Waduh! Mobil ESEMKA Dibilang Pakai Pelat Nomor Bodong, Ternyata...

Informasi tersebut muncul dari TikTok @carman_tiktalk pada 31 Oktober 2021 dan kemudian diunggah ulang @cebongtetaplahcebongups.

Jum'at, 13 Mei 2022 20:30
Waduh! Mobil ESEMKA Dibilang Pakai Pelat Nomor Bodong, Ternyata... Mobil Esemka disebut berpelat bodong (TikTok/@carman_tiktalk)

Editor : Nurrohman Sidiq

Otosia.com - Dunia maya belakangan diramaikan oleh informasi mengenai kendaraan mirip mobil ESEMKA Bima yang diduga menggunakan pelat nomor bodong.

Informasi tersebut muncul dari TikTok @carman_tiktalk pada 31 Oktober 2021 dan kemudian diunggah ulang @cebongtetaplahcebongups.

Mobil tersebut berpelat nomor B 9016 WAI dan video di @cebongtetaplahcebongups menunjukkan usaha pencarian data pajak kendaraan tersebut.

 

 

1 dari 4 Halaman

Hal inilah yang kemudian menjadi ramai. Sebab data untuk B 9016 WAI tidak ditemukan. Memang jika kita coba mencari data "9016 WAI" di https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/, maka keterangan yang diberikan adalah "DATA NOPOL B9016WAI TIDAK DITEMUKAN"

Namun perlu dilihat kembali. B 9016 WAI secara huruf bukanlah mobil DKI Jakarta melainkan Tangerang (W). 

2 dari 4 Halaman

Tim Otosia pun kemudian menginstal aplikasi Sambat (Samsat Banten Hebat). Dari situlah ditemukan bahwa mobil yang dimaksud tidaklah bodong. 

Berdasarkan penelusuran, mobil itu merupakan pikap tahun 2018 pikap dengan warna silver.

Pun pajaknya masih hidup. Bahkan tertera keterangan bahwa tanggal STNK-nya masih berlaku sampai 31 Januari 2023.

Pembuktian pelat nomor mobil Esemka di aplikasi Sambat

Mobil ESEMKA digarap oleh PT Solo Manufaktur Kreasi. Perusahaan otomotif ini berbasis di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.

Nama "ESEMKA" atau "Esemka" dipakai sebagai nama berdasarkan singkatan dari sekolah menengah kejuruan (SMK) untuk mengenali upaya siswa dalam mengembangkan merek mobil asli.

Pada tanggal 6 September 2019, secara resmi Presiden Republik Indonesia ke-7, Joko Widodo meresmikan Esemka Bima dan pabrik PT. Solo Manufaktur Kreasi di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

3 dari 4 Halaman

Esemka Bima 1.2 & 1.3 dihadirkan dengan klaim kandungan lokal sebesar 60%.

Kandungan lokal ini berasal dari rekanan pemasok seperti PT INKA (rangka, tangki bensin dan bak), PT Cikarang Perkasa Manufacturing (blok mesin dan blok transmisi), Pertamina (pelumas), ABC Bawen Karoseri (jok dan bak), Catur Karya Manunggal (knalpot), PT Usra Tampi (dashboard dan kemudi), PT Samudera Luas Paramacitra (shockbreaker dan per daun).

4 dari 4 Halaman

@cebongtetaplahcebongups #stitch dengan @carman_tiktalk #esemka #jokowi #cebong ? suara asli - Fakta Tentang Cebong

 

Penulis: Nazarudin Ray

(kpl/sdi)

TAGS :
KOMENTAR

BERITA TERKAIT


Dapatkan Mobil Idaman DenganKondisi Istimewa
Pilih Mobilmu Sekarang

Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami