 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dengan sanksi pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

"Sudah disampaikan kalau dari peraturan daerah sendiri kan kendaraan-kendaraan yang bisa masuk Busway adalah kendaraan tertentu seperti kenegaraan, kemudian dari pemadam kebakaran, ambulans. Jadi sudah ada ketentuannya. Kalau ada yang di luar itu ya memang tidak diperbolehkan," jelasnya.

BERITA MENARIK LAINNYA

(kpl/fdk)
TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT





Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami